Ide Modifikasi Plafon Mobil Pick Up yang Bisa Anda Pilih

25/03/2021

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Ide Modifikasi Plafon Mobil Pick Up yang Bisa Anda Pilih
Pick up juga bisa keren dengan sedikit sentuhan, misalnya modifikasi plafon. Berikut tips modifikasii tipe pickup yang bisa Anda contoh

Model plafon garasi mobil pick up cukup bervariasi. Dari pihak penyedia, lebih memberikan pilihan plafon mobil yang lebih sederhana agar bisa dimodifikasi dengan lebih mudah oleh para pengemudi. Sayangnya, tidak semua pengemudi merasa senang dengan plafon mobil pick up yang sudah tersedia. Maka dari itu ada banyak pengemudi yang melakukan modifikasi plafon mobil pick up milik mereka.

Modifikasi yang dilakukan tentunya tidak sampai merubah total bentuk plafon mobil pick up sehingga dapat membahayakan keselamatan pengemudi. Sebaliknya, biasanya modifikasi plafon mobil pick up sering dilakukan untuk keperluan khusus seperti fungsionalitas hingga kebutuhan estetika juga.

Gambar sebuah plafon mobil pick up setelah modifikasi

Modif plafon mobil pick up

Cara Membuat Plafon Mobil Sendiri

Saat ini, model plafon modifikasi sudah banyak sekali dijual di pasaran. Bahkan untuk kebutuhan custom, pengemudi bisa mendapatkan plafon mobil yang diperlukan dengan mudah. Pengemudi juga bisa membuat plafon mobil sendiri agar lebih sesuai dengan kriteria dan keinginan pengemudi.

Untuk membuat plafon mobil sendiri, ada baiknya Anda bekerja sama dengan tukang yang khusus bekerja membuat plafon mobil. Bisa juga Anda kerjakan sendiri dengan menyiapkan bahan triplek atau MDF yang lebih kuat. Selanjutnya Anda bisa menggambar desain seperti apa yang Anda inginkan untuk plafon mobil Anda.

Desain ini harus disesuaikan dengan ukuran yang akan Anda pasang. Misalnya saja Anda akan memasang speaker pada plafon mobil, maka Anda perlu mengukur speaker yang akan dipasang. Selanjutnya Anda juga perlu mempertimbangkan jalur kabel yang perlu dipasang agar speaker bisa bekerja dengan sempurna.

Membuat plafon mobil sendiri memang cukup menyulitkan. Anda juga perlu mempertimbangkan cover untuk menutup plafon dan memastikan plafon buatan Anda tidak rusak. Tentunya untuk orang yang sudah terbiasa melakukan ini, bisa dengan mudah dibuat. Tetapi kalau Anda merasa kesulitan, Anda bisa menyewa jasa tukang untuk membuat plafon mobil Anda.

>>> Rekomendasi Model Plafon Mobil & Cara Merawatnya

Modifikasi Plafon Mobil Angkot

Gambar sebuah plafon mobil angkot dimodifikasi

Modif plafon angkot 

Modif plafon mobil yang paling sering dilakukan adalah untuk mobil angkot. Mungkin jika Anda membutuhkan inspirasi modifikasi plafon mobil, Anda bisa mencontek beberapa sopir angkot yang melakukan modifikasi untuk mobil angkot milik mereka. Karena modif plafon mobil angkot cukup bervariasi dan unik.

Modif plafon mobil angkot sering dilakukan agar penumpang merasa nyaman dan terhibur. Meskipun terkadang ada beberapa sopir angkot yang melakukan modifikasi terlalu berlebihan, tetapi menurut mereka itu adalah hal yang biasa. Beberapa modif plafon mobil yang bisa Anda contek sebagai inspirasi adalah:

1. Memasang Speaker

Modifikasi dengan memasang speaker memang sering dilakukan. Tetapi untuk mobil angkot, tidak semua sopir melakukannya. Dengan memasang speaker tambahan, sopir bisa memutarkan musik yang disukai untuk menghibur penumpang dikala macet atau menunggu penumpang terisi penuh.

2. Lampu LED

Pemasangan Lampu LED untuk plafon mobil angkot sebenarnya bisa berfungsi menjadi 2 hal. Yaitu sebagai estetika dan juga sebagai penerangan di saat hari mulai gelap di dalam angkot. Tidak jarang juga mobil angkot yang melakukan modifikasi seperti ini. Jika Anda tertarik, Anda bisa menambahkan lampu LED yang sesuai dengan selera Anda.

3. Sunroof

Tambahan sunroof untuk mobil angkot juga bisa dilakukan sebagai ide untuk modif plafon mobil. Sunroof bisa ditambahkan pada plafon mobil sehingga Anda bisa melihat pemandangan di atas. Untuk modifikasi ini, ada baiknya Anda konsultasikan dengan ahlinya karena tidak semua mobil bisa ditambahkan sunroof dengan mudah.

>>> Cintamobil TV: Cara Mudah Bersihkan Plafon Mobil Saat #DiRumahAja

Kain Plafon Mobil yang Sering Digunakan

Modif plafon mobil juga membutuhkan bahan kain untuk sebagai finishing yang sempurna. Untuk itu, Anda harus benar-benar memilih kain plafon mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menggunakan bahan yang tepat. Berikut ini beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk modifikasi plafon mobil. 

1. Beludru

Kain beludru terlihat dan terasa sangat elegan. Warnanya yang tidak tampak berkilau memberikan kesan mahal ketika dipasang untuk finishing plafon mobil. Tekstur kain beludru yang lembut tentunya memberikan estetika tersendiri untuk pengemudi. Sayangnya kain beludru cukup susah dibersihkan. Jadi Anda harus memastikan perawatan yang terbaik untuk kain beludru tersebut. Tetapi jika Anda tidak bermasalah melakukan perawatan kain beludru, maka Anda bisa menggunakan kain beludru untuk plafon Anda.

2. Kulit asli ataupun kulit sintetis

Kulit asli maupun kulit sintetis masih menjadi juara untuk urusan interior mobil. Alasannya karena bahannya mudah didapat, mudah dibersihkan, dan juga tahan lama. Kulit asli memiliki harga yang sedikit mahal, tetapi Anda bisa menggunakan kulit asli jika memang Anda tertarik untuk tampilan elegan.

Jika Anda memiliki budget terbatas, maka Anda bisa memilih menggunakan kulit sintetis. Alasannya karena kulit sintetis lebih mudah didapat, harganya terjangkau, serta mudah dibersihkan dan tahan lama. Jadi perawatannya pun lebih mudah dibandingkan dengan kulit asli.

3. Suede

Kain plafon mobil yang juga sering digunakan adalah bahan suede. Bahan suede juga cukup mudah. Yang semakin menarik adalah suede merupakan bahan kain yang terdiri dari kulit dan beludru. Jadi teksturnya cukup kuat dan lembut. Perawatannya pun cukup mudah dan tidak perlu khawatir cepat rusak karena bahan ini tahan lama.

>>> Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Vanish saat #DirumahAja

Modifikasi Plafon Mobil L300

Contoh plafon mobil modifikasi yang bisa Anda contoh untuk jenis mobil pick up yang Anda miliki bisa dilihat dari beberapa contoh modifikasi plafon mobil L300 berikut ini. Mobil tipe L300 adalah jenis pick up. Modifikasi untuk plafon L300 juga sering dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Gambar sebuah plafon mobil Mitsubishi L300 setelah modif

Modif plafon mobil L300

Plafon Mobil Model Sofa yang Nyaman

Variasi plafon mobil yang juga banyak digemari adalah plafon mobil model sofa. Variasi plafon mobil model sofa ini cukup digemari karena modelnya yang berbentuk seperti sofa. Tampilannya cukup sederhana tetapi juga elegan karena kesederhanaannya. Jika Anda ingin melakukan modifikasi plafon mobil dengan model sofa, Anda bisa mencontek inspirasi berikut ini. 

Membuat Plafon Mobil dari Triplek dengan Cara Mudah

Sebenarnya, plafon mobil modif tidak memiliki bahan yang sangat sulit dicari. Melakukan modifikasi plafon bisa dilakukan dengan menggunakan bahan triplek. Bahan triplek memang cukup mudah dicari. Pastikan Anda menggunakan bahan triplek yang tebal dan tidak ringkih sehingga bisa terpasang dengan baik pada plafon mobil Anda.

Sesuaikan ukuran triplek dengan ukuran kebutuhan Anda. kemudian gunakan bahan kain yang Anda inginkan untuk melapisi triplek tersebut agar tampak bagus. Jadi hasil akhir plafon Anda tampak rapi dan juga menarik.

>>> Intip Hasil Modif Angkot di Bogor dan Padang

Bongkar Pasang Plafon Mobil dengan Jasa Tukang

Anda bisa menyewa jasa tukang untuk mengerjakan plafon mobil modifikasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Jasa tukang yang Anda pilih tidak hanya memodifikasi plafon Anda tetapi juga memilih bahan yang paling sesuai untuk kebutuhan modifikasi plafon Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menyewa jasa tukang untuk melakukan modifikasi plafon Anda adalah Anda harus menentukan desain seperti apa dan pastikan Anda mengetahui bahan yang digunakan oleh tukang. Selain itu, yang terpenting adalah Anda harus mengawasi setiap detail pekerjaan tukang. Jangan sampai ada yang terlewat karena tampilan mobil Anda bisa menjadi jelek.

Custom plafon mobil memang sudah sering dilakukan untuk mobil pickup. Tentunya tidak akan susah untuk menemukan jasa tukang yang bisa melakukan modifikasi plafon mobil. Selain itu, untuk bahan-bahan yang diperlukan juga bisa lebih mudah dicari. Sehingga Anda bisa dengan tenang merawat mobil Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modif plafon mobil?
Biaya ini tergantung pada jenis bahan yang akan Anda memakai, yang termurah itu Rp 900 ribu.
Berapa biaya mempercantik plafon, door trim atau dashboard mobil?
Biayanya tergantung pada tempat maupun material yang akan Anda memilih saat modif mobilnya.
Berapa harga bungkus dashboard mobil?
Tergantung pada jenis layanan yang Anda memilih dan jenis mobil yang Anda sedang memakai akan tersedia harga yang sesuaikan, harganya mulai dari Rp90.000 sampai Rp225.000
Share this post:
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top