Mobil Anda Banyak Serangga, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Share this post:
Mobil Anda Banyak Serangga, Perhatikan Beberapa Hal Ini
Tentu kita jengkel dengan adanya ‘penyusup’ dalam mobil berupa serangga yang sama sekali tak diinginkan, lalu bagaimana cara kita membersihkan mobil dari hama tersebut dan memastikannya tidak balik lagi ke dalam mobil?

Membersihkan mobil dari serangga - Ketika Anda sedang asyik berkendara, lalu tiba-tiba ada seekor kecoa, atau serangga lainnya muncul dari dashboard mobil Anda, jelas itu bukan pengalaman yang mengenakkan.

Untuk membersihkan mobil dari serangga, kita juga harus tahu apa saja yang mengundang serangga masuk ke dalam mobil, serta mengetahui cara untuk mengusir dan mencegahnya datang lagi.

>>> Baca juga: Tidak Cepat Terlihat Kusam, Berikut Tips Merawat Dasbor

Sampah memenuhi interior mobil

Kondisi interior seperti ini adalah tempat ideal bagi serangga untuk berkembang biak

Patut diperhatikan juga bahwa serangga kerap berkoloni, yang berarti jika Ada satu serangga masuk, itu akan membuka jalan bagi serangga lainnya untuk menyusupi mobil Anda. Selain itu, Ruang kabin yang kotor dan lembab juga merupakan tempat favorit bagi serangga, terlebih jika Anda meninggalkan makanan ataupun minuman di kabin mobil.

>>> Cara merawat Sunroof, mudah tapi tak bisa asal

Apa saja hal yang membuat serangga penasaran dan menyelinap ke dalam mobil?

Sebuah mobil parkir di bawah pohon

Di balik rindangnya pohon terdapat banyak serangga yang bisa menyelinap masuk ke dalam mobil Anda

  • Kendaraan yang sering diparkir di bawah pohon, rerumputan, atau dekat kebun, yang notabene-nya adalah habitat serangga.
  • Kendaraan yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama dan terparkir di tempat yang gelap, minim cahaya matahari, serta lembab.
  • Kendaraan yang terparkir di dekat lingkungan yang kurang higienis, seperti tepi got atau tempat pembuangan sampah.

>>> Ragam material interior, dari mobil murah hingga supercar

Keberadaan serangga jika dibiarkan lambat laun dapat membuat interior mobil rusak, khususnya pada bagian-bagian penting yang tersembunyi. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membersihkan mobil dari serangga?

Bangkai serangga yang terdapat di sela-sela mobil

Sela-sela mobil tak boleh terlewat saat membersihkan mobil agar tidak menjadi sarang serangga

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini

  • Dahulukan pembersihan Interior tiap kali membersihkan mobil, jika perlu luangkan waktu khusus untuk benar-benar membersihkan interior secara detail.
  • Pastikan Interior Anda bersih dari sisaan atau remah-remah makanan yang bisa mengundang datangnya serangga.
  • Hindari memarkir mobil di tempat-tempat yang gelap dan lembab, yang merupakan tempat favorit bagi serangga seperti di bawah pohon, di atas rumput, dekat kebun, got atau tempat pembuangan sampah.
  • Jangan membuarkan mobil Anda tak terpakai serta menaruh di tempat yang lembab dan gelap dalam waktu lama.
  • Jika mobil Anda menggunakan sunroof, pastikan sunroof sebelum meninggalkan mobil karena bisa menjadi jalan masuk bagi serangga.
  • Bersihkan karpet dan interior kendaraan Anda menggunakan vakum
  • Jika perlu, bawa mobil anda ke salon mobil untuk perawatan secara detail dan menyeluruh.

Jika mobil Anda sudah kepalang disusupi serangga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengusir, dan memastikan serangga tidak kembali lagi. Cara yang umum dilakukan adalah menggunakan pembasmi serangga, atau pestisida. Pun demikian, kami sarankan untuk tidak menggunakan pembasmi serangga berbentuk cair, atau aerosol.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Pembasmi serangga berbentuk gel

Disarankan menggunakan pestisida berbentuk serangga berbentuk gel, seperti pembasmi kecoa di atas

Pestisida aerosol sangat mudah menguap bersama udara dan terirkulasi AC, hal yang justru membahayakan pengemudi. Disarankan untuk menggunakan pembasmi berbentuk serangga berbentuk gel, dan tempatkan di titik yang mudah Anda bersihkan.

Berikut tips seputar cara membersihkan mobil dari serangga, semoga dapat membantu Anda dalam perawatan mobil.

>>> Temukan Tips & Trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top