Modifikasi MINI Cooper SE Berubah Jadi MINI JCW GP

30/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi MINi Cooper SE yang satu ini cukup menarik, sebab tampilannya mirip dengan MINI JCW GP, hanya saja tetap menggunakan motor dan baterai listrik.

Sepintas, mobil ini seperti MINI John Cooper Works (JCW), padahal sejatinya adalah modifikasi MINI Cooper SE yang bertenaga motor listrik. Adalah tim OctaneFactory dan Barracuda Racing Wheels yang menjadi pihak dibalik lahirnya mobil tersebut.

Terinspirasi dari MINi JCW GP, MINI Cooper SE ini benar-benar disulap layaknya varian MINI paling kencang itu. Tak heran mungkin Anda juga awalnya akan tertipu jika ini adalah versi modifikasi dari MINI JCW.

MINI Cooper SE JCW GP

Tampilannya mirip MINI JCW GP

>>> MINI Hanya Akan Menjual Mobil Bertenaga Listrik di Tahun 2030

Pakai Full Bodykit MINI JCW GP

Karena sosoknya memag ingin diubah jadi MINI JCW GP, maka modifikasi MINI Cooper SE ini pun dipasang satu set bodykit dengan desain serupa JCW GP. Mulai dari apron depan, sideskirt, bemper belakang, sampai diffuser belakang.

Kemudian pada bagian kabin, sudah tidak ada lagi kesan "hijau" dari mobil rakitan MINI itu. Semuanya tampak lebih cocok dikategorikan mobil balap. Misalnya jok pengemudi dan penumpang depan pakai model bucket seat. Lantas jok penumpang belakang dicopot, gantinya pipa-pipa yang berfungsi sebagai roll bar untuk membantu struktur bodi mobil agar lebih rigid.

MINi Cooper SE interior

Mobil listrik bergaya racing

>>> Mengenal Jok Balap Berdasarkan Konstruksi Dan Ajang Kompetisinya

Mesin Listriknya Masih Standar

Penampilan MINI Cooper SE modifikasi ini makin garang berkat dibalutnya seluruh bodi dengan teknik wrapping sticker. Lantas semua velg standar juga digusur, gantinya satu set velg Barracuda 19 inci dengan lebar 8,5 inci dan dibalut ban 225/35 R19. Supaya jarak antara bibir fender dan dinding roda makin dekat, maka dipilh suspensi jenis coilover dari KW Suspension.

MINi Cooper SE Wrapping Sticker

Masih mempertahankan baterai dan motor listrik standar

>>> Review MINI Cooper S Cabrio Sidewalk Edition 2020: Desain Trendy dan Terbatas

Meskipun tampilannya sudah garang, namun MINI Cooper SE versi modifikasi ini masih tetap mengandalkan motor dan baterai lsitrik standar. Jadi dengan didukung baterai berkekuatan 32,6 kWh, mobil listrik ini tetap menghasilkan tenaga 181 hp dengan torsi 270 Nm. Figur akselerasi 0-100 km/jam juga tetap ada dikisaran 6,9 detik dengan kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top