Mobil Terendam Banjir? Ini yang harus Anda Perhatikan

09/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil Terendam Banjir? Ini yang harus Anda Perhatikan
Sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda bencana banjir awal tahun ini. Akibatnya banyak mobil terendam banjir atau bahkan hanyut terbawa arus banjir.

Bagi mobil terendam banjir hingga tidak bisa dinyalakan pastinya membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membuat kondisi mobil kembali prima. Tetapi itu semua tergantung banyaknya kerusakan dan kebijakan bengkel dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil yang Anda gunakan.

Gambar menunjukan Toyota Sienta terendam banjir

Toyota Sienta terendam sampai bagian bawah kaca mobil

>>> Jangan takut beli mobil bekas banjir, ini alasannya...

Kepala Bengkel Auto2000 Bintaro, Suharno mengatakan, “Biaya perbaikan tergantung dari kondisi kendaraannya, kalau hanya karpet yang terendam cukup dibersihkan saja. Kalau sampai area kaca harus di cek dan dibersihkan semuanya sampai bagian elektrikal. Komponen pergantian juga tergantung kondisi mobil yang terendam. Misalnya jika sampai kaca mobil yang harus diperiksa misalnya dinamo stater, dinamo amper kalau bisa kita bersihkan, kita pasti bersihkan. Tetapi jika sudah terlalu lama terendam hingga berkarat, walau kemungkinannya kecil, tidak bisa dipertahankan lagi.” katanya.

“Selain kelistrikan, bagian lain yang harus diperhatikan adalah yang berhubungan dengan keamanan, misalnya komponen airbag untuk memastikan dia bisa berguna dengan semestinya harus melakukan pergantian.” pungkasnya.

>>> Inilah ciri-ciri mobil bekas banjir

Gambar menunjukan Mekanik toyota sedang membetulkan mobil

Mobil Anda terendam banjir? Manfaatkan Program Khusus dari Auto2000

Bagi pelanggan Toyota yang merupakan bagian dari Autofamily dan mobil terendam banjir. Sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Auto2000 juga memberikan diskon jasa sebesar 30% dan diskon sparepart atau onderdil mobil sejumlah 10% untuk kendaraan korban banjir yang datang ke Auto2000 tapi tidak memiliki asuransi. Termasuk berlaku pula untuk pemilik Toyota dengan asuransi namun tidak ada perluasan tanggungan terhadap bencana alam sehingga kerusakan yang terjadi akibat banjir tidak terlindungi berlaku antara tanggal 6 Januari – 29 Februari 2020. Auto2000 membagi tiga tingkat kerusakan mobil dalam beberapa kondisi kendaraan yang meliputi: Pekerjaan Light, Pekerjaan Medium dan Pekerjaan Heavy.

Untuk diskon jasa dan sparepart  ini hanya berlaku hingga 3 Februari 2020. Sebagai gambaran, Toyota Agya yang masuk dalam segmen Level pekerjaan light maka biaya jasa servis kisaran Rp 2.2 jutaan atau diskon 30% dari seharusnya Rp 3 jutaan. Harga tersebut belum termasuk PPN, menghilangkan bau dan biaya penggantian komponen mobil dan komponen mobil yang mengalami kerusakan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top