Mobil Tua Jangan Takut Uji Emisi, Begini Caranya Biar Lulus

07/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mobil Tua Jangan Takut Uji Emisi, Begini Caranya Biar Lulus
Uji emisi bisa menjadi momok bagi sebagian penggemar mobil tua di Tanah Air, tapi sebenarnya Anda tak perlu khawatir karena mobil lama pun bisa lulus uji emisi

Peraturan mengenai uji emisi bisa menjadi momok bagi sebagian penggemar mobil tua di Tanah Air. Maklum saja, nantinya akan ada sangsi disinsentif bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Bahkan, bagi mobil yang enggak bisa memenuhi ambang batas emisi ruang geraknya cenderung dibatasi. Tapi sebenarnya Anda enggak perlu khawatir karena mobil keluaran lama pun sebenarnya bisa lulus pengujian emisi.

Foto proses uji emisi di bengkel resmi Astra Daihatsu Sunter

Pengujian emisi bisa jadi momok penyuka mobil tua

Pengujian Emisi = Tes Kualitas Pembakaran

Foto uji emisi di bengkel resmi Daihatsu Sigra X 2020

Pengujian standar emisi sebenarnya adalah tes kualitas pembakaran

"Sebenarnya ini (pengujian standar emisi) kan adalah hasil pembakaran yang diukur, (hasil) pembakaran bisa disebabkan oleh banyak sebab, dari mulai bahan bakar, sampai ke kualitas pembakaran. Nah, kualitas pembakaran ini bisa disebabkan dari kompresi, kalau kompresinya enggak bagus, atau kerak di dalamnya sudah banyak itu akan mempengaruhi proses pembakaran," papar Andreas Benyamin Peter selaku Kepala Bengkel Astra Daihatsu Sunter kepada Cintamobil.com.

Foto alat uji emisi Astra Daihatsu Sunter

Alat tes emisi milik bengkel Astra Daihatsu Sunter

Masih dari pria ramah yang masuk Daihatsu sejak tahun 1989 ini, "Nah mobil-mobil lama itu lebih cenderung outputnya (hasil pengujian emisi) jelek, kalau mau jadi normal kembali mesti ada beberapa part atau perbaikan yang dilakukan supaya kembali normal. Kalau misal dalam tanda kutip kompresinya turun, ya mau enggak mau dilakukan perbaikan, contoh kita lihat dulu diameternya (piston dan clearance) seperti apa, ring sehernya lemah atau enggak dan lain sebagainya," tambahnya.

Gambar Daihatsu Zebra Astrea

Daihatsu Zebra seperti ini juga bisa lulus pengecekan emisi

Mobil-mobil lama produksi di bawah tahun 1990 ambil contoh seperti Daihatsu Zebra, Daihatsu Feroza, Daihatsu Charade sebenarnnya masih bisa lulus uji emisi, "Tapi mungkin nanti effortnya akan jauh lebih susah dari mobil baru, Apalagi jika suplai BBMnya masih dari karburator, kan harus setting manual, artinya kalau kita setelnya enggak pas ya BBM bisa terlalu boros, suplai bbm terlalu rich (kaya) juga akan mempengaruhi hasil," papar Andreas sapaan akrab Andreas Benyamin Peter.

>>> Ini dia standar ambang batas emisi tahun 2008 yang masih jadi standar pengujian emisi

Solusinya Lakukan Tune Up

Foto uji emisi Daihatsu Sigra X 2020

Cek dulu, baru jika tidak lulus lakukan perbaikan agar lulus

"Untuk mobil-mobil lawas saran saya dicek dulu ouputnya (hasil uji emisi), jika diketahui dari ouputnya enggak bagus baru kita lakukan perbaikan," tambah Andreas yang asli Surabaya, Jawa Timur ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil tua yang ingin mobil kesayangannya dapat lulus uji emisi adalah dengan melakukan tune up mesin.

Gambar Tune up Daihatsu Zebra

Lakukan tune up untuk kembalikan kualitas mesin

"Tune Up pada hakikatnya adalah mengembalikan kondisi mesin seperti kondisi awal, misalnya udah mulai nyendat, tarikannya terasa berat, kita cek semua mesin.  Yang dicek itu antara lain busi, valve (katup), filter udara, filter bensin. Nanti diharapkan setelah dilakukan cek, misal ada sparepart yang rusak kita ganti, kondisi mesin bisa kembali kondisi normal. Kalau kondisinya sudah normal pasti outputnya jadi bagus jadinya lulus uji emisi," jelas Andreas.

Mobil Tua Juga Bisa Ditangani Bengkel Resmi Agar Lulus Uji Emisi

Foto Daihatsu Hijet S65 1985 dan dua pemiliknya

Pemilik mobil hobi tak perlu khawatir, bisa ke bengkel resmi kok

Untuk mobil tua, juga bisa ditangani oleh bengkel resmi lho agar lulus pengecekan emisi. "Mekanik kita masih bisa handle, kan yang senior-senior masih ada, Memang, waktu pengerjaannya tidak secepat kalau kendaraan yang umum seperti sekarang. Kita estemasinya kalau mobil biasa misalnya 1 jam, untuk mobil tua kita bisa spend sampai 3 jam," tukas Andreas yang juga hobi koleksi die cast ini.

Foto Andreas Benyamin Peter

Andreas Benyamin Peter, Kepala Bengkel Astra Daihatsu Sunter

"Kita spare untuk kalau terjadi sesuatu di luar prediksi kita. Kita mesti kasih spare. Hijet, Espass, Zebra masih ada servis di sini. Misal enggak bisa ditangani di sini kami panggil orang DC (Daihatsu Coorporation)," tambahnya. Jadi secara umum jika Anda punya mobil retro atau mobil buatan sebelum tahun ’90-an, sebenarnya masih bisa untuk lulus pengujian emisi.

Gambar Ilustrasi servis karburator Daihatsu Zebra

Sesuaikan settingan karburator agar mudah lolos pengujian emisi gas buang

Agar mobil tua kesayangan Anda tersebut lolos uji emisi, cek kembali kondisi karburatornya, terlebih pada bagian jetting (spuyer) dan jarum skep atau vakumnya. Setelah itu, lakukan settingan yang pas, agar tak hanya lolos pengujian emisi, namun juga memberikan performa dan efisiensi BBM yang optimal. jangan lupa cek kondisi komponen pengapian seperti platina atau CDI dan kondensornya. 

>>> Lakukan 5 Hal Ini Agar Emisi Gas Buang Mobil Anda Tetap Terjaga

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Ingat! Januari 2021 Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Uji Emisi Kalau Tak Mau Ditilang

04/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Gubernur DKI Jakarta telah merilis aturan terbaru berkaitan dengan uji emisi. Dalam aturan itu mobil pribadi wajib uji emisi dan bila tidak bakal kena tilang.

Lihat juga

Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Kendaraan Bisa Lolos Uji Emisi

07/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Ada beberapa hal yang bisa membuat kendaraan bisa lolos uji emisi dan memenuhi ambang batas baku tertentu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat juga

Akankah Polisi Menilang Kendaraan Pribadi yang Belum Uji Emisi?

06/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Kendaraan pribadi yang beroperasi di Jakarta diwajibkan uji emisi mulai 24 Januari 2021. Lantas akankah polisi menilang kendaraan yang belum uji emisi?

Lihat juga

Uji Emisi Kendaraan Pribadi Juga Wajib untuk Pelat Luar Jakarta

06/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Uji emisi kendaraan pribadi rupanya tak hanya berlaku bagi mobil berpelat Jakarta saja. Kendaraan pribadi berpelat luar Jakarta juga wajib mematuhi aturan itu.

Lihat juga

Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakarta Januari 2021, Catat Tanggalnya!

05/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Di Januari 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggelar 4 kali uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor usia > 3 tahun. Pemilik diharap memanfaatkannya dengan baik.

Lihat juga
 
back to top