Inspirasi Modifikasi Jok Mobil yang Terlihat Mewah Sekaligus Nyaman

26/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi jok mobil memang disesuaikan dengan selera serta dana yang telah Anda siapkan. Namun sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa hal ini supaya jok mobil yang telah dimodifikasi bukan hanya terlihat mewah tapi juga nyaman dan menyehatkan saat digunakan.

Modifikasi mobil tentu bisa dengan menyentuh berbagai sektor. Baik dari sisi eksterior, lampu-lampu, mesin, kaki-kaki, sampai bagian ruang kabin pun bisa tersentuh modifikasi. Dan umumnya untuk modifikasi interior mobil yang sering dilakukan adalah mengubah penampilan jok dari mobil tersebut.

Modifikasi jok mobil bisa dengan melakukan berbagai cara. Mulai dari menggunakan cover jok semi permanen, mengganti pelapis jok dengan teknik jok paten, mencopot jok standar dan menggantinya dengan jok dari mobil lain, atau memasang jok racing dari merk-merk aftermarket penyedia racing seat seperti Recaro, Bridge, atau OMP.

Tentunya pilihan hendak modif jok mobil seperti apa, tergantung selera dan juga dana yang sudah Anda siapkan. Namun yang perlu diperhatikan adalah, desain jok mobil tersebut harus memenuhi setidaknya dua unsur selain mampu merubah penampilan ruang kabin Anda. Yaitu jok harus tetap nyaman untuk digunakan meski dalam perjalanan jauh, serta jok juga harus membuat badan tetap bugar selama berkendara.

Untuk itulah, kali ini Cintamobil.com akan membahas apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dan bisa jadi inspirasi dalam modif jok mobil supaya bukan hanya terlihat mewah dan nyaman, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Perhatikan Desain Jok Mobil Saat Modifikasi

Jok Mobil Wuling

Modif jok mobil bukan cuma biar terlihat keren tapi juga harus menyehatkan tubuh

Ketika hendak melakukan modifikasi jok, sebaiknya jangan sembarangan menggunakan model variasi jok mobil. Anda perlu mempertimbangkan desain jok mobil tersebut supaya bisa menopang tubuh dengan aman dan nyaman selama perjalanan.

Pertama yang perlu diperhatikan untuk desain jok tersebut adalah sandaran bahu. Bagian ini harus tidak membuat tubuh terasa tenggelam saat duduk di jok tersebut. Lalu pilihlah desain jok mobil yang memiliki sandaran pada semua bidang tulang punggung. Tapi sandaran punggung ini jangan terlau menonjol yang akan membuat tulang otot belakang menjadi kencang selama Anda berkendara.

Kemudian pastikan juga saat modif jok mobil jangan sampai menghilangkan sandaran kepala. Karena sandaran kepala inilah yang dapat mencegah terjadinya cedera tulang leher saat terjadi kecelakaan. Lalu yang terakhir pastikan desain jok mobil memiliki sandaran pinggul dan paha yang nyaman. Jangan sampai posisi duduk Anda jadi terlalu amblas atau merosot.

>>> Ini Cara Modifikasi Mobil Agya Biar Tambah Keren

2. Modifikasi Jok Mobil Elektrik Biar Lebih Nyaman

Jok Mobil Elektrik

Pengaturan posisi duduk jadi lebih mudah

Langkah berikutnya saat hendak mengganti jok standar pada mobil Anda adalah bisa memilih jok mobil elektrik. Karena modifikasi jok mobil elektrik akan membuat pengaturan posisi jok menjadi lebih mudah ketimbang jok yang masih harus diatur secara manual.

Umumnya jok mobil elektrik ini bisa menggunakan jok dari mobil-mobil kelas medium ke atas. Ada yang pengaturan elektriknya hanya untuk mengatur posisi kemiringan sandaran punggung saja, ada yang juga berikut pengaturan maju mundur dan naik turun jok.

Yang perlu diperhatikan saat hendak modifikasi jok mobil elektrik adalah mengukur panjang dan tinggi dari jok tersebut. Pastikan dimensi jok bisa muat ke dalam kabin mobil Anda. Perhatikan juga apakah jok memerlukan rel yang khusus atau tidak.

3. Modifikasi Jok Mobil Model Sofa Tidak Selamanya Nyaman

Jok Mobil Model Sofa

Ruang kabin jadi terlihat lebih padat saat pakai jok ini

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, sebaiknya saat memilih model variasi jok mobil tidaklah sembarangan dan hanya sekedar mengikuti tren. Pertimbangkan juga tentang faktor kenyamanan dan kesehatannya untuk tubuh Anda.

Misalnya untuk modifikasi jok mobil model sofa yang sering kali diaplikasikan pada pemilik mobil. Alasannya jok model seperti ini terlihat lebih mewah daripada hanya sekedar diganti pelapis joknya saja. Namun sebenarnya untuk beberapa kasus, jok model sofa kurang tepat diterapkan, meksipun harga modifikasi jok mobil seperti ini tidaklah murah.

Mengapa bisa demikian? Sebab ketika jok mobil dimodifikasi jadi mdoel sofa, maka jok akan terlihat lebih besar dibanding kondisi standarnya. Bila ruang kabin mobil cukup sempit, misalnya pada mobil-mobil jenis LCGC, maka akan membuat interior jadi terkesan penuh sesak oleh jok tersebut. Kalau hal ini diterapkan pada mobil yang masih dipakai harian, rasanya akan sedikit memangkas kenyamanan saat berada di mobil itu.

Beda halnya jika jok mobil sofa diterapkan untuk mobil-mobil kategori MPV besar, maka akan sangat cocok. Selain itu apabila Anda melakukan modifikasi ini untuk kebutuhan kontes modifikasi, maka alasan-alasan tadi bisa diabaikan.

>>> Cara Merawat Jok Elektrik, Kalau Rusak Biaya Perbaikannya Mahal!

4. Modifikasi Jok Mobil Captain Seat

Jok Mobil Captain Seat

Captain seat membuat interior jadi serasa mobil premium

Satu lagi teknik modifikasi jok pada mobil adalah dengan modifikasi jok mobil captain seat pada jok belakang. Cara ini bisa Anda tempuh apabila mobil Anda berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang terdiri atas tiga baris jok. Nah untuk jok baris kedua bisa diganti dengan jok mobil captain seat.

Dengan penggantian jok mirip kursi pesawat terbang ini selain akan membuat penampilan interior jauh lebih berkelas, juga menambah kenyamanan penumpang belakang. Karena penumpang akan diberi privasi tempat duduk masing-masing sehingga bisa diatur posisinya secara individual selayaknya mereka duduk di bangku penumpang depan.

Selain itu umumnya jok model captain seat juga dibekali dengan arm rest untuk mendukung kenyamanan tangan penumpang selama perjalanan. Lalu di bagian tengah antara jok kiri dan kanan, bisa jadi akses lebih mudah untuk ke penumpang jok baris ketiga. Di bagian tengah ini Anda juga bisa memasang meja lipat kecil untuk meletakkan beberapa barang, seperi minuman botol dan makanan ringan.

Itu tadi beberapa tips saat hendak modif jok mobil namun tetap dengan memperhatikan kenyamanan dan kesehatan Anda sebagai orang yang akan duduk di jok tersebut.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Beli dimana sarung jok mobil?
Sarung atau cover jok mobil bisa didapatkan di bengkel jok mobil atau melalui toko-toko online.
Dimana bisa beli jok mobil variasi atau copotan?
Jok mobil variasi tentu bisa didapatkan di bengkel-bengkel jok mobil. Tapi kalau jok mobil copotan bisa juga dicari di penjual suku cadang mobil atau tempat kampakan mobil.
Berapa lama pasang jok mobil?
Memasng jok mobil sebenanrya cukup singkat jika jok pengganti sudah tersedia atau sarung jok sudah selesai dibuat. Pemasangan laing lama memakan waktu 6-7 jam.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top