7 Inspirasi Modif Hijet 1000 Biar Gak Terlihat Tua Lagi

28/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
7 Inspirasi Modif Hijet 1000 Biar Gak Terlihat Tua Lagi
Modif Hijet 1000 berikut ini adalah beberapa konsep modifikasi yang bisa Anda tiru jika hendak melakukan modifikasi mobil Hijet 1000 atau Hijet pick up, agar tampilan mobil lawas tersebut kembali menarik.

Modif Hijet 1000 bisa dibilang menjadi sesuatu hal yang unik. Pasalnya keberadaan mobil ini sudah kian langka. Meskipun ada, umumnya Daihatsu Hijet 1000 hanya dipakai sebagai kendaraan angutan pedesaan di beberapa daerah di Indonesia. Itu pun kondisi mobilnya sudah cukup mengkhawatirkan.

Wajar memang, mengingat mobil yang masuk golongan Kei Car di Jepang ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1972. Meskipun awalnya masuk ke Indonesia dalam bentuk impor utuh, namun populasi Daihatsu Hijet baru melonjak sejak munculnya Hijet 55 Wide yang menggunakan mesin 547 cc yang kemudian disusul munculnya Hijet 1000. Mobil ini pula yang menjadi cikal bakal hadirnya Daihatsu Zebra Espass, Gran Max, dan Luxio saat ini.

Uniknya, meski saat ini usianya sudah hampir setengah abad, tetapi beberapa unit Daihatsu Hijet 1000 masih ada di Indonesia. Dan peminat modifikasi van mungil dari Daihatsu itu juga cukup kuat di beberapa daerah tertentu dengan hasil kreasi modifnya yang beragam.

Mau tau seperti apa saja konsep modifikasi mobil Hijet 1000? Nah berikut ini kami akan berikan beberapa diantara hasil modif Hijet 1000 yang ada di Indonesia khusus untuk Anda.

>>> Dilanda Resesi dan Covid-19, Warga Spanyol Beralih ke Mobil Tua Bekas

1. Hijet Modif Keren Pakai Warna Centil

Modifikasi Hijet 1000 Biru Muda

Pakai warna cerah biar terlihat kembali muda

Untuk modif Hijet 1000 atau Daihatsu Hijet tipe lainnya supaya terlihat lebih muda dibanding usia kendaraan itu, maka ada trik cukup mudah yang dilakukan para pengguna mobil ini. Caranya yaitu dengan mengecat ulang seluruh permukaan bodi mobil tersebut dengan warna-warna muda, contohnya biru muda, hijau muda, atau merah muda.

Mengingat usia kendaraan ini sudah puluhan tahun, maka sebelum dilakukan pengecatan ulang pastikan dulu kondisi eksterior dan interior bodi mobil tersebut sudah bebas dari karat. Jika semua kraat sudah teratasi, barulah bodi bisa dilebur cat yang baru.

>>> Inspirasi Modifikasi Mitsubishi Kuda, Pilih Ceper atau Jangkung?

2. Hijet 1000 Pick Up Modif Ceper

Modifikasi Hijet 100 Pick Up

Kalau mobil masih dipakai harian, sebaiknya jangan terlalu ceper

Trik untuk membuat Daihatsu Hijet tampak lebih gaul bisa juga dengan modif Hijet 1000 jadi lebih ceper. Modif mobil Hijet 1000 bergaya ceper ini dapat diterapkan untuk modifikasi mobil Hijet 1000 pick up maupun yang van.

Jika mobil masih dipakai untuk keperluan sehari-hari, misalnya Hijet pick up yang masih dipakai mengangkut barang, maka sebaiknya modif mobil Hijet tersebut jangan dibuat terlalu ceper. Maksimal sisakan jarak 3 jari tangan antara ban dengan fender. Selain itu pilihlah ban yang profilnya masih cukup tebal. Supaya mobilitas jadi tidak terganggu meskipun mobil sudah lebih ceper dari sebelumnya.

3. Modif Hijet 1000 Pakai Velg Lebar

Modifiaksi Hijet 1000 Ceper Velg Besar

Jika tak mau merubah suspensi dan fender, sebaiknya maksimal pakai velg 14 inci

Walau pun Daihatsu Hijet sudah masuk kategori Motuba alias mobil tua bangka, tapi bukan berarti modif Hijet 1000 tidak bisa tampil modis seperti mobil-mobil keluaran terbaru. Satu diantaranya dengan cara mengganti velg standar dengan velg aftermarket yang ukurannya lebih besar.

Adapun ukuran velg standar untuk Hijet 1000 yang diberikan oleh Daihatsu pada masanya adalah ring 12 dengan PCD 4x110. Jadi kalau mau ganti velg mobil ini maksimal di ukuran 14 inci, walaupun ada juga yang memasang velg ring 15 untuk modif mobil Hijet mereka.

>>> Cari Velg Buat Suzuki Jimny? Coba Pasang RAYS Gram Light 57DR-X

4. Modifikasi Hijet 1000 Pick Up Jadi Mobil Balap

Modifikasi Hijet 1000 Slalom

Hijet 1000 biasanya dipakai slalom atau drag race

Modif Hijet 1000 ternyata bukan hanya sekedar mempermanis tampilannya biar terlihat muda. Beberapa pemilik mobil ini juga ada yang menyulapnya jadi kendaraan untuk turun di ajang balap profesional.

Umumnya mobil Hijet modif jadi mobil balap ini yang digunakan adalah tipe Hijet pick up. Modif mobil Hijet ini sering kali dibuat jadi mobil balap slalom atau drag race. Mengingat mobil tersebut bobotnya cukup ringan sehingga ini memberikan keuntungan untuk membuat mobil lebih lincah di arena balap. Sementara mesinnya banyak yang diganti mesin kepunyaan Daihatsu Gran Max.

5. Modif Hijet 1000 Terbaru Pakai Stiker

Modifikasi Hijet 1000 Cutting Sticker

Modifikasi mobil Hijet 1000 lainnya yang juga banyak dilakukan pengguna mobil ini adalah dengan memasang cutting sticker. Umumnya stiker yang dipasang sengaja dengan ukuran cukup besar yang tertempel di bagian sisi kiri dan kanan bodi mobil.

Adapun tema gambar stiker bisa berbagai macam sesuai selera si pemilik mobil. Mulai dari karakter animasi atau superhero, hingga stiker motif grafis. Dan biasanya pemakaian cutting sticker itu dilakukan setelah bodi mobil sudah dilebur cat baru berwarna lebih muda dari cat aslinya.

>>> 7 Cara Modifikasi Mobil Zebra Espass Biar Gak Kalah Gaul

6. Hijet 1000 Modif Offroad

Modifikasi Hijet 1000 Offroad

Ada juga Hijet 1000 yang dimodif offroad

Ada banyak hal unik yang bisa ditemukan pada konsep modif Hijet 1000 yang ada di Indonesia. Selain dibuat ceper, ternyata modif mobil Hijet 1000 juga ada yang dibuat jadi mobil offroad. Ya, Anda memang tak salah baca, sebab ternyata ada pemilik Daihatsu Hijet yang merubah kendaraannya itu jadi mobil offroad.

Modifikasi mobil Hijet bergaya offroad ini tentu saja serupa dengan tema modifikasi offroad atau ALTO (All Terrain Offroad) di mobil-mobil lainnya. Yaitu suspensi dibuat lebih tinggi, velg diganti dengan diameter lebih besar yang lantas dibalut ban AT (All Terrain).

>>> Review Nissan Navara 2021: Lebih Agresif dengan Paket Off-Road

7. Modif Hijet 1000 Interior Mewah

Modifikasi Interior Hijet 1000

Siapa sangka ini adlaah kabin dari sebuah Hijet 1000

Selain pada bagian eksterior, modif mobil Hijet juga bisa menyentuh sisi ruang kabinnya. Mengingat mobil ini berjenis MPV meskipun ukurannya mungil, maka ruang kabin Hijet 1000 memiliki space yang cukup lapang untuk diubah dengan beberapa konsep berbeda.

Bahkan ada pemilik mobil ini yang membangun mobil Hijet modifikasi dengan interior serasa mobil mewah lengkap dengan TV layar datar, dan beberapa monitor kecil di sekeliling kabinnya.

Unik-unik sekali bukan beberapa hasil modifikasi mobil Hijet 1000 yang ada di Indonesia tadi. Jadi siapa bilang mobil jadul tak bisa tampil keren. Selama Anda mampu berkreasi dengan kendaraan kesayangan, maka mobil tersebut akan terlihat jauh lebih menarik dibanding mobil lain yang sejenis.

>>> Silahkan klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Hijet 1000?
Modifikasi Hijet 1000 maupun Hijet 1000 pick up sebenarnya tidka butuh biaya sangat mahal jika konsep modifkasi yang dilakukan cukup simple. Namun kalau sudah berorientasi agar mobil tersbeut ikut dalam sebuah kontes modifikasi, maka butuh biaya yang sangat banyak.
Berapa biaya bikin Hijet 1000 jadi ceper?
Modifikasi ceper pada Daihatsu Hijet 1000 juga sangat murah dan hampir semua bengkel kaki-kaki mobil bsia mengerjakannya, sebab sistem suspensi mobil ini masih sangat sederhana.
Bisakan modifikasi Hijet 1000 pakai bodykit?
Modifikasi pakai bodykit hampir dapat diterapkan di semua jenis mobil, termasuk juga Daihatsu Hijet 1000. Namun mengingat populasi mobil tersbeut kini sudah cukup langka, maka bodykit yang hendak dipasang harus dipesan lebih dulu secara custom di bengkel-bengkel pembuat bodykit mobil.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top