Modifikasi Porsche 911 Gulf Livery, Pertahankan Sisi Klasik

08/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Porsche 911 Gulf Livery ini bukan sekedar mengganti cat standar dengan bertema Gulf, namun ada beberapa langkah lain sambil tetap mempertahankan ciri khas klasik dari sebuah 911.

Porsche 911 tak diragukan lagi menjadi legenda otomotif. Bahkan seri 911 menjadi incaran kolektor dengan nilai yang begitu fantastis di suatu negara tertentu. Tak heran jika mobil ini juga dijadikan target banyak modifikator dunia.

Beberapa tuner yang kerap membidik Porsche 911 yaitu RWB (RAUH-Welt BEGRIFF). Tuner asal Jepang ini terkenal bisa menyulap Porsche 911 dengan pemasangan bodykit super lebar. Namun bukan berarti modifikasi Porsche 911 dari tuner lain tidak menarik. Contohnya Porsche 911 Gulf Livery yang satu ini.

>>> McLaren Elva Mejeng di Goodwood, Pakai Livery Gulf

Mirip Diecast Gulf Livery

Porsche 911 T Gulf rear

Awalnya mobil ini menggunakan warna Irish Green

Jika Anda pecinta diecast khususnya seri Gulf, maka mungkin akan langsung teringat dengan minaitur mobil-mobilan tersebut saat melihat foto-foto Porsche 911 berbalut Gulf Livery yang satu ini. Dikutip dari Autoevolution, Jumat (08/01/2021), awalnya mobil ini menggunakan cat Irish Green, namun kemudian diganti kombinasi biru muda dan oranye khas mobil-mobil bertema Gulf.

Kemudian bodi mobil juga sudah tak lagi standar. Karena pemasangan wide bodykit dibagian fender depan dan belakang pun sukses dikerjakan dengan rapih. Setelah bodi semakin lebar, satu set velg dengan tapak lebar dipadu ban Goodyear tipe slick pun terpasang dalam ruang fender dan sekaligus menambah level penampian mobil ini secara keseluruhan.

>>> Biar Cat Awet, Begini Cara Mencegah Kucing Nangkring di Atas Mobil

Masih Pakai Mesin Klasik

Porsche 911 T Engine

Mesinnya tetap naturally aspirated

>>> Review MINI GT Edition 2020: Nostalgia ‘Go-Kart’ Inggris

Demi mempertahankan eksotisme sisi klasik dari Porsche 911, mobil ini pun tidak meggunakan tambahan turbocharged maupun supercharger pada mesinnya. Mesinnya berkapasitas 2.200 cc naturally aspirated 6 silinder, tetapi sudah terpasang karburator ganda dari Zenith yang mampu menghasilkan tenaga 130-140 hp. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke gardan belakang menggunakan transmisi 5 percepatan manual.

Menggunakan basis Porsche 911 T lansiran 1971, kabarnya mobil ini pernah dilakukan peremajaan part di tahun 2017. Seelah itu kinerja mesin kembali tersentuh pada akhir 2020 lalu. Tentu saja itu termasuk pemasangan suspensi sport baru guna meningkatkan pengendalian, penggantian piston, serta koil pengapian baru dari MSD.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top