6 Konsep Modif Starlet yang Lagi Tren Saat Ini

27/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modif Starlet yang kami rekomendasikan berikut ini memiliki beberapa konsep berbeda, namun semuanya saat ini banyak dilakukan para pengguna Toyota Starlet, baik Starlet Kotak maupun pemilik Starlet Kapsul.

Modif Starlet belakang ini makin sering kita jumpai. Hal tersebut akibat popularitas mobil tahun 1990-an itu sedang kembali bergeliat. Bahkan nilai jual Starlet baik Starlet kotak (Starko) maupun Starlet kapsul (Starkap) kembali tinggi seiring derasnya permintaan terhadap mobil ini. Dimensi compact, lincah pengendaraannya, mesin yang durable dan kemudahan dalam perawatan, serta asik di modifikasi jadi beberapa keunggulan Toyota Starlet.

Sebenarnya popularitas hatchback pertama Toyota di Indonesia itu sudah dimulai sejak tahun 1985. Saat itu Starlet hadir dengan mesin 1000 cc yang juga dirakit oleh Toyota Indonesia. Setahun kemudian barulah model Starlet bermesin 1.300 cc dimunculkan. Starlet generasi ini banyak dikenal dengan sebutan Starko lantaran bodinya yang masih mengkotak.

Namun era Starlet kotak berakhir sejak muncul generasi berikutnya dari Starlet di tahun 1990. Dengan bodi yang sudah lebih membulat, Starlet ini juga dikenal dengan sebutan Starkap. Mesinnya ada yang tetap 1.000 cc ada juga yang 1.300 cc. Sayangnya Toyota Starlet bermesin turbo tidak pernah ada yang dimasukkan secara resmi ke Indonesia oleh Toyota hingga produksi terakhir Starlet dihentikan tahun 1998.

Kini Toyota menggantikan posisi Starlet dengan Yaris. Walau begitu pesona Starlet rasanya tidak pernah padam. Pemilik mobil ini bahkan bukan hanya dari kalangan generasi muda, tetapi mereka yang telah mapan dan ingin kembali bernostalgia ke era 1990-an juga memilih Starlet. Ada yang kondisinya dibiarkan tetap original, ada pula yang dibuat mobil Starlet modifikasi.

Kalau Anda juga punya Starlet atau malah sedang berniat membelinya, di artikel kali ini Cintamobil.com akan membahas sedikit mengenai beberapa konsep modifikasi mobil Starlet yang banyak dilakukan pengguna kendaran tersebut. Mana modif Starlet yang nantinya akan dipilih, kami kembalikan lagi kepada selera Anda.

>>> Toyota Starlet Premium Segera Lahir, Tapi Pakai Basis Suzuki Baleno

1. Modif Starlet Kotak OEM Look

Modifikasi Toyota Starlet OEM

Kondisi mobil dikembalikan seperti saat keluar dari dealer

Jika Anda memiliki Toyota Starlet generasi pertama dan tak mau ribet dengan pasang aksesoris berlebihan, mengapa tidak kembalikan saja kondisi mobil seperti sedia kala. Modif mobil Starlet seperti ini sekarang dikenal juga dengan gaya modif Starlet OEM Look. Yaitu membuat kondisi mobil Starlet modif namun seperti keadaan mobil pada saat keluar dari dealer di masanya.

Teknik membangun mobil Starlet modifikasi OEM Look antara lain dengan merestoarasi kondisi bodi dan interior mobil supaya kembali segar. Kemudian memasang velg standar atau bahkan velg kaleng milik Starlet kotak. Supaya ada sedikit aksen modifnya, bisa juga tambahkan beberapa aksesoris kecil seperti decal sticker di bodi atau bemper, foglamp di bemper depan, atau tirth brake lamp di bemper belakang.

>>> 5 Trik Modifikasi Mobil Escudo dan Vitara Biar Lebih Gagah    

2. Toyota Starlet Modif Rally Look

Modifikasi Toyota Starlet Rally Look

Ala mobil reli tapi bisa dipakai harian

Modif Starlet berikutnya yang juga asik dilakoni adalah bergaya Rally Look. Sesuai namanya, mobil bisa diubah menggunakan aksesoris yang biasa digunakan untuk kebutuhan balap reli. Antara lain dengan memasang lampu tembak Hella atau Cibie di bemper depan, memasang velg reli yang terkenal kuat tapi ringan yang dipadu ban tapak kasar untuk pemakaian di medan gravel, serta ditambah kepet lumpur penahan cipratan tanah.

Untuk interiornya bisa ganti jok balap atau jok Recaro model klasik, setir juga diganti tipe racing misalnya keluaran Sparco, serta di belakang bisa dipasang roll bar. Biar penampilan sudah kece dan tenaga tidak malu-maluin, aplikasikan juga mesinnya dengan upgrade pakai turbo kepunyaan Starlet Turbo yang populasinya ada di Jepang. Asiknya, modif mobil Starlet ini bisa diterapkan untuk Starlet kotak atau Starlet kapsul.

>>> Ingin Bergaya Sangar dengan City Car? Modifikasi Digital Suzuki Ignis ini Bisa Jadi Inspirasi

3. Modifikasi Starlet Kapsul Elegan

Modifikasi Toyota Starlet Kapsul elegan

Pakai velg Jepang dan dibuat ceper sudah terlihat elegan

Konsep modif Starlet lainnya yanga juga banyak digemari saat ini adalah tampilan mobil bergaya elegan. Yaitu modifikasi yang dilakukan tidak terlalu banyak, tapi cukup membuat mobil tampak lebih mewah dan elegan dari sebelumnya.

Cara membangun mobil Starlet modifikasi elegan antara lain dengan mengganati velg jadi ring 15 keluaran Jepang, bodi mobil dibuat sedikit lebih ceper, lantas interior juga tersentuh modifikasi. Antara lain modif mobil Starlet kapsul di sektor interior bisa memasang pelapis jok dan doortrim baru sehingga ruang kabin terlihat makin mewah.

4. Modifikasi Starlet Kapsul 91 Convert Starlet GT

Modifikasi Toyota Starlet GT

Starlet kapsul bergaya Starlet GT

Jika bingung menentukan modif Starlet yang asik, gak ribet, tapi terllihat keren buat Toyota Starlet kapsul Anda, maka coba saja konsep modif mobil Starlet kapsul dengan merubah tampangnya jadi model Starlet GT yang ada di Jepang.

Cara ini bisa dengan mengganti bemper depan dan belakang kepunyaan Starlet GT, gril depan juga diganti punya Starlet GT, lantas kap mesin, lampu depan dan belakang juga pakai Starlet GT. Kemudian kalau mau full convert, bisa juga ganti jok dan dasbor berikut panel-panel speedometernya pakai kepunyaan Starlet GT. Dan jangan lupa mesinnya juga sekalian pasang kepunyaan Starlet GT yang sudah dilengkapi Turbo.

>>> Review Toyota GR Yaris 2020: The Road Legal WRC Cars!

5. Modif Starlet Kotak JDM

Modifikasi Starket Kotak Turbo

Starlet kotak full convert ke Starlet Turbo

Kalau mobil Starlet modifikasi convert ke Starlet GT bisa dilakukan untuk Starlet Kapsul, maka jika Anda pemilik Starlet kotak bisa juga dimodif jadi Starlet yang ada di Jepang. Model yang dapat dicontek adalaah Starlet EP71 Turbo.

Untuk bisa menjadikan modif Starlet JDM ini maka Anda harus memesan langsung dari penjual di Jepang maupun negara lain, atau membeli dari importir di Indonesia. Pembeliannya lebih baik berupa halfcut alias potongan mobil Starlet Turbo dari negara asalnya. Karena nantinya Anda kan pakai bemper depan dan belakang, kap mesin, lampu depan dan belakang, gril, dasbor, jok depan dan belakang, sampai mengganti mesin dari Starlet Turbo tersebut.

>>> 8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

6. Starlet Modifikasi Bodykit

Modifikasi Toyota Starlet bodykit

Bisa bentuk bodykit custom seseuai selera

Trik terakhir untuk modif Starlet yang mau tampilannya agak berbeda dibanding mobil Starlet modifikasi yang lain adalaah dengan memasang bodykit. Bodykit ini bisa Anda aplikasikan untuk bemper depan dan belakang serta sideksirt. Modelnya boleh berupa bodykit full bumper atau sekedar dipasang add on.

Tentunya mencari bodykit Toyota Starlet yang siap pasang cukup sulit. Sehingga adab aiknya Anda memesan secara custom ke bengkel-benkel spesialsi bodykit. Dengan memesan ini pula Anda bisa menentukan bentuk bodykit yang dinginkan sesuai selera.

Demikian tadi beberapa konsep modif Starlet yang bsia kami berikan. Cara-cara ini tentu dapat diaplikasikan untuk modif mobil Starlet kotak maupun kapsul.

>>> Jangan lupa klik juga tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Toyota Starlet?
Untuk memodifikasi sebuah Toyota Starlet tentunya biaya yang dibutuhkan sejalan dengan konsep modifikasi yang akan dilakukan. Namun jika hanya modif simple buat harian, maka cukup lakukan restorasi kondisi mobil tersebut agar kembali nyaman digunakan sehari-hari. Selanjutnya cukup gantu velg dan ban dengan velg aftermarket. Teknik ini setidkanya butuh dana minimal Rp 20 juta.
Dimana bisa modifikasi Toyota Starlet?
Supaya bisa mendapatkan hasil modifikasi Toyota Starlet yang memuaskan, And abisa pilih bengkel spesialis mobil ini. Atau bsia juga tunjuk bengkel modifikasi yang sudah punya reputasi baik.
Bagaimana cara dapat halfcut Starlet dari Jepang?
Untuk mendapatkan halfcut Toyota Starlet dari Jepang misalnya Starlet GT atau Starlet Turbo, maka Anda harus lakukan pembelian langsung dari penjual halfcut di beberapa negara tetangga, seperti di Malaysia, Singapura, atau bahkan negara asalnya mobil ini, yaitu Jepang. Jika tidak punya koneksi, maka silahkan membeli melalui importir halfcut yang ada di Indonesia.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top