Mobil Terendam Banjir, Apakah yang Harus Dilakukan?

02/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Mobil Terendam Banjir, Apakah yang Harus Dilakukan?
Indonesia bisa dibilang salah satu negara dengan banjir yang paling sering terjadi. Kadang banjir datang tanpa disadari dan tiba-tiba mobil sudah terendam banjir. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika mobil terendam banjir?

Berdasarkan National Safety Council, jika mobil terendam banjir, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Jika air cukup dalam, segera kunci pintu dan buka jendela. Lepaskan sabuk pengaman Anda dan keluar dari jendela. Ketika mobil Anda terendam banjir ketika Anda diluar, yang harus Anda lakukan adalah:

1. Jangan coba nyalakan mobil

Begini cara menghidupkan mobil yang telah terendam banjir

Beberapa pengemudi tergoda untuk menghidupkan mobil dan melihat apakah mobil masih berfungsi. Tapi, air yang merendam mesin bisa merusak jika mobil dihidupkan. Jika Anda ingin menjalankan atau memindahkan mobil, tunggu sampai banjir reda.

>>> Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Bisa Menyala

2. Periksa semua sistem kelistrikan

Cara mengganti sistem kelistrikan mobil setelah terendam banjir

Jika mesin terlihat tidak mengalami kerusakan apa-apa, periksa semua sistem kelistrikan mesin, mulai dari lampu depan, lampu sein, AC, stereo, kunci daya, bahkan lampu interior. Anda bisa melihat kerusakan atau kesalahan yag terjadi, termasuk cara mobil berjalan atau transmisi bergeser, hal itu bisa menjadi tanda gangguan listrik.

>>> Pertama Kali di Dunia VW Ciptakan Robot Pengisi Baterai Mobil Listrik

3. Periksa oli dan pembersih udara

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang terendam banjir

Lumpur bisa masuk ke dalam oli dan pembersih udara

Jika Anda melihat tetesan air pada dipstick atau jika air masuk ke dalam filter udara, jangan sekalipun mencoba untuk menghidupkan mobil. Anda bisa mengganti oli dan melepas busi serta meniupnya, tapi lebih baik jika pekerjaan ini diserahkan pada teknisi berpengalaman.

>>> Baca juga Masalah yang sering terjadi pada AC mobil

4. Periksa sekeliling roda dan ban

Gambar yang menunjukan ban mobil yang sedang terendam banjir

Ban juga sering terpengaruh oleh banjir

Sebelum mencoba menggerakkan mobil, cari puing-puing yang bersarang di sekitar roda, rem dan bagian bawah bodi mobil. Pastikan tidak ada sampah yang menghalangi atau tersumbat di bagian bawah mobil.

>>> Jelang Musim Pengujan, Berikut Tips Memilih Ban Mobil Yang Tepat

5. Perhatikan interior

Bagaimana cara memperbaiki karpet mobil ketika kebanjiran

Jika air masuk ke dalam mobil, jamur akan tumbuh dengan cepat. Mulailah dengan membuka jendela untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam mobil. Selain itu, Anda juga harus berencana mengganti atau mencuci apa saja yang basah; mulai dari karpet, panel pintu, bantalan kursi, atau kain pelapis kursi. Ingat, perbaikan ini bisa ditanggung oleh penyedia asuransi Anda.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

6. Hubungi perusahaan asuransi Anda

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang terendam banjir

Penyedia asuransi juga bisa menanggulangi ketika mobil terendam banjir

Kerusakan karena banjir biasanya ditutupi oleh asuransi. Perusahaan asuransi mungkin akan dibanjiri juga dengan klaim dari pengguna lain yang ikut terkena banjir. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menghubungi penyedia asuransi Anda lebih awal.

>>> Mobil Korban Kerusuhan, Bisakah Mendapatkan Klaim Asuransi?

7. Waspadai penggantian komponen yang rusak akibat banjir

Banyak mobil yang mati total karena banjir bisa dibersihkan dan dijual kembali. Sebelum membeli mobil bekas, perhatikan sejarah tentang mobil tersebut: apakah mobil memiliki sejarah kerusakan karena banjir dan periksa apakah penggantian komponen tersebut terjadi setelah mobil kebanjiran.

Begini cara memperbaiki mesin yang terkena banjir

Mobil model terbaru memiliki sistem bahan bakar yang tersegel. Tapi pada mobil lama, terkadang mobil bisa masuk ke dalam tangki bahan bakar dan bagian mesin lainnya. Ketika mobil terendam banjir, cobalah untuk memeriksa semua sistem kelistrikan dan mesin mobil, untuk berjaga-jaga apakah mobil Anda harus diperiksa lebih lanjut oleh teknisi atau bisa Anda perbaiki sendiri.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top