Motor Listrik VS Mesin Pembakaran Konvensional, Mana Yang Terbaik?

29/08/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Motor Listrik VS Mesin Pembakaran Konvensional, Mana Yang Terbaik?
Berikut ini kami akan menjabarkan secara singkat mengenai perbandingan antara motor listrik dengan mesin pembakaran konvensional, mana yang terbaik?

Gambar menunjukkan Motor listrik Audi e-Tron 2019

Karakter high torque pada motor listrik membuat akselerasi mobil bertenaga listrik lebih instan

Secara umum electric drive motor atau motor listrik itu mampu mencapai torque maksimumnya sesaat mulai berputar alias nol rpm. Motor listrik tidak memerlukan fase start-up untuk mencapai putaran idle. Ketika motor mencapai angka rpm tertentu, maka torque akan turun seiring dengan penambahan kecepatan putaran. Kecepatan putaran motor ini kira-kira mencapai 14.000 rpm. Karakteristik electric drive itu membuat mobil listrik tidak membutuhkan mekanisme transmisi yang rumit.

>>> Anda bisa melihat daftar mobil pilihan di sini

Gambar menunjukkan mesin bakar konvensional Mazda

Mesin SKYACTIV-G bikinan Mazda yang canggih ini pun, tetap butuh putaran tertentu agar mendapat torsi

Sedangkan internal combustion engine atau mesin bakar konvensional membutuhkan putaran mesin tertentu guna menghasilkan torque. Torque yang tersedia akan meningkat seiring dengan bertambahnya putaran mesin. Oleh karena karakteristik internal combustion engine seperti ini membutuhkan mekanisme transmisi dengan beberapa gear ratio guna menyalurkan tenaganya. Torque tersebut kemudian diteruskan ke transmisi melalui kopling atau clutch converter.

Gambar menunjukkan Baterai Toyota Prius

Masih butuh teknologi tingkat lanjut yang benar-benar ramah lingkungan guna mengisi ulang daya baterai

Dari dua penjelasan diatas sudah jelas bila karakter motor elektrik lebih unggul dari mesin bakar konvensional. Namun jangan senang dulu, kami pernah membahas mengenai 10 keuntungan menggunakan mobil listrik di masa kini dan masa depan, pada salah satu poin disebutkan jika untuk mengisi mobil listrik dibutuhkan resource yang belum tentu ramah lingkungan. Saat ini, para insinyur sedang memikirkan bagaimana membuat sumber energi listrik dengan energi yang ramah lingkungan lagi terbarukan.

>>> Simak pula berbagai artikel tips & trik lainnya di Cintamobil.com 

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Layak Dipertimbangkan, Inilah 10 Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik Di Masa Kini Dan Masa Depan

27/08/2019

Mobil baru

7 menit

Indonesia mau tidak mau harus sudah siap menghadapi era mobil listrik. Dan menurut analisis tim teknik Cintamobil.com, ternyata menggunakan mobil listrik itu layak dipertimbangkan karena cukup banyak keuntungannya. Inilah 10 keuntungan menggunakan mobil listrik di masa kini dan masa depan.

Lihat juga

Mobil Listrik BMW i3s Siap Kawal Peserta Lari Maybank Marathon 2019 di Bali

22/08/2019

Event - Promosi

3 menit

Kerjasama BMW sebagai Official Automotive Partner dari Maybank Marathon 2019 memungkinkan para peserta lari maraton di Bali ini akan dipimpin mobil ramah lingkungan BMW i3s sebagai lead car.

Lihat juga

Soal Mobil Listrik, Toyota Siapkan Strategi Berbeda

20/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Menghadapi era mobil listrik yang sedang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, Toyota Astra Motor akan menerapkan strategi pendekatan berbeda dari sebelumnya, seperti apa strategi Toyota?

Lihat juga

Ini Lokasi-Lokasi Pengisian Listrik Umum Untuk Kendaraan Listrik

20/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Kendaraan listrik membutuhkan baterai dan baterai memerlukan tempat pengisian ulang. Jangan khawatir, Pemerintah telah menentukan lokasi-lokasi pengisian listrik umum sebagai tempat pengecasan kendaraan listrik.

Lihat juga

Ada Mobil Listrik, Penggunaan Mobil BBM Bakal Dibatasi Pemerintah

19/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Salah satu konsekuensi dari kehadiran mobil listrik melalui Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang digaungkan Pemerintah, mobil dan motorBBM bakal dibatasi penggunaannya dan tidak bisa semaunya sendiri.

Lihat juga
 
back to top