Modifikasi Ford Fusion, Ketika Sedan Bekas Tabrakan Berubah Jadi Mobil Drift

21/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Ford Fusion, Ketika Sedan Bekas Tabrakan Berubah Jadi Mobil Drift
Modifikasi Ford Fusion yang satu ini cukup ekstrim. Karena sebelumnya mobil merupakan korban tabrakan yang direstorasi menjadi sebuah mobil drift.

Ford Fusion sejatinya adalah sebuah sedan empat pintu yang dibuat nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Tapi bagi Matt Soppa, mobil Amerika tersebut tidak terlihat sporti. Tangannya pun gatal untuk melakukan modifikasi total pada kendaraannya.

>>> Keren! Modifikasi Ford Mustang GT Ala Mobil Balap NASCAR

Alkisah, Matt menemukan sedan ini dalam kondisi bekas tabrakan akibat pemilik sebelumnya. Ia pun membeli mobil itu dengan harga murah. Setelah di bawa pulang, Matt melakukan modifikasi Ford Fusion tersebut secara total.

1. Pakai Suspensi Ford Mustang

Ford Fusion wheels

Suspensi Mustang dengan modifikasi ala mobil drift

Pada kondisi standar, Ford Fusion merupakan sedang penggerak roda depan. Tetapi Matt kemudian melakukan hal lain. Ia mendapat fakta jika suspensi belakang dari Ford Mustang 2015 ternyata berbanding lurus dengan suspensi Fusion miliknya. Langkah subtitusi pun dijabani.

>>> Promo mobil baru lainnya ada disini

drift car

Ia kemudian memasang juga sepaket suspensi depan dari Ford Mustang 2014

Ia kemudian memasang juga sepaket suspensi depan dari Ford Mustang 2014 namun terlebih dulu dibuatkan adaptor. Biar lebih total, sebuah subframe dan rack pinion dengan spesifikasi drift juga dipasang. Sistem ini kemudian dikombinasikan BC Racing coilover untuk membantu mobil menjadi lebih stabil.

2. Mesin Siap Drifting

Ford Engine

Mesin bertenaga besar sudah siap dipakai berlaga di trek

Karena setup suspensi sudah siap untuk dipakai drifting, maka sisi tenaga juga harus besar. Karenanya mesin Coyote 5.0 dari Ford Mustang GT500 2007 dipasang ke bonet. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan transmisi custom serta sistem knalpot yang juga custom menggunakan pipa 3 inci.

>>> Pilihan mobil bekas Ford lainnya ada disini

Ford Fusion Interior

Interior dirombak total

Karena mesin bertenaga besar ini, maka Matt juga membuat roll bar dibagian dalam mobil. Kemudian seluruh jok standar dibongkar, gantinya hanya dua jok balap OMP. Hampir seluruh ruang kabin dilucuti untuk diganti material aluminium kecuali dasbor. Matt memang membuat modifikasi Ford Fusion miliknya itu menjadi sebuah drift car.

Nah setelah semuanya rampung modifikasi Ford Fusion ini pun sukses bertransformasi dari sedan harian menjadi sebuah mobil drift.

>>> Tips dan trik lainnya cek di sini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top