Mudah Kusam, Simak Tips Merawat Panel Hitam di Eskterior Mobil

Share this post:
Mudah Kusam, Simak Tips Merawat Panel Hitam di Eskterior Mobil
Pada bagian eksterior mobil tidak semuanya berbahan dan berwarna sama dengan bodi. Beberapa bagian ada yang berupa panel hitam seperti pegangan pintu, lis bodi, bumper dan trim di sekitar wiper. Bagian tersebut mudah kusam dan inilah tips merawat panel hitam yang berada di eksterior.

Saat melakukan perawatan eksterior mobil, bukan hanya permukaan cat saja yang perlu mendapat perhatian. Semua detail eksterior juga patut dicermati, termasuk panel hitam plastik dan karet berwarna hitam. Efek dari merawat panel hitam pada eksterior mobil selain tampak lebih bersih juga terkesan lebih terawat.

>>> Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Merawat panel hitam salah satu bagian yang sering luput dari perhatian. Bagian-bagian ini umumnya dijumpai pada pegangan pintu, lis bodi, bumper dan trim plastik sekitar wiper. Bahan material yang digunakan pada panel hitam ini biasanya dari polyurethane yang memiliki pori-pori besar, sehingga kotoran mudah bersarang dan ada perlu merawat panel hitam tersebut.

Beberapa pabrikan ada yang menggunakan panel hitam pada grill

Grille salah satu bagian eksterior yang berbahan plastik dengan panel hitam yang perlu dirawat

Ada beberapa musuh panel hitam yang harus segera dibersihkan ketika kotoran ini menempel. Kotoran seperti percikan lumpur yang mengering, sampo mobil yang tak dibilas dengan baik, juga sisa wax atau obat poles bodi yang bisa membuat panel hitam memudar warnanya dan memutih.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan. Berhubung panel hitam dibuat dari plastik, Anda bisa memanfaatkan plastic cleaner atau pembersih serbaguna untuk membersihkan kotoran dari pori-pori. Siapkan juga sikat untuk mengangkat kotoran dan semir khusus untuk panel hitam. Semir ini biasanya dijual dengan nama Trim Detailer, Back to Black atau Bumper Care.

Bagian bumper cukup banyak panel hitam yang perlu perawatan

Panel hitam pada bumper perlu perawatan secara rutin agar tidak terlihat kusam

Cuci mobil menjadi hal wajib sebelum melakukan pembersihan detail merawat panel hitam ini. Gunakan sikat gigi atau sikat khusus detail untuk mengangkat kotoran hingga pori-pori. Semprotkan plastic cleaner sedikit demi sedikit dan langsung disikat. Lakukan secara bertahap agar cairan pembersih tak sampai mengering di permukaan panel. Bilas cairan pembersih menggunakan air dan seka dengan lap lembab. Keringkan semua panel dan siap disemir.

>>> Ikuti terus informasi menarik seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top