Modifikasi Pelek City Car, Gak Usah Terlalu Besar!

12/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi pelek city car akan mendongkrak penampilan mobil tersebut saat digunakan sehari-hari. Namun perlu diperhatikan beberapa hal ketika mengganti pelek standar mobil Anda yang berukuran cenderung mungil..

Setiap pemilik mobil yang kurang puas dengan tampilan standar kendaraannya, tentu akan melakukan langkah modifikasi. Dan modifikasi pelek adalah cara paling ampuh untuk mendongkrak penampilan mobil. Begitu pun ketika akan melakukan modifikasi pelek city car.

>>> Modifikasi Pelek All New Suzuki Ertiga Paling Pas Pakai Ring 17

Dalam melakukan modifikasi di mobil bagian roda ini dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu mengganti dengan pelek OEM dari mobil lain yang spesifikasinya masih sesuai, atau mencari pelek aftermarket.

Lalu bagaimana tips untuk modifikasi pelek city car? Berikut penjelasannya:

1. Jangan Terlalu Besar

pelek mobil aftermarket

Jangan pilih pelek dengan diameter terlalu besar untuk city car

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

City car biasanya memiliki ruang fender yang tidak terlalu lebar. Maka dari itu, sebaiknya pilih pelek dengan diameter yang tidak terlalu besar. Idealnya hanya naik 2 inci dari diamater pelek standar. Misalnya pelek standar berdiameter 14 inci, maka pemilik city car cuma boleh mengganti dengan pelek ukuran 16 inci.

Pilihan modifikasi pelek ini dilakukan dengan mempertimbangkan tidak ada ubahan lain pada sistem suspensi dan fender. Karena jika menggunakan pelek lebih dari 17 inci, maka ban atau bibir pelek akan membentur fender dan sistem suspensi.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

2. Kualitas Pelek

pelek patah

Jangan sampai pelek patah di jalan

Saat melakukan modifikasi pelek, sebaiknya perhatikan juga kualitas dari pelek tersebut. Jangan tergiur harga murah dan desain menarik, kualitas dan kekuatan bahan pelek juga perlu diperhatikan. Jangan sampai pelek patah bengkok atau bahkan patah ketika digunakan.

Untuk itulah akan lebih baik ketika modifikasi pelek city car memilih pelek original. Meskipun lebih mahal, namun pabrikan pelek dengan brand yang sudah jelas, tentu akan memperhatikan kualitas dari setiap produknya. Jika ingin sedikit menghemat budget, bisa juga memakai pelek dari mobil lain, yang tentunya pilih juga memiliki daya tahan yang bisa dipertanggung jawabkan dan kondisinya masih sangat baik.

>>> Tips dan trik menarik lainnya klik disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top