10 Inspirasi Modifikasi Mobil Corolla Berbagai Generasi

23/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Corolla berikut ini kami pilihkan dari beberapa generasi Toyota Corolla, mulai dari Corolla DX hingga Corolla Altis. Dengan pertimbangan, populasi mobil-mobil tersebut masih sangat banyak di Indonesia.

Modifikasi mobil Corolla boleh dibilang adalah contoh modifikasi mobil sedan dengan tema yang paling banyak variannya. Ada yang dibuat simple, ada yang bertema elegan, ada pula yang diubah jadi bernuansa sporty, tak sedikit yang berkiblat pada varian Corolla dari negara lain, bahkan ada pula yang berfokus pada ubahan di sektor mesin dan performa.

Kondisi ini mungkin dipicu dari populasi Toyota Corolla yang juga sebagai sedan terlaris di dunia serta telah memiliki berbagai generasi. Dan masyarakat Indonesia pun mempunyai sebagai besar model serta generasi dari Toyota Corolla tersebut.

Sebagai buktinya, Anda bisa lihat betapa banyak yang masih memelihara Corolla DX hingga saat ini. Pemilik Great Corolla pun tak kalah banyaknya, sementara untuk model All New Corolla juga masih banyak unitnya yang mondar-mandr di jalanan kota-kota besar di Nusantara.

Karena banyaknya ragam modifikasi Toyota Corolla inilah, maka Cintamobil.com akan mengulas beberapa hasil modif mobil Corolla dari berbagai generasi sedan Toyota itu.

>>> Lima Fakta Menarik Toyota Corolla, Mobil Paling Laris di Dunia

1. Modifikasi Corolla DX Bergaya Retro

Modifikasi Toyota Corolla DX Retro

Modifikasi yang disesuaikan dengan usia mobil tersebut

Konsep modifikasi mobil sedan Corolla yang pertama kami suguhkan adalah modifikasi mobil Corolla DX. Kebanyakan para pemilik Toyota Corolla generasi keempat ini merubah penampilan mobil yang disesuaikan dengan usia kendaraan tersebut. Artinya mobil dikembalikan kondisinya seperti sedia kala, lantas dipasang berberapa aksesoris yang muncul di era 1980-an atau 1990-an. Misalnya model velg Enkei Formula, pakai spion tanduk, dan mobil dibuat lebih ceper.

2. Modifikasi Mobil Corolla DX Rally Look

Modifikasi Toyota Corolla DX Rally Look

Bergaya ala mobil-mobil yang dipakai balap reli

Selain bergaya retro, ada juga modifikasi mobil Corolla DX yang bertema Rally Look. Ciri khasnya menggunakan velg-velg reli yang terkenal ringan tapi kuat, lalu ditambahkan kepet lumpur. Sementara pada bemper depan juga dipasang tambahan lampu tembak 2 buah, sementara di belakang diberi tambahan aksen ducktail.

>>> Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

3. Modifikasi Corolla Twincam ala Corolla di Negara Lain

Modifikasi Toyota Corolla Twincam JDM USDM

Pakai komponen dan aksesoris Corolla yang ada di negara lain

Toyota Corolla berikutnya yang sampai hari ini masih memiliki populasi cukup banyak adalah Twincam alias Toyota Corolla generasi kelima. Di Jepang dan negara-negara lainnya, mobil ini hadir dengan banyak sekali varian, termasuk model coupe dan wagon. Sementara untuk Indonesia, hanya tipe sedan empat pintu yang masuk. Tak heran, banyak pemilik Corolla Twincam yang lantas modif mobil Corolla mereka bergaya keluarga Corolla AE90 yang dipasarkan di negara lain.

4. Modifikasi Mobil Corolla Twincam Hellaflush

Modifikasi Toyota Corolla Twincam velg

Menjejalkan velg berspesifikasi lebar di ruang fender Corolla Twincam

Masih dari modifikasi mobil sedan Corolla generasi kelima, banyak juga pemilik mobil ini yang merubahnya bergaya modifikasi hellaflush, baik itu static maupun slammed. Ciri khasnya adalah modifikasi mobil sedan Corolla ini dicolok velg dengan diameter besar dan punya lebar agresif. Sehingga ketika terpasang di fender Corolla, maka posisi roda harus sedikit miring supaya tidak mentok di bibir fender.

>>> Mengenal Istilah Offset Pada Velg

5. Toyota Great Corolla Modifikasi JDM atau USDM

Modifikasi Toyota Great Corolla JDM

Pakai bemper.lampu-lampu, dan gril dari Corolla di negara lain

Generasi Toyota Corolla berikutnya yang juga masih digemari dan kerap menjadi mobil bahan modif adalah Corolla generasi ketujuh yang dikenal dengan sebutan Great Corolla (Greco). Adapun salah satu modifikasi mobil Corolla Great ini adalah berkiblat pada Corolla generasi yang sama namun yang dipasarkan di Jepang. Ciri khas modifikasi mobil Corolla Great JDM adalah, bemper depan, gril, dan lampu-lampu diganti kepunyaan Corolla yang ada di Jepang.

6. Modifikasi Corolla Great Simple Elegan

Modifikasi Toyota Corolla Great

Ubahan simple tapi tetap terlihat menarik

Selain dibuat ala Toyota Corolla yang dijual di Jepang, para pengguna Greco juga ada yang modifikasi cukup simple tapi tetap elegan. Umumnya modifikasi mobil Corolla Great ini mengganti bemper depan dengan bemper Corolla yang dipasarkan di Jepang atau Amerika. Namun komponen lainnya di bodi tetap dipertahankan kecuali velg yang juga sudah ikut diganti.

7. Modifikasi Corolla All New JDM

Modifikasi Toyota All New Corolla JDM

Pakai aksesoris yang dimpor langsung dari Jepang

Jepang sepertinya masih tetap jadi kiblat ketika pemilik Toyota Corola hendak memodifikasi mobil kesayangnnya. Sebab modif mobil Corolla generasi kedelapan yang juga dikenal dengan sebutan All New Corolla dan New Corolla, banyak yang mengadopsi mobil yang sama namun hanya dipasarkan di Jepang.

>>> 8 Referensi Mobil Sedan Modifikasi yang Keren

8. Modif All New Corolla Elegan

Modifikasi Toyota All New Corolla Elegan

Mengingat desain mobil ini yang sudah terlihat modern dibandingkan Toyota Corolla generasi-generasi sebelumnya, maka tak jarang juga yang modif Toyota Corolla All New dengan konsep elegan. Biasanya gaya modifikasi ini mobil dipasang velg diameter cukup besar, dibuat ceper, dan ruang kabinnya dibentuk lebih mewah.

9. Modifikasi Corolla Altis Elegan

Modifikasi Toyota Corolla Altis

Bodi sangat ceper berkat pasang suspensi udara

Modifikasi mobil sedan Corolla berikutnya adalah untuk para pemilik corolla Altis. Umumnya pemilik Cotolla Altis generasi pertama ini merubah mobilnya jadi lebih mewah. Misalnya dengan pasang velg besar, bodi mobil lebih ceper dengan penggunaan suspensi udara, serta ruang bagasi yang penuh sesak dengan komponen audio.

>>> Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

10. Modif Mobil Corolla All New Altis

Modifikasi Toyota All New Corolla Altis

Modifiaksi elegan di sedan sporty

Inspirasi modifikasi mobil Corolla yang terakhir kami tujukan bagi para pengguna Toyota All New Corolla Altis, alias Toyota Corolla generasi kesepuluh. Desain mobil ini yang sudah terlihat sangat modern, membuat banyak yang dimodifikasi bergaya elegan tapi tetap ada nuansa sporty.

Itu tadi 10 inspriasi modif mobil corolla yang bisa Anda contek jika memiliki salah satu generasi Toyota Corolla. Smeoga menginspriasi untuk membuat mobil kesayangan jadi lebih ekren ya!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimana bengkel modifiaksi Toyota Corolla DX?
Untuk modifikasi Toyota Corolla DX, Anda bisa menyambangi bengkel-bengkel yang sudah berpengalaman dalam membangun mobil-mobil retro. Bengkel-bengkel ini biasanya akan menemukan racikan yang pas untuk modifikasi mesin serta kaki-kaki di mobil tersebut. Sementara untuk perbaikan atau modifikasi bodi, Anda bisa percayakan pada abengkel-bengkel bodyrepair yang sudah dipercaya.
Berapa biaya untuk modifikasi Toyota Corolla JDM?
Jika tema modifikasi Toyota Corolla Anda mau berkiblat pada Corolla yang dipasarkan di Jepang, selain dana yang cukup besar harus disiapkan, kumpulkan juga sebanyak-banyaknya materi brosur atau iklan dari mobil tersebut yang ada di Jepang. Langkah ini sebagai acuan, tipe Corolla apa yang nantinya akan diubah ke mobil Anda. Sekaligus juga menentukan part-part atau komponen apa saja yang harus diburu hingga ke negara asalnya. Mengingat komponen-komponen ini harganya mahal.
Bisakan modifikasi Toyota Corolla swap engine?
Metode swap engine pada Toyota Corolla sangat dimungkinkan mengingat varian mobil ini sejatinya sangatlah banyak dan berbeda-beda di tiap negara. Anda tinggal mencari tipe mesin Corolla mana yang cocok terpasang di kendaraan Anda.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top