Mobil Terkena Banjir, Apa Yang Harus Lakukan?

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil Terkena Banjir, Apa Yang Harus Lakukan?
Di musim hujan, beberapa jalan yang sering kita lalui tentu kerap terkena banjir atau terdapat genangan air yang cukup dalam. Hal ini pasti sangat menyebalkan. Apalagi jalan yang akan kita lalui tersebut adalah jalan satu-satunya untuk sampai ke tempat tujuan. Jadi jika mobil terkena banjir, apa yang harus kita lakukan?

Mengemudi dalam kondisi banjir adalah hal yang tidak diinginkan banyak pengemudi. Jalan tergenang air, lalu lintas mengalami kelumpuhan, ribuan kendaraan terjebak dan terendam air. Kalau Anda dan mobil menjadi korban dalam bencana banjir, silahkan simak beberapa tips merawat mobil setelah terkena banjir

Perhatikan beberapa hal ini saat kendaraan Anda menjadi korban bencana banjir.

dua mobil, satu berwarna merah dan satu berwarna hitam terkena banjir

Mobil terkena banjir 

>>> Antisipasi Mobil BMW Rusak Akibat Banjir Jakarta, BMW Astra Sediakan Layanan Evakuasi

Anda jangan menyalakan mesin walaupun aki dalam keadaan berfungsi. Setelah itu, Anda harus segera cabut kabel aki dan menyerahkan kendaraan ke bengkel. Pihak bengkel akan mengecek bagian dalam mesin mobil Anda supaya tahu mesin sudah bersih dari air atau belum. Jika air belum kering dapat merusakan mesin mobil. Jangan lupa segera ganti semua fluida seperti oli mesin, oli transmisi, oli gardan, minyak rem dan minyak power steering. Periksa juga keadaan tangki BBM, bila sudah terkontaminasi oleh air, segera kuras. Selain itu, Anda juga harus memeriksa seluruh sistem rem mobil Anda. Setelah terkena banjir pastilah banyak kotoran dan endapan lumpur akan masuk menerobos ke dalam bagian-bagian rem seperti kaliper dan teromol. Jika tidak mengatasinya segera, kemungkinan rem macet dan tidak berfungsi akan terjadi.

>>> Kesalahan-kesalahan dalam merawat mobil di musim dingin

Pria sedang mengecek kondisi tekanan ban mobil

Cek mobil setelah kena banjir

>>> Untuk tahu lebih banyak tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Selanjutnya adalah mengecek Electronic Control Unit (ECU), bagian interior kondisi AC, radio/tape, power window, central lock, meter cluster dan indikator, airbag, serta banyak kabel dan soketnya yang berada dalam kabin. Jika ada masalah, Anda harus segera memperbaikinya atau minta bantuan dari pihak bengkel.

Setelah mobil Anda selesai diperbaiki, kembali lakukan pengecekan ulang untuk memastikan bahwa mobil  Anda sudah sehat dan siap untuk kembali diajak berkendara. Tinggalkan kendaraan apabila banjir yang terjadi sudah sangat berbahaya seperti adanya arus air yang deras. Jangan lupa selalu prioritaskan keselamatan diri anda dan keluarga.

Tidak ada apa yang kita tidak bisa tahu, yang penting itu kita ingin belajar atau tidak. Jadi belajarlah mulai dari hal-hal yang mendasar dan nanti pengetahuan itu akan berguna. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk sobat-sobat saat terkena banjir.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil 

 
back to top