Dari Velg Hingga Bodykit, Intip Inspirasi Modifikasi Mobilio RS

30/10/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Dengan model baru dikabarkan meluncur di penghujung tahun 2021 ini, intip apa saja ubahan untuk mempercantik tampilan dari modifikasi Mobilio RS Anda.

Honda Mobilio digadang-gadang akan mendapatkan pembaharuan di Indonesia dalam waktu dekat. Tapi desain yang ditawarkan oleh Mobilio sudah cukup menarik. Apalagi modifikasi Mobilio RS mampu menghadirkan beragam peningkatan dalam hal tampilan maupun menambah kenyamanan berkendara di sepanjang perjalanan.

Honda Mobilio RS merupakan tipe tertinggi dari MPV 7-seater penantang Toyota Avanza maupun Suzuki Ertiga ini. Embel-embel RS yang merupakan akronim dari “Racing Sport” yang menegaskan ubahan tampilan yang lebih sporty untuk mobil besutan Honda. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan inspirasi untuk modifikasi Mobilio RS terbaru, simak beberapa modelnya di bawah ini.

Modifikasi Mobilio RS 2019

Dengan perubahan minimalis yang ditawarkan pada tahun 2019, Mobilio RS memang mendapatkan beberapa ubahan demi tampilan yang lebih sporty. Meskipun begitu, banyak pengguna yang tak segan-segan menambah maupun mengubah tampilan luar atau bagian dalam mobil ini.

Pada bagian luar, kesan sporty yang ditawarkan seringkali diperkuat menggunakan kelir baru yang senada maupun membawa kesan two-tone pada atap atau kap mesin. Ada pula yang menambahkan roof rail untuk menambah ruang penyimpanan di atap maupun untuk sekadar tampilan bergaya off-road pada mobil ini.

sistem audio subwoofer LM 80S untuk modifikasi mobil
Tambahkan subwoofer LM 80S pada modifikasi Honda Mobilio RS Anda

Ubahan lainnya yang bisa dilakukan yaitu memodifikasi sistem audio pada mobil. Termasuk dengan mengganti head unit dan menambah subwoofer untuk meningkatkan kualitas suara yang dikeluarkan. Misalnya saja menggunakan subwoofer LM 80S yang saat ini bisa didapatkan dengan banderol Rp 1,2 jutaan.

Sedangkan pada bagian elektrikal mobil, Mobilio juga mendapatkan penambahan tombol Start-Stop Engine di dalam kabin. Mengingat Honda sudah menyematkan teknologi ini pada Mobilio RS, tapi belum dilengkapi dengan tombol Start-Stop.

Lebih garang dengan bodykit Mobilio

Selain model standar, penggunaan bodykit tambahan pada Mobilio juga sering dilakukan untuk menghadirkan kesan maskulin pada tampilan luar mobil. Beberapa bengkel juga menyediakan bodykit tambahan untuk dipasang pada Mobilio. Salah satunya terlihat dari akun YouTube Ferrari Variasi yang memperlihatkan aksesoris tambahan pada modifikasi Mobilio RS.

Terlihat di bagian depan ada garnish hitam doff menutupi bagian luar headlamp mobil yang sudah diganti dengan LED, membawa kesan sporty tersendiri pada fascia depan. Tambahan garnish berwarna hitam juga bisa ditemukan pada bagian belakang untuk memberikan kesan senada dengan tampilan muka.

Pada bagian bawah terdapat tambahan lip bumper model samurai yang terbuat dari karet guna melindungi bumper depan ketika mobil mengalami benturan di jalanan. Namun tak sedikit pula pengguna yang mengubah bumper depan dengan body kit baru.

Beralih ke samping, ubahan paling banyak ditemukan pada handle pintu yang diberi aksen berwarna hitam. Seperti yang dilakukan pada video ini, membawa outer handle yang berfungsi untuk melindungi pintu mobil dari baret akibat kuku ketika membuka maupun menutup pintu.

Sebagai pelengkap ubahan bodykit Mobilio yaitu mengganti spoiler belakang dengan warna hitam atau berbahan karbon untuk kesan yang lebih sporty. Dan meskipun tak banyak, namun ada pengguna yang memasang panoramic sunroof pada Mobilio, namun dilakukan tanpa merusak double blower yang ada di bagian atap.

Modifikasi Velg Mobilio

Mobilio RS memang sudah mendapatkan velg two tone yang gagah. Tapi ini tak membuat pengguna memasang model yang lebih berani. Seperti yang bisa dilihat pada laman YouTube HSR Wheel. Video berdurasi 14 menit tersebut mewawancarai pemilik Honda Mobilio bernama Novan yang tergabung dengan Mobility Region MAGER.

modifikasi velg Mobilio berwarna putih
Penggunaan velg HSR Daimon ring 16 pada modifikasi Mobilio RS putih

Novan menggunakan velg HSR Daimon ring 16 dengan tipe diamond berwarna matte bronze, kontras dengan bodi Mobilio yang memadukan kelir warna putih dan hitam. Harganya berada di kisaran Rp 4,5 jutaan hingga Rp 5 juta. Tampilannya semakin menawan ketika disandingkan dengan disc brake berkelir merah.

>>> Tips Modifikasi Mobilio yang Simple dan Elegan Buat Harian

Harga Honda Mobilio bekas

Hingga saat ini, Mobilio sudah mendapatkan dua kali facelift sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Yang pertama yaitu ubahan minimalis pada tahun 2017 dan yang kedua beberapa peningkatan tampilan dan fitur yang diberikan pada tahun 2019 silam. Berkat popularitasnya, ada banyak mobil bekas yang bisa Anda dapatkan.

Harga yang ditawarkan pun berbeda. Misalnya saja edisi awal Mobilio tahun 2014 hingga 2015 berada di kisaran Rp 120 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Bagi Anda yang menginginkan model yang lebih baru, Anda bisa memilih Honda Mobilio 2017 yang bisa didapatkan dalam kisaran Rp 140 jutaan hingga Rp 175 jutaan.

Bandingkan dengan harga Mobilio terbaru yang saat ini dibanderol mulai dari Rp 197 jutaan untuk varian terendah, yaitu Mobilio S M/T. Sedangkan varian menengah yaitu Mobilio E CVT bisa didapatkan dengan harga Rp 227 jutaan. Sedangkan harga Honda Mobilio RS sebagai varian tertinggi dibanderol mulai dari Rp 239 jutaan untuk tipe manual dan Rp 250 jutaan untuk model CVT.

model baru Honda Mobilio RS 2019 berwarna merah
Honda Mobilio RS keluaran 2019 merupakan edisi facelift kedua

Dengan kemungkinan datangnya Mobilio edisi terbaru ke Indonesia, tak menutup kemungkinan harga Honda Mobilio bekas akan semakin turun. Mengingat pembaharuan yang ditawarkan diprediksi menghadirkan ubahan yang cukup signifikan.

Namun bagi Anda pemilik model lama, tak ada salahnya meningkatkan tampilan mobil dengan menyiapkan budget untuk modifikasi Mobilio RS Anda. Namun patut diingat untuk selalu memperhatikan konsep modifikasi maupun komponen-komponen apa saja yang ingin Anda ubah agar tidak terjadi kesalahan selama pemakaian nantinya.

>>> Jika masih bingung saat memilih dan membeli mobil, klik sini untuk lanjut simak ribuan tips dan trik yang sangat berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja varian Honda Mobilio terbaru?
Ada tiga tipe Honda Mobilio yang dipasarkan, yaitu Mobilio S, Mobilio E, dan Mobilio RS.
Berapa total biaya modifikasi Honda Mobilio?
Biaya yang dipersiapkan tentunya tergantung komponen apa saja yang ingin Anda ubah. Sebelum melakukan modifikasi, jangan lupa cek terlebih dahulu budget dan biaya penggantian yang diperlukan. 
Berapa harga Honda Mobilio terbaru yang ada di Indonesia?
Dengan penantang seperti Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga, harga Honda Mobilio dipasarkan mulai dari Rp 197 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top