Modifikasi Smart Fortwo, Si Mungil Bertenaga 725 Hp Catatkan Rekor Baru!

11/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Smart Fortwo yang satu ini jauh berbeda dari yang biasa dilakukan pada mobil dua penumpang itu. Karena mobil mungil tersebut kini bertenaga 725 hp dan tercatat sebagai fastest Smart Fortwo alias Smart Fortwo paling kencang di dunia.

Modifikasi Smart Fortwo seperti apa yang pernah Anda temui? Dicat warna-warna lucu yang menggemaskan? Dipasang velg diameter lebar? Atau disesaki audio video system? Nah untuk modifikasi Smart Fortwo yang satu ini beda sama sekali dari apa yang Anda pernah temui itu.

Bagaimana tidak, bisa dibilang ini adalaah Smart Fortwo modifikasi paling ekstrim di dunia. Sebab mesin standarnya sudah diganti dengan mesin V8 bertenaga 725 hp! Dan baru-baru ini mobil mungil untuk 2 penumpang itu mencatatkan rekor baru.

>>> Daimler Berencana Jual Pabrik Perakitan Smart di Prancis

Sudah Sempat Bikin Geger 7 Tahun Lalu

Fastest Smart Fortwo

Tercatat sebagai Smart Fortwo terkencang di dunia

Sebenarnya modifikasi Smart Fortwo ini sudah ada sejak tahun 2014. Saat itu memang kehadirannya cukup menggemparkan. Bagaimana tidak, dibalik sosok mungilnya, Smart Fortwo berkelir putih ini dijejali mesin Big Block 7.000 cc V8.

Konstruksi mobil juga ikut diubah total. Sebab mesinnya bukan lagi ada di belakang tapi di letakkan di depan. Mengingat mesin V8 dimensinya cukup besar, maka posisi mesin ketika terpasang di sebuah Smart Fortwo maka sampai memangkas bagian ruang pengemudi. Alhasil jok pengemudi pun mundur hampir ke bagian bagasi mobil.

Selain itu, mengingat jantung tenaganya yang sudah berkali-kali lipat lebih besar, maka mobil pun dibuat rangka baru, termasuk meracik ulang sistem suspensi. Dan saat di tes pada lintasan lurus 402 meter, Smart Fortwo yang menggunakan ban khusus drag race ini mencatatkan waktu 11 detik.

>>> Smart SIM Resmi Diluncurkan, Ini Kelebihan dan 4 Fungsi Utamanya!

Catatkan Rekor Baru Smart Fortwo Tercepat di Dunia

Smart Fortwo Modifikasi Drag Race

Catatan waktunya kurang dari 9 detik

>>> Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011

Tujuh tahun berlalu, ternyata kini modifikasi Smart Fortwo tersebut masuk ke tahap lebih lanjut. Rupanya mesin sebelumnya dianggap belum terlalu memuaskan hasrat si pemilik mobil. Alhasil, mesin mobil ini sekarang terpasang yang berkapasitas 9.100 cc V8.

Ya, Anda tak salah baca, mesin yang dipakai pada Smart Fortwo ini memang menggunakan mesin V8 dari Chevrolet yang bertenaga 725 hp. Tenaga yang luar biasa itu tentu perlu mendapat peningkatan pada bagian sasis dan sistem suspensinya.

Bertahun-tahun para teknisi meracik mobil ini agar jadi lebih kuat dan lebih lincah. Dan mereka pun sukses membuktikan. Ketika diuji coba di trek lurus, mobil ini mencatat waktu kurang dari 9 detik. Capaian ini pun menjadikan mobil tersebut berhak menyandang predikat Smart Fortwo tercepat di dunia.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top