6 Konsep Modifikasi Mobil Mazda Sedan dan Hatchback

20/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
6 Konsep Modifikasi Mobil Mazda Sedan dan Hatchback
Modifikasi mobil Mazda berikut ini merupakan beberapa konsep modifikasi untuk mobil Mazda jenis hatchbck maupun sedan, seperti Mazda 323, Mazda MR90, dan Mazda 2.

Modifikasi mobil Mazda baik untuk Mazda tipe sedan maupun hatchback sangat banyak ragamnya. Mengingat Mazda juga telah mengeluarkan banyak sekali tipe untuk konsumen di Indonesia. Mulai dari yang sudah lawas seperti Mazda 323, Mazda MR 90, hingga yang terbaru contohnya Mazda 2 Skyactive.

Penggemar Mazda di Indonesia memang tidak sedikit, sebab Mazda dikenal sebagai pembuat mobil yang menyajikan produk-produk berkualitas. Bahkan terkadang produk-produk yang disodorkan oleh brand Jepang ini sedikit di atas kualitas kompetitor lainnya. Jadi tak heran kalau harga mobil-mobil Mazda juga ada yang lebih tinggi dibanding rivalnya.

Selain soal kenyamanan, kelengkapan fitur, dan build quality mobil Mazda yang cenderung lebih baik diantara mobil-mobil Jepang di kelasnya, ternyata konsep modifikasi dari para pemilik Mazda ini juga cukup beragam. Ada yang sekedar ganti velg, dibuat lebih ceper, pasang suspensi udara, dan masih banyak lagi. Nah kali ini Cintamobil.com akan berikan beberapa konsep modif mobil Mazda yang bisa Anda tiru, baik untuk modif mobil sedan Mazda seperti modifikasi mobil Mazda 323, atau modif mobil Mazda 2 hatchback.

>>> 20 Merek Terlaris Bulan November 2020, Mazda Masuk 10 Besar

1. Modifikasi Mobil Mazda 323 Interplay Keren Dibuat Ceper

Modifikasi Mazda 323 Interplay Ceper

Mazda 323 tak kalah keren dibanding sedan modern

Keluarga Mazda 323 yang hadir di Indonesia memang cukup banyak ragam variannya. Diantaranya yakni Mazda 323 Interplay yang muncul di era tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Meskipun bukan tergolong mobil baru, nyatanya sedan ini masih layak dipermak penampilannya jadi lebih keren dengan kombinasi pemasangan komponen modifikasi yang tepat.

Beberapa hasil modif sedan Mazda yang satu ini antara lain mobil yang sudah dibuat lebih ceper. Caranya dengan melakukan custom per mobil tersebut, atau menggantinya dengan per aftermarket. Selain itu, velg standar juga wajib diganti dengan diameter lebih besar.

>>> Inspirasi Modifikasi Mitsubishi Kuda, Pilih Ceper atau Jangkung?

2. Modifikasi Mobil Mazda Familia Racing Look

Modifikasi Mazda 323 Familia Racing

Sedan lawas Mazda masih terlihat keren jiak sudah dimodif seperti ini

Masih dari keluarga Mazda 323, beberapa modifikasi mobil Mazda 323 menyentuh juga tipe Mazda Familia. Umumnya modif mobil Mazda 323 Familia ini dibuat elegan atau malah racing look. Tentu saja semua dikembalikan lagi pada selera si pemilik mobil.

Untuk gaya modif mobil Mazda 323 Familia berkonsep elegan, maka langkah yang dilakukan adalah memasang velg ukuran besar, bemper depan dan belakang ditambah bodykit, dan mobil dibuat ceper. Sementara jika konsep modif mobil Mazda 323 Familia bergaya racing look, maka umumnya di bagain belakang di pasang juga wing tambahan, serta beberapa aksesoris lain bertema sporty.

>>> Kenali & Pahami Fitur Sistem Infotainment Canggih MZD Connect dari Mazda

3. Modifikasi Mobil Mazda MR 90

Modifikasi Mazda MR90

Pemilik Mazda MR90 ada juga yang memilih gaya original untuk mobilnya

Mobil Mazda lawas berikutnya yang juga masih diminati dan banyak tersentuh kreatifitas modifikasi adalah Mazda MR90. Sebagai catatan, nama MR90 merupakan singkatan dari Mobil Rakyat 90, karena saat itu Mazda MR90 hadir sebagai pesaing Toyota Kijang di era tahun 1990-an.

Modifikasi Mazda MR90 juga cukup beragam. Ada yang memilih hanya mengembalikan kondisinya seperti pada masa jayanya dulu, modif simple cukup ganti velg, sampai modifikasi yang terbilang ektrim untuk dijadikan mobil slalom atau mobil drag race.

>>> 7 Cara Modifikasi Mobil Zebra Espass Biar Gak Kalah Gaul

4. Modifikasi Mazda 2 2010 Simple Elegan

Modifiaksi Mazda 2 2010

Ganti velg, ceper, pakai wrapping sticker, bikin Mazda 2 makin keren

Mobil Mazda di era modern yang populasinya cukup besar adalah Mazda 2. Mobil ini pertama kali masuk Indonesia di tahun 2009 dalam bentuk hatchback. Lantas Mazda menyodorkan pula varian sedan dari Mazda 2.

Mengingat populasinya yang banyak, maka ragam konsep modifikasi mobil Mazda 2 juga sangat variatif. Satu diantaraya berkonsep simple tapi elegan. Yaitu cukup dengan mengganti velg dengan ukuran lebih besar, mobil yang dibuat lebih ceper, dan melakukan permainan stiker misalnya dengan teknik wrapping atau cutting sticker.

>>> Review Mazda 2 Elite 2020: Trim Terlengkap Hadir Kembali

5. Modifikasi Mazda 2 2015 Street Racing

Modifikasi Mazda 2 Racing

Gaya street racing juga diminati pengguna Mazda 2 di Indonesia

Mulai tahun 2014, Mazda memperkenalkan generasi terbaru Mazda2. Mobil ini lantas dikenal juga dengan nama Mazda 2 Skyactive. Hal ini karena mesin yang digunakan pada hatchback Mazda tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru yang dinamakan Skyactive-G.

Nah bicara modifikasi mobil Mazda 2 untuk yang model generasi kedua ini juga ragam variannya cukup banyak. Satu diantaranya bertema street racing. Yaitu mobil dipasang beberapa aksesoris yang bernuansa sporty, termasuk pemasangan bodykit pada bemper depan serta bemper belakang, dan rear spoiler yang punya sudut-sudut lancip.

6. Modifikasi Mazda 2 Skyactive Stance

Modifikasi Mazda 2 Skyactive Stance

Biar bisa ceper maksimal, umumnya pasang coilover atau suspensi udara

Kalau konsep modifikasi mobil Mazda 2 yang satu ini rasanya sedang digandrungi kaula muda. Mengingat modifikasi stance memang kini tengah naik daun. Pemasangan aksesoris di mobil tersebut sebenarnya cukup simple, tapi tampilan mobil bisa membuat decak kagum.

Bagaimana tidak, modifikasi bergaya stance biasanya membuat mobil begitu dekat dengan aspal, bahkan ada yang hanya menyisakan satu ruas jari saja. Membuat ceper Mazda 2 ini pun bisa berbagai cara, muali dari memasang per custom, menggunakan coilover, atau menerapkan suspensi udara. Kemudian selain tubuhnya sudah sangat ceper, mobil juga terpasang velg diameter lebar yang umumnya menggunakan brand-brand velg kenamaan dunia. Ini agar kesan elegan juag bisa mencuat.

Itu tadi beberapa cara modif mobil sedan Mazda maupun hatchback Mazda. Tentunya agar mendapatkan hasil modifikasi yang sesuai keinginan Anda, sebaiknya pilih bengkel modifikasi yang sduah berpengalaman dan punya reputasi baik di bidangnya.

>>> Jangan lupa klik juga tips dan trik karena banyak informasi menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimana beli aksesoris modifikasi Mazda MR90?
Aksesoris maupun komponen untuk modifikasi Mazda MR90 bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual khusus onderdil Mazda. Atau bisa juga cari di toko-toko online yang ada di market place di Indonesia. Jika tidak ada yang sesuai, maka satu-satunya cara Anda lakukan custom dengan menyesuaikan bentuk yanga da di Mazda MR90 tersebut.
Bisakah Mazda Interplay, Familia, atau Lantis dibuat lebih kencang?
Sebenarnya modifikasi pada sektor mesin bisa dilakukan untuk semua jenis mobil, begitu pula pada keluarga Mazda 323. Paling mudah adalah membuat jalur udara masuk dan keluar mesin yang lebih lancar, serta memperbaiki sistem pembakaran dan pendinginan, agar kinerja mesin jadi lebih optimal. Apabila mesin sudah sehat, baru lakukan step modifikasi berikutnya.
Berapa biaya bikin ceper Mazda 2?
Trik untuk membuat ceper Mazda 2 ada beberapa cara yang tentunya ini mempengaruhi biaya untuk proses pengerjaan yang dilakukan. cara paling mudah dan murah adalah memotong per bawaan mobil itu beberapa ulir tergantung kebutuhan tingkat ceper yang diinginkan. Kedua pasang per aftermarket misalnya keluaran Tein atau Eibach. Ketiga pasang coilover,dan yang terakhir yang paling mahal adalah pasang suspensi udara.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Modifikasi Mobilio yang Simple dan Elegan Buat Harian

14/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi Mobilio yang kami sarankan berikut ini cukup simple dan mudah untuk dilakukan tapi tetap terlihat elegan dan masih cukup nyaman untuk dipakai sehari-hari maupun saat liburan akhir pekan bersama keluarga.

Lihat juga

10 Inspirasi Modifikasi Mobil Corolla Berbagai Generasi

23/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Corolla berikut ini kami pilihkan dari beberapa generasi Toyota Corolla, mulai dari Corolla DX hingga Corolla Altis. Dengan pertimbangan, populasi mobil-mobil tersebut masih sangat banyak di Indonesia.

Lihat juga

Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

08/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini tim Cintamobil.com akan membagikan tips modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masih aman untuk pemakaian sehari-hari serta tidak merubah suspensi standar dari mobil tersebut.

Lihat juga

8 Referensi Mobil Sedan Modifikasi yang Keren

08/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Mobil sedan modifikasi berikut ini kami pilihkan dari beberapa merk mobil yang ada di Indonesia, supaya bisa menjadi inspirasi Anda saat hendak memodifikasi mobil jenis sedan.

Lihat juga

Trik Modifikasi Mobil Ayla yang Keren Tapi Low Budget

18/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Ayla yang keren tidak harus membutuhkan biaya sangat mahal. Karena dengan mengetahui beberapa trik dan melakukan kombinasi yang tepat, bisa kok tamoil keren tapi berbiaya rendah.

Lihat juga
 
back to top