Mobil Juga Perlu Vaksin, Ini Bagian yang Disuntik

14/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Mobil Juga Perlu Vaksin, Ini Bagian yang Disuntik
Tak hanya manusia saja yang membutuhkan imunisasi, mesin mobil juga perlu diberikan vaksin, ini dia bagian yang disuntik agar mesin mobil senantiasa sehat...

Selayaknya manusia, mobil juga membutuhkan perawatan khusus agar mesinnya senantiasa dalam keadaan sehat. Jika manusia membutuhkan imunisasi atau lazim disebut juga vaksin untuk mencegah tertular penyakit tertentu, rupanya mesin mobil pun demikian. Mobil juga perlu disuntik vaksin agar kondisi mesin terus menerus terjaga. Bagian inilah yang biasanya dibersihkan dengan cara 'disuntik' cairan pembersih ruang bakar.

Vaksin Pada Mobil

"Pada saat proses pembakaran dan kompresi tentu saja akan mengakibatkan terdapat kerak carbon atau kotoran hasil pembakaran. Di mana kerak tersebut bisa mengurangi efisiensi pembakaran dan untuk jangka panjangnya bisa mempengaruhi kualitas engine," tukas Andreas Benyamin Peter, selaku Kepala Bengkel Astra Daihatsu Sunter, yang berada di bilangan Jakarta Utara kepada Cintamobil.com.

Foto Mesin 1KR Daihatsu

Ruang bakar disemprot 'vaksin' atau cairan khusus dari lubang busi ini

Andreas juga menambahkan jika biaya yang dibutuhkan untuk suntik vaksin atau gurah mesin hanya Rp 154 ribu saja.

"Harga berlaku all type (mobil Daihatsu), tapi harga tersebut adalah materialnya saja, kalau (sekalian) melakukan service perawatan berkala, (konsumen) hanya bayar materialnya saja, tapi kalau cuatomer hanya datang mau gurah mesin saja ada tambahan biaya untuk jasanya Rp 20 ribu," tambah Andreas.

>>> Driver Taksi Online Bisa Manfaatkan Promo Servis Daihatsu Ini

'Vaksin' Bersihkan Ruang Bakar

Lebih lanjut dijelaskan oleh Andreas jika proses suntik vaksin atau gurah mesin ini cukup efektif guna membersihkan ruang bakar. 

"Cuci ruang bakar kita menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kerak karbon pada ruang bakar. Cuci ruang bakar ini juga bisa di lakukan di semua bengkel Astra Daihatsu wilayah DKI 2," tukas Andreas. 

Foto Daihatsu Zebra Master Pick Up lakukan uji emisi

Ruang bakar terawat = bisa lulus uji emisi

Sebagai informasi, bengkel Astra Daihatsu wilayah DKI (Daerah Khusus Ibukota) 2 adalah bengkel-bengkel di bawah naungan Astra Daihatsu yang berlokasi di wilayah Sunter, Kelapa Gading, Pluit, Harapan Indah (Bekasi), Bekasi Sudirman, Narogong (Bekasi), Cikarang, Karawang, Bogor Yasmin, Bogor Padjajaran, Cibinong, dan Cibubur. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan datang ke jaringan bengkel Astra Daihatsu di atas atau hubungi ke nomor 1500-8988 untuk kemudian diarahkan operator sesuai dengan jaringan bengkel Astra Daihatsu terdekat dari lokasi Anda.

>>> Mobil Tua Jangan Takut Uji Emisi, Begini Caranya Biar Lulus

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top