Inspirasi Modifikasi Mitsubishi Kuda, Pilih Ceper atau Jangkung?

28/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Modifikasi Mitsubishi Kuda berikut ini kami referensikan dari dua konsep berbeda yang saling bertolak belakang. Pertaam mobil dibuat tinggi dengan gaya mobil offroad. Dan yang lain dibuat ceper elegan yang terlihat mewah.

Modifikasi Mitsubishi Kuda saat ini mungkin sudah jarang ditemui. Padahal di era awal tahun 2000-an, cukup banyak pengguna Mitsubishi Kuda yang memoles kendaraannya dengan beberapa trik modifikasi. Tak ayal, penampilan MPV (Multi Purpose Vehicle) dari Mitsubishi ini pun semekin terlihat keren.

Era tahun 2000-an memang menjadi puncak kejayaan Mitsubishi Kuda. Setelah diperkenalkan pertama kali pada 1997, beberapa tipe Mitsubishi Kuda pun digelontorkan oleh Mitsubishi Indonesia di rentang tahun 2000-an. Antara lain jika awalnya Kuda hadir dengan tipe Super Exceed, GLS, dan GLX, maka kemudian ditambah dengan tipe Grandia, Deluxe, Diamond, Grandia Limited, R-Limited, dan Sporty Edition. Sayangnya produksi mobil ini di Indonesia dihentikan sejak tahun 2006. Dan pamor Kuda makin merosot semenjak Mitsubishi memiliki model MPV terbarunya yaitu Xpander.

Meski demikian, populasi Kuda tetap ada di hati para pecinta Mitsubishi. Mengingat brand otomotif Jepang ini terkenal dengan produk-produknya yang tahan banting, begitupun dengan Kuda. Tak heran Mitsubishi Kuda juga masih bisa kita temui beberapa unit di jalan. Anda juga boleh jadi sampai sekarang masih memelihara kuda, Ups! Maksud kami Mitsubishi Kuda. Nah kalau mau modif Mitsubishi Kuda, kali ini akan kami berikan beberapa konsep modifikasi Mitsubishi Kuda yang mungkin bisa menginspirasi Anda, baik untuk modifikasi Kuda diesel ataupun yang bensin.

>>> Dari Sedan ke SUV, Mobil Listrik Mitsubishi e-Evolution Meluncur 2021?

1. Modifikasi Mitsubishi Kuda Offroad

Modifikasi Mitsubishi Kuda Offroad

Ciri khas modifikasi offroad adalah meninggikan suspensi dan menaikkan ukuran ban

Konsep modif Mitsubishi Kuda yang pertama akan kami bagikan adalah bagaimana modifikasi mobil Kuda ala mobil Offroad atau ALTO (All Terrain Offroad). Untuk membuat modif mobil Kuda seperti ini umumnya yang dipilih adalah Mitsubishi Kuda bermesin diesel. Sebab modifikasi Kuda diesel terbukti kuat dan punya torsi cukup besar yang dibutuhkan di medan-medan offroad.

Adapun fokus ubahannya ada di sektor kaki-kaki. Pertama Anda bisa ganti per dan shock suspensi depan dengan yang lebih tinggi. Atau bisa juga dengan aplikasi bodylift yaitu mengganjal bodi dan per dengan plat yang sudah didesain sedemikian rupa. Tujuannya agar bodi mobil ini jadi lebih jangkung dari kondisi standar. Sementara untuk per belakang yang masih berjenis leaf spring (per daun) cukup di roll atau di tambah satu lembar per lagi. Jangan lupa ganti juga shock belakang dengan yang lebih tinggi dan karakternya lebih keras supaya mobil tidak limbung ketika melaju.

Modifikasi Mitsubishi Kuda ALTO

Jangan lupa juga tambah aksesoris offroad lainnya seperti lampu tembak dan snorkel

Apabila urusan suspensi selesai, maka langkah berikutnya bisa dengan mengganti velg. Adapun yang perlu diperhatikan sebelum mengganti velg standar adalah perhatikan PCD velg tersebut. Untuk Mitsubishi Kuda, membutuhkan velg dengan PCD 5x114,3, jadi sebaiknya cari velg yang PCD-nya juga serupa milik Mitsubishi Kuda. Kalau sudah, maka langkah berikutnya bisa pakai ban tipe All Terrain (AT) dengan ukuran ban yang sedikit lebih besar dari standar.

Langkah selanjutnya Anda tinggal pasang bemper ARB berikut towing dan winch di bagian depan dan juga belakang. Kalau mau lebih lengkap, pasang juga sekalian gardan tambahan agar sistem penggerak mobil ini diubah jadi 4x4 agar makin mudah melewati rindangan-rintangan berat.

>>> 7 Cara Modifikasi Mobil Zebra Espass Biar Gak Kalah Gaul

2. Modifikasi Mitsubishi Kuda Diamond Ceper

Modifikasi Mitsubishi Kuda Ceper

Saat dibuat ceper, Mitsubishi Kuda terlihat lebih elegan

>>> Cara Modifikasi Mobil Ceper yang Aman dan Nyaman

Trik berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk modifikasi Mitsubishi Kuda adalaah membuat mobil ini jadi ceper. Cara tersebut yaitu kebalikan dari modif mobil Kuda yang sudah kami ulas sebelumnya. Yakni bukan dengan meninggikan tubuh mobil ini tapi membuatnya malah makin dekat ke aspal.

Fokus utamanya masih pada ubahan di sektor kaki-kaki. Tekniknya dengan mengganti per dan shock standar Mitsubishi Kuda dengan per dari mobil lain atau per aftermarket. Kalau mau sedikit lebih hemat bisa juga per standar di potong beberapa ulir sesuai jarak ceper bodi mobil yang diiginkan. Sementara untuk per belakang bisa dnegan melakukan press per daun atau malah membuatnya ajdi undel axle lantas diganjal dnegan anting-anting.

Cara ini dianggap paling tepat untuk membuat mobil Kuda modif ceper yang cukup ekstrim. Namun untuk formula paling tepat sesuai keinginan Anda, ada baiknya konsultasikan dengan bengkel spesialis kaki-kaki mobil yang sudah terbukti reputasi baiknya, guna menemukan ramuan paling tepat untuk didapat ceper yang manis tapi tetap aman dipakai harian.

Modifikasi Mitsubishi Kuda Elegan

Setelah ceper, sebaiknya pakai velg diameter lebar supaya terlihat makin elegan

Nah selain suspensi, sektor velg juga patut jadi perhatian. Kalau untuk modifikasi mobil Kuda offroad cukup pakai velg 15-16 inci, maka saat modif mobil Kuda bergaya ceper, bisa pakai velg ukuran ring 17 atau bahkan 18 inci. Namun lagi-lagi perhatikan PCD dari velg yang akan terpasang di mobil Anda. Pastikan velg terswbut juga punya PCD 5x114,3.

Sebenarnya PCD ini serupa dengan PCD velg Daihatsu Taruna, Daihatsu Terios, Honda CR-V, Nissan Xtrail, Suzuki Grand Vitara, Toyota Hilux, Toyota Innova, dan VW caravelle. Sehingga Anda bisa juga pakai velg-velg yang dpaat terpasang di mobil-mobil tersebut.

>>> Review Aston Martin DB11 2016: “Kuda Besi” Legendaris Abad Ini

3. Modifikasi Interior Mitsubishi Kuda

Modifikasi Interior Mitsubishi Kuda

Ruang kabin belakang bisa disulap jadi tempat audio system

Selain modifikasi di sisi eskterior, modifikasi Mitsubishi Kuda juga bisa menyentuh sektor ruang kabin. Caranya dengan menyulap ruang interior mobil tersebut jadi makin mewah, atau malah dibuat full sound system.

Untuk modifikasi mobil Kuda dengan membuat interiornya lebih mewah bisa dengan melapis ulang semua komponen di kabin tersebut. Materialnya bisa dari kulit sintetis atau malah kulit asli jika ingin benar-benar mewah. Sementara kombinasi warnanya bisa pakai warna-warna natural seperi hitam, beige, cokelat tua, atau merah tua. Sementara motif jahitannya bisa bertema futusitik, motif wajik, atau malah dibuat model sofa.

Sedangkan pada ruang kabin belakang, model jok penumpang baris ketiga yang kebanyakan masih berhadap-hadapan bisa diubah jadi tempat meletakkan audio system. Jok paling belakang ini dapat ditekuk atau bahkan dicopot. Gantinya disana Anda bisa letakkan dua buah subwoofer berikut speaker, power amplifier, dan capasitor bank. Biar lebih menambah kesan mewah, sistem tata suara ini ditambahkan juga aksen kosmetik dari bahan aklirik dan diberi LED warna warni.

Itu dia beberapa tips untuk modifikasi Mitsubishi Kuda baik modifikasi Kuda diesel maupun bensin. Semoga tips tadi bsia menjadi inspirasi bagi Anda.

>>> Klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Mitsubishi Kuda?
Dana yang dibutuhkan untuk modifikasi Mitsubishi Kuda tergantung dari item modifiaksi yang ingin dipasang pada mobil tersebut. Kalau hanya sekedar ganti velg aftermarket berikut bannya, butuh mulai dari Rp 5 juta. Namun kalau modifikasinya bergaya offroad, maka dana yang disiapkan harus lebih besar.
Apakah Mitsubishi Kuda bisa diganti jadi 4x4?
Jika memang modifikasi yang dituju agar mobil tersebut bisa melewati rintangan-rintangan berat di medan offroad, maka penggunakan sistem penggerak roda 4x4 cukup vital. Dan Anda bisa menunjuk bengkel-bengkel spesialis offroad untuk bisa merubah sistem penggerak dari mobil ini.
Bisakah Mitsubishi Kuda pakai mesin lebih bertenaga?
Mesin standar dari Mitsubishi Kuda khususnya yang bermesin diesel sebenarnya sudah cukup kuat dan bandel. Tapi kalau mau modifikasi engine swap, tentunya masih dimungkinkan. Anda tinggal konsultasikan dengan bengkel-bengkel high performance untuk memilih mesin apa yang cocok untuk mobil ini.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top