Tips Modifikasi Mobilio yang Simple dan Elegan Buat Harian

14/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Mobilio yang kami sarankan berikut ini cukup simple dan mudah untuk dilakukan tapi tetap terlihat elegan dan masih cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari maupun saat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Modifikasi Mobilio banyak ditemui di Indonesia. Wajar sih mengingat populasi mobil 7 penumpang dari Honda ini juga cukup populer. Gabungan antara desain yang sporti dengan sedikit sentuhan elegan, kenyamanan berkendara, serta efisiensi bahan bakar, membuat Honda Mobilio banyak peminatnya di dalam negeri.

Sebenarnya secara standar pabrikan, tampilan Mobilio sudah dipahat oleh Honda dengan cukup apik. Bahkan kalau mau versi yang lebih sporti bisa tunjuk tipe Mobilio RS. Namun nyatanya, tak sedikit yang modif Mobilio dengan alasan supaya mobilnya tampil beda sesuai selera pribadi.

Tema modifikasi Honda Mobilio yang dijalani pun beraneka macam, namun umumnya modifikasi mobil Mobilio yang dilakukan masih cukup simple. Mengingat mobil ini tetap mereka gunakan sebagai moda transportasi harian seluruh keluarga. Walau begitu, tak sedikit pula yang mengubah sosok Honda Mobilio jadi mobil yang berpenampilan cukup ekstim.

Kalau dibahas satu per satu arah modifikasi Mobilio yang ada di Indonesia tentu tidak bisa selesai dalam satu artikel singkat. Karenanya untuk kali ini Cintamobil.com hanya akan membahas bagaimana cara untuk modif Mobilio yang simple tapi tetap terlihat elegan namun masih cukup nyaman untuk dipakai harian. Yuk baca artikel ini sampai selesai.

>>> Jarang Huni Daftar Mobil Terlaris, Apa Kabar Honda Mobilio?

Modifikasi Mobilio Simple dengan Ganti Velg

Modifikasi Mobilio Putih Velg Besar

Mobilio masih bisa pakai velg 17 inci tanpa ubah kaki-kaki

Langkah paling mudah untuk modifikasi Mobilio supaya terlihat berbeda tanpa melakukan ubahan di sektor lain adalah mengganti velg. Velg standar dari Honda bisa ditukar dengan velg aftermarket atau velg dari mobil lain yang punya spesifikasi serupa. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa tukar velg dengan diamater yang sama dengan velg standar, supaya tidak perlu lagi membeli ban baru.

Namun saat melakukan modifikasi Honda Mobilio 2019 atau Mobilio tahun-tahun sebelumnya dengan mengganti velg, maka perhatikan spesifikasi velg standar di mobil tersebut. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku produsen Honda Mobilio di Indonesia membekali mobil ini dengan velg berdiameter 15 inci dan lebar 5,5 inci dengan offset 50. Sementara jumlah lubang bautnya ada 4 dan jarak antar lubang 100 mm, artinya velg Honda Mobilio punya PCD 4x100.

Jika ingin hanya mengganti velg saja dan tetap pakai ban yang ada, maka Anda tinggal pilih velg aftermarket dengan PCD 4x100 berdiameter 15 inci juga. Namun untuk lebarnya Anda bisa cari yang lebar 6-6,5 inci, serta memiliki offset di rentang 38-40. Velg ini ketika dipasang nantinya akan tetap sejajar dengan fender mobil.

Namun kalau mau modifikasi Mobilio dengan velg yang diamater lebih lebar, maka bisa pilih yang punya ukuran 16 atau 17 inci dengan lebar 6,5 serta offset 40-45. Meskipun cukup besar, namun velg ini tetap bisa terpasang di fender Honda Mobilio tanpa merubah sistem suspensi bawaan mobil. Namun perlu diingat, velg tersebut juga harus punya PCD 4x100 sesuai baut roda di mobil tersebut ya.

>>> Tips Modifikasi Mobil Brio Simple Buat Harian

Mobilio Modifikasi Elegan Pakai Bodykit

Bodykit Honda Mobilio

Cukup bodykit simple sudah bikin penampilan Mobilio makin keren

Teknik modif Mobilio 2019 atau tahun-tahun sebelumnya supaya terlihat lebih elegan adalah dengan memasang bodykit. Pemasangan "daging tambahan" ini tidak perlu yang terlalu ekstrim, cukup berupa bodykit di bemper depan dan belakang serta sideskirt yang dipasang secara add on alias tak sampai merusak bentuk bemper bawaan. Trik ini juga bisa diterapkan untuk modifikasi Mobilio RS 2019 atau tahun-tahun sebelumnya.

Modifikasi Honda Mobilio 2019 atau tahun lain dengan cara pasang bodykit ini juga cukup mudah. Mengingat di pasaran banyak sekali yang jual paket bodykit untuk mobil tersebut. Jika Anda punya Honda Mobilio tipe E atau tipe S, sebenarnya cukup pasang bodykit milik Mobilio tipe RS. Dengan cara simple ini sudah bisa merubah penampilan Honda Mobilio kesayangan Anda jadi terlihat lebih sporti.

Tapi kalau mau penampilanya modifikasi Mobilio yang beda dari Honda Mobilio yang lain, maka banyak juga kok bodykit-bodykit custom yang bisa fit dengan bemper Honda Mobilio. Tapi umumnya bodykit ini masih berupa epoxy, sehingga sebelum dipasang Anda perlu mengecatnya senada dengan warna bodi. Supaya pemasangan kuat dan presisi, sebaiknya bodykit bukan hanya direkatkan memakai doubletape, tapi juga di baut. Proses pengerjaannya bisa Anda serahkan ke bengkel-bengkel body repair terdekat atau yang sudah jadi langganan.

>>> Pilihan Warna Mobilio yang Elegant dari Honda

Modifikasi Mobilio Putih Pakai Cutting Stiker

Modifikasi Honda Mobilio Cutting Sticker

Warna bodi putih bisa pakai stiker warna yang lebih variatif

Berikutnya yang kami rekomendasikan untuk membuat penampilan Honda Mobilio kesayangan Anda terlihat berbeda adalah dengan memasang cutting sticker. Tentunya aplikasi stiker di bodi mobil ini bisa diterapkan untuk semua kendaraan. Namun kalau warna dasar mobil tersebut putih, maka warna stiker yang bisa ditempel lebih variatif.

Misalnya kalau mau modif Mobilio 2019 warna putih bisa cukup dengan cutting sticker warna hitam sudah bisa terlihat tampil beda. Sementara tema gambar stikernya disesuaikan dengan selera Anda. Kalau mau kelihatan lebih sporti bisa juga aplikasi stiker motif karbon, misalnya di kap mesin, fender depan, atau spion. Dikombinasikan dengan warna bodi putih, motif karbon ini juga akan terlihat menonjol.

Namun bukan berarti modif Mobilio putih saja yang terlihat keren kalau pakai cutting sticker. Mobilio warna lain juga bisa lakukan hal serupa kok, tinggal lakukan saja kombinasi warna yang apik antara warna stiker dengan warna bodi mobil. Misalnya kalau warna bodi hitam atau abu-abu, bisa pilih stiker yang dominan warna cerah seperti putih, kuning, hijau, biru, atau merah muda.

Modifikasi Mobilio 2014 Biar Terlihat Lebih Muda

Modifikasi Honda Mobilio 2014

Honda Mobilio lawas bisa ganti muka ke tipe RS

Kalau Anda punya Honda Mobilio generasi pertama, jangan sedih dulu dan merasa minder dengan penampilan Honda Mobilio terbaru yang lebih sporti. Sebab dengan sedikit kreatifitas, Mobilio lawas bisa kok tampil lebih segar.

Caranya modifikasi Mobilio generasi pertaam bisa dengan kombinasikan antara ganti velg dan pasang bodykit. Pertama-tama Anda bisa pasang bodykit terlebih dulu. Kalau mau mudah, tinggal cari bodykit Honda Mobilio RS 2019 yang dijual di beberapa toko bodypart atau di tempat-tempat penjualan komponen copotan. Anda bisa beli satu set langsung bemper depan dan bemper belakang, kalau perlu berikut lampu-lampunya. Sebab sejatinya komponen-komponen ini dapat dipasang di Honda Mobilio generasi awal tanpa ada penyesuaian yang sulit.

Setelah bodykit terpasang, baru Anda bisa ganti velg. Opsinya beli velg aftemarket atau pakai velg bawaan Honda Mobilio RS 2019 juga supaya senada dengan bentuk bodykit yang sudah terpasang. Kalau yang dipilih velg aftermarket, diameternya tidak perlu terlalu lebar, cukup maksimal 16 inci dengan lebar 6 inci sudah terlihat keren untuk harian dan mobil terlihat lebih muda dari usianya.

>>> Review New Honda Mobilio S 2019, LMPV Dibawah Rp 200 Juta Paling Value For Money?

Percantik Interior Honda Mobilio

Modifikasi Interior Honda Mobilio

Kombinasikan antara warna dan motif jahitan supaya interior juga terlihat elegan

Jika sisi eksterior sudah terlihat elegan, maka langkah modifikasi Mobilio selanjutnya bisa memperhatikan bagain kabin mobil. Disini yang dapat Anda lakukan adalah dengan pelapisan ulang pada jok dan doortim dengan material baru. Cukup pilih material kulit sintetis supaya jok mudah dibersihkan apabila terkena noda. Mengingat mobil masih dipakai bersama dengan anggota keluarga yang lain.

Sementara pilihan warna dan motif jahitannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Kalau mau terlihat elegan kami sarankan pakai warna-warna natural seperti hitam, putih, beige, cokelat, atau merah tua. Sementara kalau mau menciptakan ruang interior yang ceria, maka pilih warna bahan kulit yang cerah, seperti hijau, kuning, biru muda, atau bahkan merah muda.

Nah kalau proses modifikasi interior sudah selesai digarap, maka Honda Mobilio kesayangan Anda kini sudah tampil keren luar dalam.

>>> Temukan juga tips dan trik menarik dan bermanfaat lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifiaksi Honda Mobilio?
Biaya yang perlu disiapkan untuk modifikasi Honda Mobilio tergantung dari komponen aksesoris yang dipasang. Kalau hanya memasnag cutting sticker, maka biayanya mulai dari sekitar Rp 50.000 sudah termasuk biaya pasang.
Berapa lama waktu untuk modifikasi Honda Mobilio?
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan modifiaksi pada Honda Mobilio juga tergantung dari komponen yang dimodifikasi. Kalau hanya memasang cutting sticker maka cuma butuh 2-3 jam saja. Tapi kalau sampai memasang bodykit, maka butuh waktu 1-2 hari.
Dimana bisa modifikasi Honda Mobilio?
Sata hendak modifikasi mobil termasuk juga Honda Mobilio, maka tentukan dulu arah modifikasinya. Kalau hanya ingin menempel stiker di bodi mobil, tinggal datang ke tempat pembuatan dan pemasangan stiker mobil atau motor. Kalau mau ganti velg, maka silahkan datang ke toko-toko velg mobil. Klaau mau menambahkan bodykit maka kunjungi saja bengkel body repair terdekat atau yang sudah dipercaya.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top