4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bangun Mobil Taft Modifikasi Keren

27/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Mobil Taft modifikasi keren perlu memperhatikan beberapa hal, supaya nantinya hasil modifikasi tersebut bukan cuma bagus dilihat tapi juga bisa digunakan untuk Anda berpetualang kemana saja.

Daihatsu Taft memang sudah tak lagi diporduksi. Namun mobil ini sampai sekarang masih banyak peminatnya. Tak jarang mereka membuat mobil Taft modifikasi keren yang membuat kendaraan tersebut tetap terlihat gagah walau usianya sudah tak lagi muda.

Modifikasi mobil Taft juga sering kali menganut gaya mobil offroad. Ini karena Daihatsu Taft memang secara kondratnya menjadi mobil SUV (Sport Utility Vehicle) berukuran compact yang juga punya varian dengan sistem penggerak roda 4x4. Bahkan hingga kini, Daihatsu Taft masih banyak diandalkan untuk menerjang medan-medan offroad yang terkadang tak mampu dilalui kendaran lain.

Dengan beberapa keunggulannya itulah, depresiasi harga Daihatsu Taft tidak terlalu besar walaupun produksi mobil ini sudah terhenti lebih dari 20 tahun lalu. Bahkan harga mobil Taft modifikasi juga sama mahalnya ketimbang yang masih dalam keadaan standar.

Anda juga saat ini masih memiliki salah satu generasi Daihatsu Taft di rumah tapi berniat ingin menjualnya? Saran kami lebih baik dipertahankan dan dibuat mobil Taft modifikasi keren. Karena jika penampilan dan kondisi mobil tersebut sudah jauh lebih baik, mobil ini tak kalah dengan SUV-SUV modern lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membangun mobil Taft modifikasi:

1. Ubah Bodi Taft Modif Rubicon

Modifikasi Taft Rubicon

Modifikasi ini sering disebut Taft Rubicon

Hal pertama saat modif mobil Taft adalah melakukan ubahan pada bagian bodi. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kondisi keseluruhan bodi sudah bebas dari karat. Mengingat usia mobil yang sudah di atas dua dekade maka bukan tidak mungkin ada karat yang menempel atau bagian bodi yang sudah keropos termakan usia. Untuk mengetahui kondisi ini, maka Anda terlebih dulu harus membongkar semua komponen di bagian interior, kemudian mengerok total cat yang menempel di bodi. Nanti barulah diketahui apakah ada kondisi bodi yang berkarat.

Jika dipastikan sudah tak ada karat yang tersisa, baru langkah selanjutnya kembali mengecat keseluruhan bodi mobil tersebut. Usahakan warna cat mobil tetap dipertahankan biar kesan original tetap terjaga. Karena nantinya Anda akan menambahkan banyak aksesoris modifikasi di mobil ini.

Selanjutnya apabila proses pengecatan sudaha rampung, maka langkah yang Anda lakukan berikutnya mulai memasng aksesoris modifikasi mobil Taft. Yaitu dengan pemasangan over fender dan gril baru. Aksesoris yang menempel pada keempat fender roda ini berguna untuk modifikasi mobil Taft dengan memakai ban ukuran lebih besar. Sehingga meskipun ban sebenarnya jauh keluar dari bodi, tapi seolah-olah tetap rata dengan fender.

Sementara pemasangan gril baru akan membuat penampilan mobil menjadi berbeda. Langkah ini sering disebut modifikasi ala Rubicon karena gril yang terpasang mirip dengan gril dari mobil-mobil Jeep.

>>> Ini Cara Modifikasi Mobil Agya Biar Tambah Keren

2. Modifikasi Taft GT 4x4 Off Road

Modifikasi Daihatsu Taft GT

Aplikasikan kaki-kaki yang siap untuk diajak offroad

Setelah proses restorasi bodi dan pemasangan aksesoris over fender dan gril selesai, maka tahap berikutnya adalah melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki agar siap dipakai offroad. Untuk Daihatsu Taft GT 4x4 tentu akan lebih mudah dalam proses ini, namun apabila Taft Anda masih bersistem penggerak 4x2, maka bisa diubah terlebih dulu menggunakan mekanisme 4x4. Tentunya And abisa mempercayakan bengkel khusus Daihatsu Taft untuk melakukan ubahan pada bagian kakai-kaki mobil itu.

Namun saat memeriksa bagian suspensi dan sistem penggerak ini, pastikan juga kondisi per dan shock masih bekerja dengan baik. Kalau memang perlu diganti sebaiknay ganti dengan komponen baru. Jangan lupa juga ganti oli gardan biar kondisi mobil semakin bugar. Apabila semuanya sudah direkondisi, tinggal pasang ban ukuran besar. Anda bisa andalkan velg bawaan dari Daihatsu Taft tersebut atau bisa juga lakukan subtitusi dengan velg lain untuk dikombinasikan dengan ban bertapak kasar itu.

>>> Tips Modifikasi Mobil Espass Biar Tetap Nyaman Buat Harian    

3. Modifikasi Daihatsu Taft Biar Mesinnya Kembali Prima

Modifikasi Daihatsu Taft Rocky

Kalau penampilan sudah keren, jangan lupa mesin juga wajib kembali segar

Apabila kondisi bodi sudah oke, kaki-kaki pun telah dilakukan penyegaran dan peremajaan, maka langkah berikutnya dalam membangun mobil Taft modifikasi keren adalah memastikan sektor mesin masih bekerja optimal.

Caranya dengan mengecek selurh komponen apda meisn tersebut. Mudai dari pemeriksaan sistem saluran udara masuk dan keluar agar kembali bersih, sistem pembakaran wajid dibalikkan agar bekerja maksimal, pendinginan mesin juga harus masih bekerja dengan baik, serta kompresi juga masih tetap optimal. Jangan lupa lakukan penggantian cairan-cairan di mobil, seperti oli mesin, minyak rem, air radiator, air aki, oli transmisi, sampai air radiator. Tidak ada salahnya pula Anda mengganti busi dan filter udara supaya semuanya kembali bekerja dengan sempurna.

Apabila kondisi mesin masih terjaga, maka mobil Taft modifikasi ini bukan hanya keren dilihat tapi siap untuk diajak berpetualang kemana saja.

>>> Review Daihatsu Taft 1996: Mobil ‘Pekerja Keras’ Paling Terjangkau

4. Pasang Aksesoris Off Road Biar Makin Sempurna

Modifikasi Daihatsu Taft Offroad

Contoh mobil Daihatsu Taft yang siap offroad

Proses terakhir saat hendak modifikasi mobil Taft GT biar terlihat keren dan gagah adalah memasang aksesoris yang berkaitan dengan kegiatan offroad. Misalnya memasang lampu tembak di gril depan, atau bagian atap, memasng winch di bemper depan, memasang roof rack, menggunakan bumper guard depan, sampai aksesoris lain seperti radio komunikasi atau jerigen yang merupakan aksesoris untuk penunjang kebutuhan kegiatan offroad.

Jika semuanya sudah terpasang, maka mobil Taft modifikasi keren tersebut bisa Anda nikmati untuk berpetualang menyalurkan hobi otomtoif Anda. Kalau memang tak suka offroad, berkendara keliling kota saat akhir pekan dengan mobil ini pasti juga tetap mengasyikkan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja nama sebutan modifikasi mobil?
Sebutan modifikasi mobil umumnya mengacu pada empat tema dsar aliran modifikasi, yaitu Elegant, VIP, Racing, dan Extreme
Apa saja bagian mobil yang bisa dimodifikasi?
Sebenarnya hampir seluruh kompoenn pada mobil bisa dimodifikasi.
Berpa abiaya modifikasi mobil?
Biaya modifikasi mobil tergantung dari komponen apa yang akan diubah atau dipasang pada mobil tersebut.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top