Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul

16/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul
Modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus bisa dilakukan untuk membuat kendaraan tersebut terlihat tetap menarik seiring usianya yang tak lagi muda. Nah berikut ini beberapa tipsnya untuk mengubah minibus legendaris dari Suzuki itu.

Modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus mungkin sudah tak banyak ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun kalau Anda berkunjung ke beberapa daerah di Nusantara, mobil mungil ini masih ramai berkeliaran dengan penampilan yang menggoda.

Umumnya Suzuki Carry minibus digunakan untuk sejumlah moda transportasi umum. Antara lain untuk keperluan angkutan kota (angkot) jarak dekat. Hal ini lantaran Suzuki Carry terkenal sebagai mobil yang bandel, biaya perawatannya murah, dan cukup efisien dalam pemakaian bahan bakar.

Tak heran, mobil-mobil tersebut juga acap kali tidak dibiarkan tampil standar. Karena sangat banyak yang modif mobil Carry minibus agar tampilannya terlihat lebih keren, lebih gaul, dan makin nyentrik saat dipakai di jalan raya.

Kalau Anda masih punya unit Suzuki Carry minibus di garasi rumah dan ingin dibuat jadi Carry minibus modifikasi, maka jangan sampai terlewat artikel Cintamobil.com yang satu ini. Karena kami akan memberikan tips mengenai cara modifikasi Suzuki Carry minibus supaya terlihat makin gaul dan keren.

>>> First Drive Suzuki New Carry Minibus 2020: Solusi Tepat Bisnis Anda

Modifikasi Suzuki Carry Minibus Ganti Velg Aftermarket

Modifikasi Suzuki Carry ganti velg

Ganti velg 14-15 inci sudah cukup membuat keren mobil ini

Upaya yang dapat dilakukan untuk modif Carry minibus agar tampilannya berubah jadi lebih keren adalah dengan mengganti velg standar di mobil tersebut. Pada kondisi standar Suzuki Carry 1.0 minibus masih pakai velg ukuran ring 12, sementara untuk Carry Futura atau Carry 1.5 minibus pakai velg 13 inci.

Dalam proses modifikasi dibagian velg ini, Anda bisa tukar velg bawaan mobil itu dengan velg diameter 14-15 inci. Yang perlu diperhatikan ketika mengganti velg adalah PCD dari velg mobil tersebut. Untuk Suzuki Carry, baik Carry 1.0, Carry 1.5, atau Carry Futura, menggunakan velg dengan PCD 4x114,3. Artinya velg di mobil itu memiliki 4 lubang baut roda dan jarak antar lubang baut 114,3 mm. Jadi saat membeli velg, pastikan pilih velg itu juga punya PCD 4x114,3.

Selain velg-belg aftermarket, banyak pula yang modifikasi mobil Carry minibus dengan memasang velg dari mobil lain. Misalnya mengunakan velg original dari Toyota Kijang dari berbagai generasi kecuali Kijang Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Nissan Livina. Karena velg-velg ini juga memiliki PCD yang sama dengan PCD velg Suzuki Carry.

Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus Ceper

Modifikasi Suzuki Carry ceper

Bikin ceper Suzuki Carry cukup mudah dan murah

Setelah ganti velg, biasanya posisi mobil akan sedikit lebih jangkung dari kondisi awal ketika masih menggunakan velg 12 inci atau 13 inci. Apabila terlihat cungkring, maka langkah modif mobil Carry minibus berikutnya adalah dengan membuat bodi mobil tersbeut lebih dekat ke aspal alias lebih ceper.

Membuat Suzuki Carry minibus modifikasi ceper pun sebenarnya bukan perkara sulit. Karena mobil yang sanggup menampung hingga 8 penumpang itu masih menggunakan sistem suspensi yang sederhana. Pada suspensi depan Suzuki Carry menggunakan pegas ulir atau yang kerap dijuluki dengan istilah per keong. Sementara pada bagian belakang suspensi yag digunakan berjenis leaf springs alias per daun.

Untuk membuat suspensi ini menjadikan bodi Suzuki Carry minibus modifikasi lebih ceper, maka pada bagian depan cukup dengan memotor ulir per tersebut. Panjang ulir per yang dipangkas tergantung dari keinginan seberapa ceper mobil tersebut. Makin panjang ulir yang dipotong, maka makin ceper nantinya. Namun kalau Anda pemilik Suzuki Carry Futura atau Suzuki Carry 1.5, maka untuk membuat suspensi bagain depan lebih ceper, bisa juga per bawaan diganti dengan per kepunyaan Suzuki Carry 1000. Sebab per Carry 1000 sedikit lebih rendah dari Carry Futura atau Carry 1.5.

Sementara untuk modifikasi mobil Carry minibus baik tipe Carry 1.0, Carry 1.5 atau Carry Futura, agar bagian belakang lebih ceper, maka cukup suspesi belakang di roll atau di pres supaya lengkungan per lebih rata dibanding kondisi standar.

>>> Modifikasi All New Suzuki Carry, Ekstrim Pakai Suspensi Udara

Modifikasi Bemper Carry 10 Pakai Bodykit

Bodykit Suzuki Carry Minibus

Gaya ekstrim modifikasi Suzuki Carry untuk angkot

Trik berikutnya untuk membuat tampilan modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus yang terlihat gaul, maka bisa pasang bodykit untuk bemper depan dan bemper belakang. Bodykit ini ada yang sudah siap dipasang, namun ada yang harus dipesan secara custom. Namun umumnya pihak pembuat bodykit hanya menyediakan dalam bentuk masih epoxy dan belum dicat. Jadi sebelum pemasangan, bodykit ini harus di cat terlebih dulu senada warna bodi.

Sementara bentuk bodykit bisa disesuaikan dengan selera Anda. Kalau mau simple maka cukup yang lekukannya sederhana. Tapi kalau mau tampil gaul dan heboh, maka bodykit lebar hingga menjuntai ke dekat permukaan aspal pun bsia Anda aplikasikan. Menariknya, setelah dipasang bodykit ini, maka mobil terlihat semakin ceper dari sebelumnya.

Modifikasi Carry Bagong Pakai Warna-warna Centil

Modifikasi Suzuki Carry Bagong

Suzuki Carry bagong ini terlihat lebih muda dari usianya

Langkah selanjutnya untuk membuat Suzuki Carry minibus Anda tampil mencolok di jalan raya adalah dengan mengecat bodi mobil tersebut menggunakan warna-warna yang lebih ceria. Misalkan warna standar dari mobil itu hijau, maka Anda bisa modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus atau Suzuki Carry bagong menggunakan cat dengan warna hijau muda. Dengan begini, penampilan mobil jadi terlihat lebih muda dari usia mobil tersebut.

Nah kalau warna-warna ini dirasa belum terlalu nyentrik, maka setelah selesai di cat, Anda bisa menempelkan juga cutting sticker. Tema stiker yang akan dipasang bebas sesuai selera. Tapi kalau mau tampil lebih eye catching, sebaiknya pilih stiker berukruan cukup besar dengan warna stiker yang cerah.

Modifikasi Interior Suzuki Carry Agar Makin Elegan

Modifikasi Suzuki Carry Angkot

Angkot pengguna Suzuki Carry pun berani modifikasi bergaya elegan

Langkah terakhir saat modif mobil Carry minibus adalah dengan memperhatikan bagian kabin mobil ini. Anda bsia melapis ulang jok, doortrim, dasbor, plafon, sampai lantai kabin dengan kulit. Tapi cukup pilih kulit sintetis supaya bagian ini mudah dibersihkan jika kotor.

Sementara kombinasi warnanya, kalau mau yang terlihat elegan bisa pilih warna natural seperti hitam, cokelat, putih, atau merah tua. Tapi kalau mau meriah maka silahkan pilih warna-warna cerah seperti biru muda, hijau muda, kuning, atau merah muda.

>>> Review Suzuki New Carry Blind Van 2020: Blind Van Termahal Di Kelasnya

Contoh Gambar Modifikasi Mobil Carry Minibus

Setelah kami berikan beberapa tips untuk modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus atau Suzuki Carry yang lainnya, berikut ini adalah beberapa contoh hasil modifikasi Suzuki Carry minibus yang ada di Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi buat Anda.

Modifikasi Suzuki Carry Minibus Ceper

Ceper, velg lebar, bahkan dipasang sunroof

Modifikasi Suzuki carry bagong tubro

Modifikasi Suzuki Carry bagong ekstrim pakai turbo

Suzuki Carry Bagong simple

Gaya modifikasi bertema retro

Modifikasi Suzuki Carry Minibus cutting sticker

Centil pakai stiker Doraemon 

Modifikasi Suzuki Carry bagong ekstreme

Suzuki Carry bergaya mobil offroad

>>> Silahkan klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil baru dan bekas

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Suzuki Carry?
Modifikasi Suzuki Carry membutuhkan biaya yang bergantung dari komponen yang hendak dimodifikasi. Jika hanay sebatas ganti velg dan ban, maka cukup sediakan dana Rp 4-5 juta sudha cukup untuk membeli velg aftermarket berikut bannya. Sementara untuk pasang cutting sticker, biayanya mulai dari sekitar Rp200.000 tergantung tingkat kesulitan pembuatan dan pemasangan stiker tersebut. Untuk pasang bodykit dan cat, maka butuh biaya setidkanya mulai dari Rp 6.000.000.
Berapa lama waktu untuk modifikasi Suzuki Carry?
Waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi Suzuki Carry juga tergantung tingkat kesulitan modifikasinya. Kalau hanya memasang cutting sticker bermotif simple, maka cuma butuh 3-4 jam saja. Untuk ganti velg standar dnegan velg aftermarket juga prosesnya hanya beberapa jam. Tapi kalau sudah modifikasi di bagian bodi dan interior, maka setidaknya butuh waktu minimal 3 hari.
Dimana bisa beli aksesoris Suzuki Carry?
Aksesoris Suzuki Carry tntunya bisa didapat dengan mduah di toko-toko aksesoris mobil. Atau bisa juga Anda cari di toko-toko online melalui market place yang ada di Indonesia. Tapi kalau mau komponen-komponen yang dibuat secara custom, maka Anda harus mendatangi langsung bengkel yang akan mengerjakan kompoenne tersebut, untuk proses pemilihan desain, warna, hingga negosiasi harganya.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

03/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Feroza bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun umumnya ada yang diubah bertema elegan atau dibuat ala mobil offroad. Nah berikut ini triknya kalau mau modif Daihatsu Feroza.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mobil Gran Max Biar Tampil Wah Tapi Murah

30/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Gran Max juga bisa tampil lebih mewah namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jika menggunakan komposisi yang pas, mobil pekerja ini juga dapat disulap jadi lebih wah.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian

29/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Espass memang boleh sesuka selera Anda. Tapi kalau mobil ingin menjadi nyaman dan penampilannya terlihat bugar meski usianya sudah lebih dari 20 tahun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Lihat juga

Tips Cara Modifikasi Mobil Pick Up Futura

27/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil pick up Futura tidaklah terlalu sulit jika hanya ingin membuat kendaraan tersebut tampil mencolok di jalan raya. Berikut tipsnya buat Anda jika hendak memodifikasi mobil pekerja keras dari Suzuki itu.

Lihat juga

Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

22/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Avanza sering dijalani para pemilik mobil 7 seater ini untuk membuat kendaraannya berbeda dengan pemilik Toyota Avanza lain. Tapi modifikasi mobil tidak harus mahal loh, berikut triknya.

Lihat juga
 
back to top