Mobil Bermesin Turbo Disimpan Lama, Perhatikan Hal Ini

18/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Di pasar Tanah Air, mesin bersistem induksi udara paksa tentu sudah banyak di pasaran, jika mobil bermesin turbo disimpan lama, perhatikan beberapa hal ini...

Saat ini di pasar mobil Tanah Air, mesin bersistem induksi udara paksa alias turbocharger tentunya sudah banyak tersedia di pasaran. Dari mobil keluaran Eropa hingga Tiongkok sudah tersedia varian yang modelnya dilengkapi mesin turbo. Saat masa PSBB (Pembatasa Sosial Berskala Besar) seperti ini, tentu orang menjadi lebih sering di rumah, apabila mobil bermesin turbo disimpan lama, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Nyalakan Mesin Mobil Setidaknya Lima Hari Sekali

Foto DFSK Glory 560

Mobil buatan China seperti DFSK Glory 560 sudah dilengkapi dengan turbo

"Untuk mesin turbo sebenarnya tidak ada yang khusus, sama dengan mesin konvensional yang penting dipanaskan saja. Tujuannya agar oli tetap bersirkulasi ke mesin serta turbo, as, bearing plus bilah turbonya tetap terlumasi dengan baik (tidak muncul karat). Maka dari itu nyalakan mesin secara rutin, jangan didiamkan terus. setidaknya setiap 5 hari," papar Sugiarto, yang jadi Technical Training & Service Manager DFSK.

>>> Mau Simpan Mobil Hybrid Dan Elektrik? Jangan Isi Baterai Sampai Penuh

Sirkulasi Oli yang Utama

Foto fixed geometry turbocharger Honeywell

Mesin perlu dihidupkan agar oli tetap bersirkulasi dan bearing hingga bilah tidak berkarat

Lebih lanjut, pria yang juga senang membahas teknis kendaraan ini juga menambahkan, mobil berturbo perlu dipanaskan secara rutin karena pelumasan turbo biasanya menggunakan sistem pelumasan mesin.

"Sehingga memang perlu dipanaskan, agar oli tersirkulasi," tambahnya.

Hal ini penting, mengingat di masa pandemic seperti ini mobil yang biasanya setiap hari berjalan antara 50-100 kilometer per hari, sekarang hampir stop total.

>>> Awas! Kerusakan Kabel Akibat Dimakan Tikus Tidak Tercover Garansi

Foto mesin SFG15T DFSK Glory

Mesin SFG15T punya tekanan turbo sekitar 0,8 hingga 1,1 bar

Sistem induksi udara paksa atau lazim disebut dengan turbo memang kini menjadi cara pabrikan mobil saat ini guna menambah tenaga serta menekan emisi gas buang. Selain dapat memperbesar output tenaga dari mesin, memasang turbo juga akan membuat konsumsi BBM mobil lebih irit. Maka tak heran, berbagai jenis mobil banyak yang mengaplikasikan turbocharger tak terkecuali dengan DFSK. Jadi jangan lupa dipanaskan apabila mobil bermesin turbo hendak disimpan lama.

Foto turbo DFSK Glory

Jangan lupa dipanaskan apabila mobil bermesin turbo ingin disimpan lama

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil baca disini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top