3 Insipirasi Modifikasi Mobil Taruna yang Paling Keren

05/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Berikut ini adalah beberapa contoh modifikasi mobil Taruna yang bisa membuat penampilan SUV lawas dari Daihatsu itu tampil menarik dan tak kalah dengan SUV keluarga modern saat ini.

Modifikasi mobil Taruna sering kali dilakukan agar compact SUV besutan Daihatsu itu tetap terlihat up to date. Wajar memang, mengingat mobil ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1999 dan kemudian produksinya dihentikan di tahun 2006 seiring Daihatsu yang memunculkan penerusnya yaitu Terios.

Dengan usia yang sudah lebih dari 15 tahun, maka langkah modif mobil Taruna bisa membuat penampilan kendaraan ini tidak kalah dengan SUV keluarga modern lainnya. Mengingat Daihatsu Taruna merupakan mobil yang cukup minim keluhan, sehingga banyak penggunanya yang masih setia memelihara kendaraan tersebut.

Lalu bagaimana trik modifikasi Daihatsu taruna biar terlihat tetap keren walau sudah masuk kategori mobil tua? Berikut kami memiliki beberapa inspirasi konsep modifikasi mobil Taruna yang bakal membuat kendaraan Anda jadi lebih keren.

>>> Harga Naik 5 Juta, Kini Tak Ada Lagi All New Terios Di Bawah 200 Juta

1. Daihatsu Taruna Modifikasi Offroad

Daihatsu Taruna Modifikasi Offroad

Gaya mobil offroad bikin penampilan Daihatsu Taruna makin gagah

Dengan sosoknya sebagai SUV, banyak mobil Taruna modifikasi yang disulap jadi mobil offroad. Walaupun sebenarnya mobil tersebut tidak selalu dipakai di medan-medan ekstrim, bahkan malah masih dipakai harian di perkotaan.

Modif bergaya offroad ini memang membuat penampilan Daihatsu Taruna jadi semakin gagah. Ada pula yang beropini, dengan mobil Taruna modif offroad maka kendaraan ini jadi lebih fleksibel ketika harus menghadapi jalanan yang tidak selamanya beraspal mulus atau malah terkadang terendam genangan air kala hujan lebat.

Fokus modifikasi Taruna bergaya offroad ini ada pada sektor kaki-kaki. Yaitu dengan meninggikan bodi atau suspensi. Caranya bisa mengganjal dengan plat body lift, atau mengganti suspensi yang khusus untuk kebutuhan offroad. Setelah itu bisa ganti velg standar dengan velg aftermarket yang ukurannya sedikit lebih besar, misalnya 16 inci dengan model yang juga bernuansa offroad. Jangan lupa velg itu juga dibalut ban A/T (All Terrain) dengan ukuran cukup besar.

Terakhir jangan lupakan aksesoris penunjang kegiatan offroad, seperti lampu tembak, bemper depan yang diberi pelindung, sampai kawat towing. Ohya, setelah bodi lebih jangkung, jangan lupa juga modifikasi mobil Taruna Anda dengan melindungi bagian kolong mobil dengan plat tambahan supaya aman ketika menerabas kubangan lumpur.

>>> 5 Trik Modifikasi Mobil Escudo dan Vitara Biar Lebih Gagah    

2. Daihatsu Taruna Modifikasi 4x4

Daihatsu Taruna Modifikasi 4x4

Kalau mau piawai dipakai di trek offroad, sebaiknya ubah jadi 4x4

Masih dari modif mobil Taruna bergaya offroad, maka setelah selain bagian suspensi dan kaki-kaki yang digarap, pertimbangkan pula untuk memodifikasi sistem penggerak mobil tersebut. Mengingat untuk kebutuhan offroad, maka mobil ini sebaiknya memiliki sistem penggerak roda 4x4 atau all wheel drive (AWD).

Untuk bisa merubah sistem penggerak roda pada Daihatsu Taruna dari sebelumnya bersistem penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive) menjadi penggerak 4x4, maka Anda harus memasang gardan tambahan di depan. Mengingat tidak ada Daihatsu Taruna di Indonesia yang menggunakan sistem penggerak roda 4x4, maka Anda wajib mencari gardan copotan dari mobil lain.

Umumnya, untuk mewujudkan modifikasi Daihatsu Taruna dari 2WD menjadi 4WD, ada yang menggunakan gardan milik Chevrolet Trooper. Namun pemasangan ini tidak bisa plug and play karena butuh penyesuaian secara custom. Supaya proses pemasangan aman, Anda bisa tunjuk bengkel-bengkel spesialis 4x4 untuk merubah sistem penggerak roda di Daihatsu Taruna.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

3. Daihatsu Taruna Modifikasi Ceper

Daihatsu Taruna Modifikasi Ceper

Tampil elegan dengan velg besar

Kalau konsep modifikasi mobil Taruna yang terakhir ini kebalikan dari konsep mobil Taruna modif sebelumnya. Sebab untuk cara yang satu ini, mobil malah dibuat serendah mungkin jaraknya dengan permukaan aspal.

Untuk bisa membuat Daihatsu Taruna lebih ceper ada dua cara. Pertama yaitu memotor ulir per standar dan masih tetap menggunakan shock bawaan. Namun cara ini lumayan berisiko, karena jarak ulir per yang dipotong harus diukur dengan tepat supaya bantingan mobil tidak terlalu keras. Selain itu karet stoper juga sebaiknya diganti.

Cara kedua adalah dengan mengganti per dan shock standar dengan komponen dari mobil lain. Untuk mendapatkan racikan yang pas mengenai per dan shock mobil apa yang cocok untuk Daihatsu Taruna, Anda harus berkonsultasi dengan bengkel kaki-kaki mobil yang sudah terbiasa melakukan modifikasi mobil ceper. Untuk yang tinggal di Jakarta misalnya, bisa ke bengkel Ceper Baru "Babe" di Jalan H. Nawi Raya, Jakarta Selatan, atau di Bengkel Jaya Spring yang lokasinya juga masih ada di seputaran Jalan H.Nawi Raya.

>>> Review Daihatsu Taruna FGX Oxxy 2005: Cikal Bakal Low SUV Terpopuler di Indonesia

Setelah posisi mobil lebih rendah dari sebelumnya, maka Anda bisa lakukan langkah modifikasi mobil Taruna berikutnya yaitu memasang velg dengan diameter lebih besar. Namun perhatikan dulu spesifikasi velg bawaan dari Daihatsu Taruna. Adapun Daihatsu membekali mobil ini dengan velg berukurn 15 inci lebar 5,5 inci offset 38 dan PCD 5x114. Kalau mau upgrade velg standar ini, bisa naik maksimal pakai ring 17 lebar 7 dengan offset 42-38, serta jangan lupa PCD-nya wajib 5x114. Dengan ukuran velg seperti itu, maka posisi velg dan ban tidak akan terlalu keluar bibir fender mobil.

Terakhir, biar penampilan mobil makin klimis, maka sebaiknya aksen yang tidak sewarna dengan cat bodi dihilangkan. Misalnya jika bemper aslinya berwarna silver lebih baik cat ulang dengan warna yang seragam dengan bodi, termasuk hilangkan juga decal cutting sticker yang mungkin ada.

Nah itu tadi beberapa tips untuk modifikasi mobil Taruna biar terlihat tetap keren dan gak kalah dengan SUV modern saat ini. Selamat berkreatifitas!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya bikin Daihatsu Taruna modif offroad?
Untuk membuat Daihatsu Taruna bergaya mobil offroad sebenarnya dilihat dulu pada kebutuhannya. Misalnya kalau hanya ingin tmapilan mobil jadi lebih tinggi dan pakai ban besar, maka cukup ubah sektor suspensi dan penggantian ban serta velg. Untuk tahap sederhana ini bisa sediakan dana minimal Rp 15 juta. Tapi kalau mau dilengkapi dengan aksesoris offroad, maka dana yang dibutuhkan lebih besar dari itu.
Berapa biaya bikin Daihatsu Taruna jadi 4x4?
Merubah sistem penggerak roda pada Daihatsu Taruna juga tergantung pada gardan yang akan dipasang di mobil tersebut. Untuk lebih jelasnya Anda datangi saja bengkel-bengkel yang terbiasa membangun mobil offroad.
Berapa biaya bikin Daihatsu Taruna jadi ceper?
Untuk membuat Daihatsu Taruna jadi ceper, cara paling murah adalah memotong per tersebut beberapa ulir. Tapi kalau mau lebih safety, bisa ganti dengan per dan shock milik mobil lain. Tentunya harga komponen dan biaya pemasangan tergantung dari masing-masing bengkel suspensi mobil. tapi sebaiknya cari bengkel yang sudah berpengalaman modifikasi mobil ceper.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top