Cara Modifikasi Mobil Panther Supaya Jadi Keren dan Gagah

20/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Cara Modifikasi Mobil Panther Supaya Jadi Keren dan Gagah
Modifikasi mobil Panther sebenarnya tidak perlu terlalu berlebihan, karena pada dasarnya mobil ini sudah cukup tangguh dan minim perawatan. Sehingga jangan sampai hasil modifnya malah merusak ketangguhan dari kendaraan tersebut.

Modifikasi mobil Panther bisa dilakukan dengan berbagai tema sesuai selera pemilik kendaraan tersebut. Namun umumnya ada beberapa tema umum yang dilakoni para pemilik kendaraan ini. Antara lain dibuat ala mobil offroad, atau malah dibuat lebih ceper.

Tentunya modif mobil Panther semuanya berkiblat guna menjadikan Si Rajanya Diesel itu tampil lebih menarik. Mengingat mobil yang sudah disuntik mati oleh Isuzu Indonesia itu beberapa diantaranya tergolong dalam mobil lawas, alias motuba (mobil tua bangka). Sehingga denagn modifikasi, diharapkan mobil ini tak kalah dengan MPV modern.

Sebagai catatan, Isuzu pertama kali memproduksi Panther pada tahun 1991. Saat itu mobil ini diposisikan untuk menyaingi populasi Toyota Kijang yang sudah meraja lela di Indonesia. Bedanya, Panther menggunakan mesin diesel dan tidak ada varian bermesin bensin. Alhasil, mereka yang mencari mobil keluarga tangguh, bermesin diesel dan harganya cukup terjangkau dimasanya, banyak yang beralih ke Isuzu Panther.

Nah seperti apa trik modifikasi mobil Panther biar terlihat makin keren? Berikut ini kami akan ulas apa saja yang bisa Anda lakukan saat ingin modif Isuzu Panther.

>>> Lika-liku Perjalanan Isuzu Panther di Tengah Sengitnya Persaingan MPV

Modifikasi Panther Kotak Ceper

Modifikasi Isuzu Panther Ceper

Bikin ceper Isuzu Panther tidak sulit kok

Cara paling mudah dan murah untuk modifikasi mobil Panther supaya biar terlihat lebih keren adalah dengan membuatnya lebih ceper. Mengingat untuk menjadikan bodi mobil ini lebih dekat ke aspal, teknik yang dilakukan cukup mudah dan murah. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah jika memiliki peralatan yang dibutuhkan.

Untuk suspensi depan misalnya, Anda tinggal putar baut torsi di kendaraan tersebut. Caranya, terlebih dulu roda bagian depan di dongkrak, nantinya di dekat sasis bagian depan ada dua buah mur dan baut. Itulah setelan torsi untuk roda depan Isuzu Panther lawas.

Untuk menyetel torsi ini Anda harus kendurkan dulu mur penguncinya yang ada di bagian bawah, baru bisa lakukan penyetelan ketinggian suspensi dari mur yang ada di atasnya. Supaya bisa menurunkan suspensi depan, tinggal kendurkan mur torsi, sementara jika dikencangkan atau di putar searah jarum jam, maka suspensi jadi lebih tinggi. Anda bisa lakukan sisi kiri atau kanan terlebih dulu, namun pastikan ketinggian putaran setelan torsi antara kiri dan kanan sama rata.

Sementara untuk suspensi belakang Isuzu Panther yang masih berjenis leaf spring alias per daun, Anda tinggal melakukan pres lembaran per ini. Hampir semua bengkel kaki-kaki atau suspensi mobil bisa kok mengerjakan hal tersebut. Biayanya juga terjangkau berkisar Rp 350.000 per per. Dan proses pengerjaannya cuma membutuhkan waktu beberapa jam saja termasuk bongkar pasang per tersebut.

>>> Teknik Modif Kijang Super Menolak Tua

Modifikasi Panther Ban Besar Bergaya Offroad

Modifikasi Isuzu Panther Offroad

Ganti velg dan ban lebih besar supaya makin gagah

Cara kedua untuk modifikasi mobil Panther adalah dengan memasang velg dan ban yang ukurannya lebih besar dari ban standar. Teknik modif mobil Panther ini juga terbilang mudah mengingat sebenarnya tak ada yang diubah dari kendaraan tersebut kecuali keempat rodanya.

Umumnya, opsi ganti ban lebih besar ini dilakukan untuk modifikasi Panther kapsul. Mengingat sosok Isuzu Panther generasi ketiga ini sudah dibuat serba membulat dan terlihat modern. Sayangnya, velg dan ban yang digunakan seakan tidak sepadan dengan sosoknya yang sudah cukup gagah. Untuk itulah banyak yang mengganti ban dari mobil ini dengan ukuran lebih besar agar didapat penampilan mobil yang semakin gagah.

Namun kalau mau modifikasi Panther kapsul yang lebih gagah lagi, bisa juga sekalian dilakukan pengantian sistem suspensi di mobil tersebut. Anda bisa pilih shock yang lebih tinggi supaya bodi mobil juga ikutan makin tinggi. Mengenai pilihan shock yang tepat untuk modifikasi Panther Kapsul bergaya offroad, Anda tinggal datang ke bengkel suspensi mobil yang sudah cukup berpengalaman untuk modifikasi mobil-mobil bergaya offroad.

>>> Isuzu Panther Grand Touring vs Kijang Innova Diesel Mana Layak Dibeli?

Modifikasi Panther Turbo Biar Makin Kencang

Modifikasi Mesin Isuzu Panther Turbo

Cukup optimalkan jalur udara masuk dan keluar sudah bikin tenaga mesin melonjak

Apabila Anda memiliki Isuzu Panther yang sudah menggunakan mesin berturbo, maka ada beberapa cara sederhana agar mobil tersebut punya tenaga yang lebih galak. Teknik pertama untuk membangun Panther turbo modifikasi adalah dengan merombak sistem knalpot standar di kendaraan ini.

Untuk Isuzu Panther yang bertransmisi manual, bisa pilih sistem knalpot freeflow, sementara jika matic sebaiknya pakai tambahan resonator. Dengan cara simple ini, tenaga mesin sudah cukup terasa lebih agresif baik di putaran bawah maupun atas.

Tapi kalau mau lebih advance lagi, Anda bisa lakukan sedikit modifikasi di bagian turbo, serta melakukan upgrade intercooler dan memperlancar saluran udara masuk ke ruang mesin. Dengan langkah ini maka mesin akan mendapat psokan udara segar lebih lancar, lantas dikeluarkan dengan sistem knalpot juga yang sudah lebih lapang. Alhasil, Panther turbo modifikasi Anda bisa menyamai mobil-mobil SUV turbo modern yang saat ini juga banyak disentuh modifikasi.

>>> Spesifikasi Dan Harga Lengkap Isuzu Panther 2017: Sang Raja Diesel

Modifikasi Mobil Panther Pick Up juga Bisa Dibuat Keren

Modifikasi Isuzu Panther Pick Up

Untuk Panther pick up sebaiknya jangan terlalu ceper

Jika Anda pemilik Isuzu Panther pick up, jangan kecil hati dulu. Sebab modif mobil Panther yang sudah kami sebutkan sebelumnya bisa juga kok diterapkan pada Panther pick up. Sehingga mobil Anda jadi terlihat lebih keren dari pick up lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, apabila ingin modifikasi mobil Panther pick up ceper, sebaiknya tidak dibuat terlalu ceper. Mengingat kendaraan ini masih akan menjadi mobil pengangkut berbagai barang bawaan.

Nah bagaimana, tidak sulit bukan untuk modif Isuzu Panther biar terlihat lebih keren sekaligus gagah. Karena pada dasarnya mobil ini sudah cukup tangguh dan minim perawatan, sehingga modifikasi yang dilakukan juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan.

>>> Klik tips dan trik untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Isuzu Panther?
Modifikasi mobil tentunya membutuhkan biaya tergantung dari komponen yang akan dimodifikasi. Namun untuk modif Isuzu Panther, sebenarnya tidak diperlukan biaya terlalu tinggi. Mengingat mobil ini sudah cukup tangguh, sehingga modifikasi yang diperlukan sebenarnya cukup sekedar menambah keren tampilannya saja.
Modifikasi Isuzu Panther ban besar pakai ukuran berapa?
Untuk modifikasi velg dan ban pada Isuzu Panther, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Jika mobil lebih banyak dipakai di jalan raya, bisa pilih velg aftermarket ukuran 16-17 inci dengan profil ban yang tidka terlalu besar. Tapi kalau mau sesekali bermain offroad ringan, maka sebaiknya pilih velg 15 inci dengan ban jenis MT atau AT yang bertapak kasar. Jangan lupa tinggikan juga suspensinya supaya ban tidak mentok ke ruang fender.
Bisakah modifikasi mesin Isuzu Panther lama jadi turbo?
Jika ingin memodifikasi meisn Isuzu Panther lama yang belum dilengkapi turbo dan hendak memasnag turbo sebenarnya bisa saja. Tapi akana da beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan di mesin tersebut. Sehingga rasanya lebih mudah jika melakukan opsi engine swap dengan memakai mesin Panther yang sudah dilengkapi turbo, misalnya dari tipe Panther Touring.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Trik Modifikasi Mobil Ayla yang Keren Tapi Low Budget

18/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Ayla yang keren tidak harus membutuhkan biaya sangat mahal. Karena dengan mengetahui beberapa trik dan melakukan kombinasi yang tepat, bisa kok tamoil keren tapi berbiaya rendah.

Lihat juga

Inspirasi Modifikasi Suzuki Carry 1.0 Minibus yang Gaul

16/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Suzuki Carry 1.0 minibus bisa dilakukan untuk membuat kendaraan tersebut terlihat tetap menarik seiring usianya yang tak lagi muda. Nah berikut ini beberapa tipsnya untuk mengubah minibus legendaris dari Suzuki itu.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mobilio yang Simple dan Elegan Buat Harian

14/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Mobilio yang kami sarankan berikut ini cukup simple dan mudah untuk dilakukan tapi tetap terlihat elegan dan masih cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari maupun saat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Lihat juga

Inspirasi Modifikasi Mobil Feroza, Bisa Elegan atau Offroad

03/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Feroza bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun umumnya ada yang diubah bertema elegan atau dibuat ala mobil offroad. Nah berikut ini triknya kalau mau modif Daihatsu Feroza.

Lihat juga

Tips Modifikasi Mobil Gran Max Biar Tampil Wah Tapi Murah

30/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Gran Max juga bisa tampil lebih mewah namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Jika menggunakan komposisi yang pas, mobil pekerja ini juga dapat disulap jadi lebih wah.

Lihat juga
 
back to top