Trik Modifikasi Mobil Pick Up Biar Terlihat Gaul

28/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Modifikasi mobil pick up terkadang lebih leluasa dalam menyalurkan ekspresi dibanding mobil penumpang. Karena sepertinya semakin meriah penampilan mobil pick up tersebut, semakin dipuji banyak orang.

Modifikasi mobil pick up memang cukup berbeda dibanding modifikasi mobil jenis lain. Karena umumnya pemilik mobil angkutan barang ini cukup percaya diri dengan apa yang mereka lakukan pada kendaraannya. Padahal sering kali, hasil modifikasi mobil pick up mengundang banyak perhatian orang saat mobil tersebut dipakai melintas di jalan raya.

Mobil dibuat ceper, body tertutup cutting stiker, sampai pakai audio system menggelegar lengkap dengan warna-warni lampu yang menyala kelap kelip, kontan saja menyulut perhatian orang lain. Walau begitu seringkali ada kisah unik saat proses pengerjaan modifikasi yang dilakukan para pemilik mobil pick up tersebut. Ada yang dimodif dengan tema sesuai warna kesukaan buah hatinya, ada yang sengaja tampil semeriah mungkin, bahkan ada yang sampai menggunakan komponen yang sering terpasang di mobil mewah.

Berbagai alasan yang menggelitik inilah yang membuat Cintamobil.com menarik untuk kembali membahas mengenai modifikasi pada kendaraan jenis pick up. Namun kali ini yang akan diulas adalah apa saja yang bisa dilakukan untuk modifikasi mobil pick up supaya terlihat keren dan meriah.

1. Pasang Cutting Stiker Bertema Meriah

Modifikasi Pick Up L300

Pasang cutting stiker seluruh bodi seperti ini juga lazim di mobil pick up

Langkah paling mudah saat hendak modifikasi mobil pick up adalah dengan menempelkan cutting stiker. Stiker ini boleh bertema tokoh animasi, karakter super hero, toko dalam film hollywood, atau grafis-grafis lain bertema racing.

Kemudian supaya stiker ini terlihat dominan untuk merubah penampilan eksterior mobil, pilihlah warna yang lebih kontras dari warna dasar cat mobil tersebut. Misalnya kalau cat mobil hitam, maka bisa pilih warna stiker putih, merah tua, kuning tua, hijau tua, atau mungkin warna-warna lebih meriah seperti merah muda atau hijau muda.

Lalu biar semakin meriah lagi, usahakan media yang ditempeli stiker juga cukup lebar. Misalnya semua bagian depan mobil, di sebagian besar pintu, serta di bodi bak belakang.

>>> Tips Cara Modifikasi Mobil Pick Up Futura

2. Ganti Velg Lebih Besar

Modifikasi Pick Up Ekstrim 6 roda

Pick Up juga bisa tampil ekstrim pakai 6 roda

Poin selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat modifikasi pick up misalnya modifikasi mobil pick up T120SS adalah mengganti velg standar mobil. Anda bisa pakai velg aftermarket atau velg bawaan dari mobil lain. Kalau dana yang disiapkan cukup besar, bisa incar velg-velg baru, tapi kalau terbatas, velg bekas yang masih berkualitas pun layak dipinang. Ohya siapkan juga dana untuk membeli bannya ya.

Tapi sebelum ganti velg standar, perhatikan dulu spesifikasi velg mobil pick up Anda seperti ukuran PCD (Pitch Circle Diameter), jumlah lubang baut velg, ukuran diameter velg, serta lebar velg. Misalnya untuk Mitsubishi Colt T120SS punya empat lubang baut velg dengan ukuran PCD 4x114,3, serta diameter velg standar 13 inci, dengan lebar 5 inci.

Jika velg itu ingin diganti namun tanpa merubah struktur suspensi bawaan dari kendaraan tersebut, bisa pilih velg dengan ukuran naik 2 step dari ukuran standar. Misalnya ukuran standar 13 inci maka bisa pilih velg maksimal 15 inci dengan lebar maksimal 7 inci. Namun pastikan velg tersebut juga punya ukuran PCD yang sesuai dengan PCD mobil Anda.

Kalau memang ingin pasang velg dengan ukuran di atas 15 inci, misalnya 16-17 inci, maka risikonya adalah velg dan ban kemungkinan akan membentur bagian fender saat mobil membawa beban yang berat.

>>> Trik Modifikasi Mobil Avanza Simple Tapi Keren

3. Ubah Suspensi Biar Ceper

Modifikasi Pick Up Gaul

Pick up kecil juga bisa tampil centil

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan saat memodifikasi sebuah mobil pick up adalah memodifikasi bagian suspensi supaya posisi bodi lebih rendah ke aspal. Teknik membuat ceper mobil pick up ini juga sebenarnya tak sulit untuk dilakukan.

Misalnya ketika hendak modifikasi mobil pick up T120SS ceper, maka yang perlu diperhatikan adalah model suspensi untuk kaki-kaki bagian depan dan belakang mobil. Suspensi depan dari Mitsubishi Colt T120SS pakai model coil spring atau sering juga disebut pegas ulir atau per keong. Sementara untuk suspensi belakang menggunakan leaf spring alias per daun.

Kalau mau modifikasi mobil pick up T120SS ceper bisa potong ulir pada per depan sesuai kebutuhan. Semakin panjang ulir yang dipotong, maka semakin ceper nantinya mobil tersebut. Atau bisa juga melakukan subtitusi per depan dengan per aftermarket. Kalau mau hemat, ada opsi ganti dengan per depan mobil lain yang cocok dengan sistem suspensi di Colt T120SS. Satu diantaranya bisa pakai per dari Suzuki Carry 1.000 cc yang memiliki jumlah ulir lebih sedikit dari per Colt T120SS.

Sedangkan untuk per belakang cukup lakukan press per atau roll per tersebut. Teknik ini untuk membuat lengkungan setiap batang per menjadi lebih lurus. Gunanya tentu saja agar ketinggian bodi mobil lebih pendek ke aspal dari sebelumnya. Dan biaya untuk press per daun ini juga tidak mahal kok, serta semua bengkel kaki-kaki mobil bisa mengerjakan.

4. Pasang Audio System

Modifikasi Audio Moibl Pick Up

Dengan aduio seperti ini, dijamin suaranya lebih dahsyat

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan saat hendak modifikasi mobil pick up misalnya Daihatsu Zebra pick up adalah dengan upgrade sistem audio di mobil tersebut. Tujuannya tentu untuk menciptakan suara yang lebih dahsyat dibanding kondisi sebelumnya.

Adapun perangkat yang perlu Anda siapkan saat hendak modif mobil Zebra pick up di bagian audio yakni head unit, speaker, tweeter, dan subwoofer. Untuk head unit, kalau mau yang berharga terjangkau bisa pilih model single din namun dengan fitur cukup lengkap seperti ada pemutar CD, MP3, DVD, serta slot USB dan Aux-in. Namun kalau mau yang sudah pakai layar sentuh bisa pilih yang sudah dibekali sistem operasi Android agar lebih leluasa menjalankan berbagai aplikasi pintar lainnya.

Sementara itu untuk speaker, Anda bisa pilih yang model coaxial atau bersistem 3 way. Jika ingin yang 3 way maka tentu butuh tweeter tambahan yang penempatannya bisa di atas dashboard atau di pilar A. Terakhir perlu juga dipasang subwoofer. Kalau mau ringkas tentu pasang subwoofer aktif ukuran 10 inci. Tapi kalau mau subwoofer 12 inci dengan box custom pun tidak maslaah, namun dibutuhkan power amplifier tambahan untuk mendukung kinerja komponen tersebut.

>>> Begini Referensi Modifikasi Mobil Civic Biar Makin Kece​​​​​​​

5. Modifikasi Interior

Modifikasi Jok Mobil Pick Up

Kalau interiornya sudah seperti ini serasa bukan mobil pick up lagi

Terakhir untuk modifikasi pick up, bisa buat suasana kabin kendaraan tersebut jadi lebih mewah. Misalnya dengan modifikasi jok, doortrim, plafon, bahkan modifikasi dasbor mobil pick up. Semua ini agar selaras antara penampilan luar mobil yang sudah ceper dan meriah berkat pemasangan cutting stiker, serta sistem tata suara yang juga sudah menggelegar.

Contoh modifikasi jok mobil pick up bisa dengan membuatnya jadi model sofa atau sekedar melapis ulang jok tersebut dengan cover jok baru menggunakan teknik jahitan permanen alias jok paten. Motif jahitan serta kombinasi warna pelapis jok jelas disesuaikan dengan selera Anda. Namun tidak ada salahnya jika mencocokkan pula dengan tema warna cutting stiker yang dominan dipakai.

Kemudian untuk bisa meletakkan komponen audio baru yang sudah terpasang, maka modifikasi dasbor mobil pick up pun dapat memperhitungkan posisi komponen-komponen pengeras suara dari head unit tersebut. Misalnya dengan mempertimbangkan posisi head unit, speaker, tweeter di dasbor, sampai posisi subwoofer dan power amplifier pada bagain kolong dasbor. Setelah modifikasi dasbor mobil pick up ini selesai, maka bisa bungkus ulang dengan material yang sama dengan yang digunakan untuk pelapis jok dan doortirm.

Nah kalau eksterior dan interior sudah tampil meriah, kami jamin hasil modifikasi mobil pick up Anda itu akan mengundang banyak perhatian orang di jalan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja bagian mobil yang bisa dimodifikasi?
Sebenarnya hamoir seluruh komponen pada mobil bisa dimodifikasi, tergantung kebutuhan dan selera si pemilik mobil.
Berapa biaya modifikasi mobil?
Biaya modifikasi mobil juga tidak bsia disama ratakan. Ada yang hanay puluhan ribu rupiah, sampai ratusan juta rupiah. Semua tergantung dari komponen yang akan dimodifikasi.
Apa saja mobil pick up di Indonesia?
Mobil pick up di Indonesia cukup banyak, seperti Chevrolet LUV, Daihatsu Zebra, Daihatsu Gran Max, Daihatsu HiMax, Mitsubishi Colt T120SS, Mitsubishi L300, atau Suzuki Carry. Belum lagi yang masuk kategori pick up kabin ganda seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, atau Nissan Navara.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top