Trik Modifikasi Mobil Luxio Jadi Semewah Alphard

05/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Trik Modifikasi Mobil Luxio Jadi Semewah Alphard
Berikut ini adalah beberapa cara untuk modifikasi mobil Luxio biar terlihat makin mewah, baik untuk tampilan eksteriornya maupun di ruang kabinnya. Karena teryata MPV berbentuk boxy ini juga bisa dibuat jadi mewah.

Modifikasi mobil Luxio banyak dilakukan pemilik MPV (Multi Purpose Vehicle) asal Daihatsu ini. Dengan bentuknya yang mengkotak alias boxy, ternyata malah menjadi kelebihan dari Daihatsu Luxio. Sebab mobil ini bisa disulap ala MPV premium yang umumnya juga berdesain boxy.

Tentunya untuk merubah sebuah Daihatsu Luxio jadi terlihat makin mewah, sebaiknya bukan hanya memperhatikan sisi eksteriornya saja. Namun modif mobil Luxio di bagian interior juga wajib untuk membuat kabin ini jadi terlihat berkelas.

Lalu gimana triknya supaya bisa modifikasi mobil Luxio biar semewah MPV premium seperti Toyota Alphard? Nih kami berikan beberapa resepnya.

>>> Intip Hasil Update Recall Daihatsu Gran Max Dan Luxio

1. Luxio Modif Velg yang Elegan

Modifikasi Daihatsu Luxio Velg

Luxio maksimal pakai velg ring 17 jika tak ingin merubah suspensi dan ruang fender

Hal pertama yang wajib dilakukan saat modifikasi mobil Luxio agar terlihat makin mewah adalah dari bagian velg. Pastikan velg standar bawaan Daihatsu sudah diganti dengan velg aftermarket atau velg OEM dari mobil lain.

Tapi sebelum ganti velg, ketahui dulu spesifikasi velg standar Daihatsu Luxio. Adapun Daihatsu membekali mobil ini dengan velg diameter 15 inci dengan lebar 5,5 inci dan menggunakan PCD 5x114. Jadi kalau mau ganti velg Luxio, pastikan PCD velg tersebut juga 5x114.

Untuk ukuran velg, Anda bisa pilih mulai dari 15 inci sampai 17 inci. Sementara kalau mau pakai velg-velg OEM mobil lain, bisa juga pakai kepunyaan Honda CR-V atau Civic, Chevrolet Captiva atau Orlando, Hyundai Santafe maupun Tucson, KIA Sportage atau Sorento, mobil-mobil Mazda, atau bahkan velg kepunyaan Jeep Cherokee. Karena semua velg ini pakai PCD serupa Daihatsu Luxio.

>>> Begini Cara Modifikasi APV Biar Penampilannya Jadi Keren

2. Luxio Modif Simple dengan Bodykit

Bodykit Daihatsu Luxio

Cukup bodykit simple mobil jadi terlihat sedikit lebih ceper

Variasi mobil Luxio yang juga bisa ikut mendongkrak penampilan mobil ini jadi lebih mewah adalah memasang bodykit. Namun bodykit yang dipasang sebaiknya jangan yang terlalu ramai. Cukup bodykit berupa lip spoiler untuk bemper depan dan belakang, serta sideskirt. Pemasangannya juga cukup dengan add on bukan yang full bumper.

Dengan pemasangan bodykit ini maka mobil akan terkesan lebih ceper sekaligus terlihat lebih elegan. Sehingga cara ini akan cocok setelah mobil terpasang velg dengan diameter yang lebih lebar.

Untuk mendapatkan bodykit Daihatsu Luxio ini, Anda bisa memesannya melalui bengkel-bengkel khusus modifikasi bodykit. Atau bisa juga cari di beberapa e-commerce yang ada di Indonesia. Harganya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta.

>>> Pilih Mobil Bekas MPV Boxy: Nissan Evalia vs Daihatsu Luxio

3. Ganti Lampu Pakai Projector dan LED

Modifikasi Daihatsu Luxio Head Lamp Custom

Pasang lampu projector custom lengkap dengan LED DRL

Langkah modifikasi mobil Luxio berikutnya yang juga bisa dilakukan untuk membuat mobil ini terlihat lebih mewah adalah dengan memasang variasi mobil Luxio berupa lampu-lampu aftermarket.

Untuk lampu utama misalnya, Anda bisa pasang lampu projector yang sudah dibuat custom. Bila perlu pilih juga yang telah dilengkapi daytime running light (DRL). Sementara untuk lampu belakang, Anda cukup ganti bohlamnya saja menggunakan LED yang cahanya lebih terang tapi lebih hemat daya listrik.

Pemasangan lampu model projector ini umumnya harus dipesan terlebih dulu di bengkel-bengkel modifikasi lampu custom mobil. Adapun harganya dikisaran Rp 4 juta - Rp 6 juta untuk sepasang lampu utama kiri dan kanan.

4. Luxio Modifikasi Stiker Biar Tambah Keren

Modifikasi Daihatsu Luxio Stiker

Tak perlu stiker dengan tema mencolok untuk mendapatkan tampilan Luxio lebih elegan

Mengingat bodi mobil ini yang cukup lebar, maka biar ada sedikit aksen bisa pasang stiker. Modifikasi stiker mobil Luxio ini juga tidak perlu yang terlalu besar atau mencolok. Cukup stiker dengan desain minimalis sudah bisa menambah kesan elegan pada mobil Daihatsu Luxio Anda.

Yang perlu diperhatikan untuk modifikasi stiker mobil Luxio adalah kombinasi antara warna stiker dengan warna bodi mobil. Misalnya kalau ingin modifikasi mobil Luxio warna hitam maka bisa pakai stiker warna terang seperti putih, silver, atau kuning muda. Sebaliknya kalau bodi mobil berwarna terang seperti putih atau silver, maka pilih stiker warna gelap seperti hitam.

Tentunya biar kesan elegan dan mewah tetap didapat, stiker sebaiknya hanya dipasang di bagian tertentu saja. Misalanya pada sisi belakang bodi kiri atau kanan, atau sebagai striping di seputar wilayah pintu.

>>> Review Daihatsu Luxio 2017 Di Indonesia, Harga dan Spesifikasi Lengkap

5. Modifikasi Interior Luxio Biar Mewah dan Nyaman

Modifikasi Interior Daihatsu Luxio

Kabin Daihatsu Luxio bisa dibuat semewah ini

Langkah terakhir untuk modifikasi mobil Luxio terbaru maupun Luxio generasi pertama adalah memperhatikan kondisi kabin mobil ini. Mengingat ruang kabin Daihatsu Luxio yang begitu lapang, maka Anda sebenarnya bisa berkreasi semaksimal mungkin.

Langkah yang bisa dilakukan antara lain dengan memasang jok model captain seat untuk jok baris kedua yang ditambahkan rel sehingga jok bisa dimaju mundurkan dengan jarak cukup jauh. Lantas ruang antara bagian belakang jok baris depan dan jok penumpang tengah, bisa terpasng perangkat hiburan, mulai dari audio system, bahkan bisa juga dipasang TV layar datar.

Jangan lupa semua elemen di ruang kabin ini juga wajib dibalut material kulit agar terlihat lebih mewah. Untuk menciptakan kesan elegan, Anda sebaiknya lakukan kombinasi warna yang tepat. Misalnya hitam dengan sedikit aksen putih jika ingin modifikasi mobil luxio warna hitam senada antara eksterior dan interiornya.

Nah itu dia beberapa trik modifikasi Daihatsu Luxio biar terlihat makin mewah. Tidak sulit bukan?!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya ganti velg Daihatsu Luxio?
Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Daihatsu Luxio tergantung dari ukuran velg tersebut. Semakin besar diameter velg, biasanya harganay semakin mahal. Misalnya mengincar velg ukuran ring 16 produksi Taiwan, maka bisa sediakan dana mulai dari Rp 6 jutaan. Harga ini bisa lebih mahal kalau velg tersbeut keluaran Jepang atau Eropa.
Dimana bisa pasang bodykit untuk Daihatsu Luxio?
Bodykit untuk Diahatsu Luxio bsia didapat melalui toko-toko online yang ada di e-commerce di Indonesia. Sementara proses pemasangannya Anda bisa datang ke bengkel-bengkel body repair mobil. Karena umumnya bodykit yang disediakan belum termasuk pengecatan warna senada body.
Berapa biaya pasang cutting sticker Daihatsu Luxio?
Untuk biaya pemasangan cutting sticker di Daihatsu Luxio juga tergantung dari besarnya stiker dan tingkat kesulitan motif stiker. Kalau hanya stiker berupa stirping bodi berukuran kecil, maka biasanya dipatok harga mulai dari Rp1 00.000-an.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top