7 Cara Modifikasi Mobil Zebra Espass Biar Gak Kalah Gaul

27/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Zebra maupun Espass tentunya bsia dilakukan dengan berbagai cara sesuai selera Anda sebagai pemilik kendaraan tersebut. Namun ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini supaya hasil modif mobil Zebra Anda jadi terlihat keren.

Modifikasi mobil Zebra mungkin saat ini khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, menjadi sesuatu yang cukup langka untuk Anda temui. Pasalnya populasi MPV (Multi Purpose Vehicle) lawas dari Daihatsu itu juga sekarang tak sebanyak kompetitornya. Walau demikian, jika Anda satu dari beberapa pemilik Daihatsu Zebra Espass, tak ada salahnya tampil beda dengan modif mobil Zebra kesayangan Anda di rumah.

Ada banyak trik untuk bisa membangun mobil Zebra modif yang menarik dilihat. Dari sekedar ganti velg, pasang stiker, dibuat ceper, sampai modifikasi full bodykit pun bisa. Namun sebaiknya perhatikan beberapa hal saat hendak membuat sebuah mobil Zebra modifikasi yang bukan saja bagus secara penampilan tpai juga masih layak digunakan.

Memang sih, mobil aing kumaha aing, alias mobil saya bagaimana saya. Tapi kalau bisa hasil modifikasi mobil Zebra itu terlihat manis, Anda juga kan yang bangga karena banyak dipuji orang. Yuk simak beberapa konsep untuk modifikasi Daihatsu Zebra yang terlihat keren.

>>> Daihatsu Move Canbus VS Series Hadir untuk Memenuhi Kebutuhan Wanita

1. Modifikasi Mobil Zebra Espass Ganti Velg

Modifikasi Daihatsu Zebra Espass

Perhatikan PCD velg untuk Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra Espass adalah mobil rakitan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang sudah ada sejak tahun 1995. Mobil ini menggantikan Daihatsu Hijet yang dulunya juga sangat diminati masyarakat Indonesia. Mesinnya ada yang 1.300 cc dan ada yang 1.600 cc. Meskipun mesinnya tergolong mudah dalam perawatan, namun untuk sektor kaki-kaki, Daihatsu Zebra menggunakan ukuran PCD velg yang cukup langka yakni 4x110.

Tidak terlalu banyak velg aftermarket yang menyediakan ukuran ini. Namun umumnya beberapa pemilik Daihatsu Zebra Espass mengganti velg dengan memaksakan velg aftermarket atau velg mobil lain yang ber-PCD 4x100. Caranya lubang baut velg sedikit dilebarkan atau saat memasukkan velg ke lubang baut roda sedikit di dorong dengan kuat. Cara ini dianggap paling manjur untuk mengatasi kelangkaan velg dengan PCD yang serupa kepunyaan Daihatsu Zebra.

>>> 5 Trik Modifikasi Mobil Escudo dan Vitara Biar Lebih Gagah    

2. Pasang Cutting Sticker Mobil Zebra

Modifikasi Daihatsu Zebra sticker

Aksen cutting sticker bikin penampilan mobil lebih menarik

Cara kedua yang bisa dilakukan saat modifikasi mobil Zebra adalah dengan memasang cutting sticker. Mengingat Zebra tergolong sebagai mobil tua, maka tidak ada salahnya memasang stiker bertema meriah. Supaya stiker tersebut terlihat menonjol dan membuat penampilan mobil jadi berbeda.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan untuk pemasangan cutting sticker ini. Utamakan pilih warna stiker yang dominan kontras dengan warna cat bodi mobil tersebut. Jadi misalkan warna cat mobil sudah hitam, maka sebaiknya pilih stiker warna cerah seperti putih, merah muda, hijau muda, biru muda, atau kuning. Agar gambar stiker bisa terlihat jelas.

3. Daihatsu Zebra Modif Ceper

Modifikasi Daihatsu Zebra ceper

Tak sulit untuk membuat Daihatsu Zebra jadi ceper

Trik membangun mobil Zebra modifikasi berikutnya yang bisa terlihat lebih gaul adalah dengan membuat mobil 7 penumpang ini lebih ceper. Mengingat sistem suspensi Daihatsu Zebra Espass yang masih cukup sederhana, maka cara membuat mobil Zebra modif ceper juga tak terlalu sulit.

Untuk suspensi depan, Anda tinggal mengganti dengan per dari mobil lain atau bisa memotong per standar 1-2 ulir. Sementara untuk suspensi belakang yang masih berjenis leaf spring alias per daun, maka cukup lakukan press atau roll batang per tersebut agar posisinya lebih rata.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

4. Modif Interior Mobil Zebra

Modifikasi Interiro Daihatsu Zebra

Membuat kabin mobil ini jadi mewah juga salah satu trik untuk modifikasi Daihatsu Zebra

Cara selanjutnya untuk modifikasi Daihatsu Zebra Espass adalah dengan menyentuh sektor interior. Buatlah ruang kabin mobil ini jadi semakin nyaman untuk digunakan sehari-hari atau saat berpergian bersama anggota keluarga.

Caranya dengan melapis ulang jok, doortrim, plafon, dan lantai kabin dengan material baru. Anda bisa pilih pelapis dari kulit sintetis yang perawatannya cenderung lebih mudah dari material lain. Sementara pilihan kombinasi warna dan motif jahitannya bisa disesuaikan dengan selera. Atau boleh juga dipadankan dengan warna dari cat eksterior.

>>> 8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

5. Modifikasi Mobil Zebra Pick Up Elegan

Modifikasi Daihatsu Zebra Espass Pick Up

Zebra pick up juga bisa tampil elegan pakai velg besar

Jika Anda punya Daihatsu Zebra yang tipe pick up, tidak ada salahnya juga membuat penampilan mobil tersebut jadi lebih wah. Caranya Anda dapat lakukan beberapa tirk yang sduah kami sebutkan sebelumnya.

Antara lain dengan cara modifikasi mobil Zebra pick up ini dengan mengganti velg standar pakai velg aftermarket yang diameternya lebih besar. Anda bisa pilih velg ukuran ring 15 atau bahkan 16 inci. Lantas bodi mobil dibuat sedikit lebih ceper supaya roda terlihat memenuhi ruang fender. Tapi perlu diingat, saat kondisi sudah ceper, bisa saja kemampuan angkut mobil jadi berkurang.

6. Modifikasi Mobil Zebra Espass Pick Up Pakai Bodykit

Modifikasi Daihatsu Zebra Pick Up Bodykit

Pakai bodykit, Zebra pick up terlihat lebih keren

Modifikasi mobil Zebra Espass pick up berikutnya bisa juga dengan trik memasang bodykit di mobil pengangkut tersebut. Bodykit untuk Zebra pick up modif ini bisa Anda pesan di bengkel-bengkel spesialis penyedia bodykit mobil.

Dengan modif mobil Zebra pick up pakai bodykit, maka mobil akan terlihat lebih ceper dari kondisi standar, meskipun sektor kaki-kaki belum tersentuh modifikasi. Tentunya langkah modif Zebra pick up seperti ini cocok jika ingin kemampuan angkut mobil tersebut masih tetap seperti sedia kala.

>>> Review Daihatsu Hi-Max PU 1.0 STD AC PS 2016: Andalkan Dimensi Mungil

7. Modif Zebra Pick Up Extreme

Modifikasi Daihatsu Zebra extreme 6 roda

Kalau sudah dibuat ekstrim dengan 6 roda ini sepertinya hanya cocok untuk kebutuhan kontes

Langkah pamungkas untuk modifikasi mobil Zebra biar tampil beda adalah modif mobil Zerba tersebut dengan konsep ekstrim. Misalnya Daihatsu Zebra pick up modif dengan bodykit yang mengeliling seluruh tubuhnya serta dipasang velg aftermarket dengan ukuran cukup lebar atau bahkan rodanya ditambah jadi 6 roda.

Namun alangkah baiknya Daihatsu Zebra pick up modif ini diterapkan untuk kebutuhan kontes modifikasi saja atau sekedar nongkrong bareng teman-teman. Mengingat dengan konsep modifikasi yang cukup extreme, maka kemampuan mobil untuk mengangkut barang banyak juga sudah tak sebaik sebelumnya.

Itu tadi beberapa inspirasi modifikasi Daihatsu Zebra, baik untuk tipe minivan maupun yang pick up. Semoga ini menjadi masukan terbaik buat Anda.

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya seputar mobil bekas dan mobil baru

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya untuk modifikasi Daihatsu Zebra Espass?
Untuk memodifikasi sebuah Daihatsu Zebra Espass sebenarnya tidak butuh dana cukup banyak apabila konsep modifikasinya masih bisa dipakai untuk harian. Misalnya untuk pasang cutting sticker mulai dari Rp 50.000-an. Sementara untuk dibuat ceper tidak lebih dari Rp 1 juta.
Apakah aksesoris dan suku cadang Daihatsu Zebra masih dijual?
Untuk suku cadang Daihatsu Zebra Espass tentu saja masih banyak dijual di toko-toko penjual suku cadang mobil atau di pusat-pusat penjualan onderdil mobil. Namun untuk aksesoris Daihatsu Zebra, Anda bisa coba hunting di toko-toko online atau bisa custom di bengkel-bengkel modifikasi.
Daihatsu Zebra pick up yang dibuat ceper masih bisa angkut barang?
Untuk modifikasi Daihatsu Zebra pick up yang dibuat ceper sebenanrya masih punya kemampuan untuk mengangkut beban berat. Hanya saja mungkin ban jadi mudah mentok ke ruang fender apabila beban yang diangkutnya terlampau berat. Tapi kalau mobil pick up itu dimodif terlalu ceper, rasanya kendaraan tersebut tak akan sanggup lagi menjalani tugasnya sebagai mobil pengangkut.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top