Ini Dia Tren Modif Interior Mobil yang Paling Diminati Saat Ini

28/03/2021

Perawatan dan service

2 menit

Modif interior mobil merupakan hal yang sangat umum dilakukan oleh para pecinta mobil, tapi tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus tetap memperhatikan kenyamanan.

Di zaman sekarang khususnya anak muda yang mempunyai hobi otak-atik mobil, modifikasi mobil menjadi salah satu hal yang menarik. Modifikasi mobil juga banyak macamnya, ada yang senang merubah warna cat mobil, menggunakan sticker mobil, membuat mobil menjadi lebih ceper dan ada juga yang modif interior mobil. Dikarenakan modifikasi mobil membutuhkan dana yang tidak murah, maka modifikasi juga dilakukan atas dasar kesukaan yang memiliki mobil itu sendiri. 

Tidak hanya mobil baru yang bisa dimodifikasi, mobil bekas pun bisa dilakukan modifikasi agar mobil terlihat lebih bergaya. Harga mobil bekas juga jauh lebih murah daripada mobil baru. Tapi kadang memang penampilan mobil bekas sudah ketinggalan zaman dan bisa jadi performanya juga butuh sedikit penyesuaian. Oleh karena itu modifikasi mobil bekas bisa Anda lakukan, salah satunya adalah melakukan modifi interior mobil.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Modifikasi Full Interior Mobil

Bagi Anda yang tergolong pemula dalam urusan modifikasi mobil, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar mobil tidak norak. Apa sajakah?

1. Tentukan Tema atau Konsep

Tema atau konsep perlu ditentukan sebelum mulai melakukan modif interior mobil bekas. Hal ini penting agar tidak ada tema yang saling berlawanan sehingga membuat hasil modifikasi mobil Anda jadi tidak nyambung satu sama lain. Banyak tema yang bisa Anda pilih, mulai dari racing, sporty, gothic, retro, modern, elegan, atau malah cute untuk menyenangkan putri atau pasangan Anda.

modifikasi interior mobil berwarna cokelat
Sesuaikan tema dengan budget yang Anda miliki

>>> Ide Modifikasi Plafon Mobil Pick Up yang Bisa Anda Pilih

2. Perhatikan Biaya dan Bengkel

Kalau tema sudah jelas, sekarang saatnya memperkirakan biaya yang harus Anda keluarkan. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan komponen yang lebih murah. Perkirakan juga bengkel yang ingin Anda gunakan. Biasanya bengkel mempunyai spesifikasi berbeda-beda untuk tema tertentu. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak bengkel, apakah mereka bisa mengerjakan tema yang Anda inginkan atau tidak. 

3. Siapkan Daftar Komponen yang Diperlukan

Tidak hanya membuat daftar biaya, siapkan juga list komponen yang diperlukan. Mungkin ada beberapa komponen yang sulit didapatkan di kota Anda sehingga perlu memesan dari luar kota bahkan luar negeri. Ingat, memesan komponen dari luar daerah juga bisa membuat biaya menjadi semakin membengkak. Oleh karena itu, prioritaskan komponen yang mudah didapat dan sesuai dengan budget terlebih dahulu.

4. Biaya Ganti Full Interior Mobil

Aspek interior menjadi salah satu bagian yang sering dikeluhkan pengguna mobil. Salah satunya bagian jok, modifikasi jok juga merupakan hal termudah dalam melakukan modif interior mobil. Memodifikasi jok mobil pun ada jenisnya, ada jenis jok paten dan semi paten yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda dalam berkendara.

kursi bucket bergaya sport untuk modifikasi
Anda bisa mengganti kursi bergaya sport untuk kenyamanan berkendara

Modifikasi interior juga bisa dilakukan dengan cara mengganti keseluruhan dalaman interior seperti bagian atap kabin yang diganti dengan tampilan yang mewah dengan bahan kulit yang lux dan bagian bawah dilapisi karpet yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu menambahkan variasi interior mobil seperti meja lipat, organiser mobil, tempat sampah, dan lain sebagainya juga bisa mengubah tampilan asli dari mobil itu sendiri. Satu lagi, bagian interior yang bisa dimodifikasi adalah audio mobil.

Modifikasi interior tentunya memiliki harga yang relatif mahal karena dibutuhkan pengerjaan khusus dalam jangka waktu yang lama dan juga melelahkan. Untuk modifikasi jok, biayanya mulai dari Rp 1,5 juta rupiah hingga Rp 3 juta rupiah. Sementara itu, harga untuk modifikasi audio mobil berkisar dari Rp 1 juta hingga Rp 25 juta , tergantung dari kualitas suara yang dihasilkan. Jika dikalkulasikan, mungkin biaya untuk mengganti full interior mobil kurang lebih Rp 50 juta untuk harga yang paling murah.

>>> Small But Practical, Jadi Ciri Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Cara Modif Interior Mobil Sendiri

Untuk Anda yang ingin melakukan modifikasi interior mobil sendiri tanpa harus ke bengkel, hal itu tentu bisa saja dilakukan. Anda hanya perlu menambahkan aksesoris tambahan di dalam mobil agar tampilan lebih menarik dan juga menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. Menambahkan aksesoris seperti sarung kemudi dan sarung tuas persneling membuat interior Anda tidak terkesan biasa. 

Selain itu, Anda juga bisa menempelkan list moulding krom pada dashboard agar terlihat lebih menarik. Modifikasi ini terlihat sederhana, namun bisa memberikan kesan yang berbeda. Harga modifikasi interior mobil sendiri ini juga tidak terlalu mahal. Untuk harga sarung kemudi dan sarung tuas persneling, Anda bisa mencarinya mulai dari harga Rp 100 ribu. Dan harga moulding krom bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp 90 ribuan.

Interior mobil bagus

Anda bisa menambahkan berbagai elemen untuk tampilan interior baru

Melakukan modif interior mobil bukan hanya sekedar untuk ikut kontes. Tetapi fungsinya lebih kepada membuat nuansa interior mobil menjadi lebih elegan, sporty, atau berkarakter sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Tidak hanya mobil mewah saja yang bisa dimodifikasi, untuk pemilik “Mobil Sejuta Umat” pun bisa juga dilakukan modifikasi. Biasanya ada beberapa bengkel yang menawarkan paket full interior mobil mulai dari harga Rp 5 juta sampai Rp 35 juta untuk paket yang paling murah.

>>> Memilih Warna Jok Mobil yang Bagus Agar Interior Makin Elegan

Cara Menghias Interior Mobil yang Menarik

modif interior mobil

Pilih kenyamanan dibandingkan gaya untuk mobil sehari-hari

Setiap pemilik mobil pasti ingin membuat interior mobilnya menjadi lebih keren dan nyaman untuk dikendarai. Tidak hanya untuk terlihat lebih bagus, tetapi menghiasi interior mobil juga memiliki ciri khas yang mewakili pribadi pemiliknya.

Terlepas dari fakta bahwa setiap tipe dan seri mobil sudah dilengkapi berbagai model, fasilitas, dan fitur yang lengkap. Cara menghiasnya pun bisa dilakukan dengan mulai dari memberi gantungan pengharum mobil, penambahan anti slip pada dashboard, mengganti karpet mobil, menambahkan sarung jok, sarung setir dan tuas persneling dan lain sebagainya.

>>>  Memilih Bengkel Modifikasi Mobil Yang Baik dan Berkualitas

Aksesoris Tambahan untuk Membuat Interior Mobil Nyaman

Interior mobil merupakan salah satu faktor penting yang bisa menentukan kenyamanan Anda saat berkendara di dalam mobil. Kesan monoton pada interior bawaan pabrik membuat para pecinta otomotif merasa bosan. Oleh sebab itu banyak yang melakukan modif interior mobil agar terlihat nyaman dan elegan saat berkendara.

Modif Interior Mobil

Jangan lupa untuk membersihkan mobil Anda secara berkala

Penambahan sejumlah fitur di bagian dalam mobil dianggap dapat meningkatkan mood dan kenyamanan pengemudi serta penumpang saat berkendara atau dalam perjalanan. Ada banyak aksesoris atau variasi yang bisa Anda pilih untuk membuat interior mobil Anda nyaman, salah satunya adalah meja lipat.

Bagi Anda yang mempunyai jadwal pekerjaan yang padat, mungkin meja lipat ini sangat berguna ada di dalam mobil Anda. Karena meja lipat ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan laptop kerja Anda, sehingga di dalam mobil pun Anda bisa bekerja dengan nyaman.

>>>  Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Warna jok apa yang Bagus Agar Interior Makin Elegan?
Jika didominasi oleh warna beige cenderung hitam, dapat menggunakan perpaduan warna tan atau cognac. Bagi mobil yang interiornya dominan abu, bisa tambahkan aksen lining stitch agar terlihat sporty. Sedangkan interior mobil hitam, jauh lebih mudah dimodifikasi karena cocok diaplikasikan dengan warna kulit cover jok mobil apapun. Biar lebih menarik, pilih contoh warna jok mobil seperti hitam, mushroom, java, tan, cognac, atau hotspur.
Apa Yang Perlu Diperhatikan Dalam Modifikasi Full Interior Mobil?
Tentukan Tema atau Konsep, Perhatikan Biaya dan Bengkel, Siapkan Daftar Komponen yang Diperlukan, Biaya Ganti Full Interior Mobil adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.
Apakah bisa modif interior mobil sendiri?
Iya, pastilah bisa
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top