Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 Cangkok Mesin Chevrolet V8

17/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 ini bisa dibilang siap untuk dipakai berbagai kebutuhan, mau harian, diajak bermain offroad, atau bahkan ikut kontes modifikasi pun siap.

Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 memang bisa dibuat dengan berbagai tema. Ada yang memodifikasinya untuk dijadikan kendaraan offroad, ada juga yang lebih memilih direstorasi seperti kondisi saat pertama kali mobil tersebut hadir.

FJ40 memang sudah termasuk dalam golongan mobil klasik retro, namun mobil yang di Indonesia juga dikenal dengan sebutan Toyota Hardtop itu sampai kini masih banyak peminatnya. Tak heran jika Toyota FJ40 juga jadi salah satu mobil buruan kolektor.

Toyota Land Cruiser FJ40 restomod

Bodi dikerok total dan baut serta karet-karet diganti baru

>>> Toyota Land Cruiser Disuntik Mati di Amerika Setelah 2021

Tapi kolektor FJ40 yang satu ini lumayan unik dalam cara memperlakukan mobil kesayangannya. Sebab tampilannya memang dikembalikan supaya segar lagi dengan proses restorasi, namun perangkat yang terpasang bukan setara usia mobil tersebut.

Siap untuk Harian, Offroad, Sampai Kontes

Dilansir dari Autoevolution, Rabu (17/03/2021), Toyota Land Cruiser FJ40 versi modifikasi ini menggunakan model yang diporudksi tahun 1979 akhir. Kondisi mobil direstorasi total, seperti bagian bodi, lampu-lampu, sampai interiornya. Bahkan semua mur, baut, paking, dan karet-karetnya diganti baru. Bagian kolong mobil juga disemprot cairan anti karat sementara bodinya pakai warna biru dan dibagian atap pakai warna putih.

Toyota Land Cruiser FJ40 suspension

Kaki-kaki pakai produk aftermarket berkualitas

Di kabin, odometer klasiknya baru menunjukkan angka 10.227 kilometer. Kondisi panel-panel instrumen, sampai AC juga dipoles ulang agar sempurna lagi. Dengan kondisi yang sudah restorasi total ini, maka mobil tersebut siap untuk dipakai sehari-hari, digunakan untuk hobi offroad, hingga ikut dalam pameran maupun kontes modifikasi.

Gunakan Komponen High Performance Modern

Walaupun penampilannya terlihat klasik, namun Toyota Land Cruiser FJ40 versi modifikasi ini menggunakan banyak komponen modern. Untuk kaki-kaki misalnya, dipakai shock dari SkyJacker dan suspension lift BTB. Tak lupa dipasang juga locker up depan dan belakang ARB, dan keempat rodanya sudah pakai disc brake.

Toyota Land Cruiser FJ40 Vortec 6000 engine

Pakai mesin Vortec 6000 V8

>>> Review Toyota Land Cruiser 1960: Si Legendaris Hardtop FJ40, Rajanya 4x4

Sistem transmisinya pakai gearbox NV4500 5 percepatan manual yang dikombinasikan tranfer case Advance Adapters Atlas II. Tangki bensinya dibuat baru secara custom dengan kapasitas 75 liter. Lantas terpasang juga radiator four-core aluminium baru. Sistem pendingin ini bertugas membantu mesin Vortec 6.000 cc V8 yang sudah terpasang menggantikan mesin standar.

Tidak ada rincian berapa tenaga puncak Toyota Land Cruiser FJ40 ini. Namun mesin Small Block V8 yang digunakan pada Chevrolet Silverado, Chevy Suburban, atau GMC Sierra tersebut dalam kondisi standar mampu menghasilkan tenaga 360 hp dengan torsi 518 Nm.

Kabar menariknya, unit Toyota Land Cruiser FJ40 biru ini sekarang terdaftar di GR Auto Gallery, Detroit, Amerika Serikat (AS) untuk mencari siapa yang berminat meminangnya. Pihak dealer tersebut mematok harga USD 78.900 atau kira-kira setara Rp 1,1 miliar.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top