Meski Ukurannya Mini, Komponen Kecil Ini Bikin Ban Aman dan Terjaga

13/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bukan hanya komponen besar saja yang berperan penting bagi kendaraan, bahkan komponen kecil berikut membuat ban aman dan terjaga sehingga menunjang keselamatan.

Ada banyak komponen pada kendaraan bermotor, termasuk mobil. Masing-masing memiliki peranannya sendiri. Misalnya setir untuk membelokkan kendaraan, rem untuk memelankan laju kendaraan atau berhenti, lampu untuk penerangan dan yang lain. Pertanyaannya, adakah komponen kendaraan yang tak memiliki fungsi?

Tidak ada. Semua komponen kendaraan bermotor punya fungsi, hingga komponen kecil sekalipun. Secara logika, pabrikan tidak mungkin memasang sesuatu yang tidak ada guna sama sekali. Karena itu sama saja dengan buang-buang duit tanpa faedah. Ujung-ujungnya harga jual kendaraan bakal lebih mahal dan menjadi tidak menarik bagi konsumen.

Foto menunjukkan komponen-komponen pada mobil

Ada banyak sekali komponen pada mobil

Fungsi Tutup Pentil ban

Soal komponen kecil kendaraan, ada komponen kecil yang menempel pada ban yang namanya tutup pentil. Sekilas hanya tutup pentil dari karet atau plastik yang menutupi lobang pengisian angin, namun jangan salah pentil ban manfaatnya besar dan berperan penting bagi keselamatan berkendara.

1. Melindungi sil atau karet pada pentil ban agar tidak mudah mengeras.

Bukan rahasia jika karet bisa mengeras saat terpapar dingin dan melunak di suhu yang panas. Karet pentil yang tidak tertutup bisa mengeras akibat terpapar angin saat kendaraan berjalan. Jika sudah begitu, rentan terjadi kebocoran karena sil tidak menutup sempurna pada lobang angin.

>>> Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

2. Melindungi pentil dari benda asing

Jika tidak ditutup besar kemungkinan bakal ada pasir, debu, kotoran, atau benda-benda asing masuk ke bagian dalam pentil ban. Lambat laun kotoran dan pasir bisa merusak alur atau drat sil karet.

Dua fungsi di atas adalah hal penting dan vital karena berhubungan dengan keselamatan berkendara. Risiko terburuk jika pentil ban tidak tertutup, pentil bakal kehilangan kelenturannya atau rusak. Jika sudah demikian potensi terjadi kebocoran makin besar, baik secara halus maupun langsung habis.

Foto Tutup pentil ban mau dipasang

Tutup pentil melindungi pentil ban

3. Estetika

Pasti beda penampilan ban yang memiliki tutup pentil dengan yang tidak bertutup. Yang bertutup lebih keren, terlihat apik, dan terawat. Terlebih sekarang ada beragam warna, motif dan model tutup pentil tersedia di pasaran. Ada warna hitam yang asli bawaan dari pabrik, warna hijau untuk menandai ban menggunakan angin Nitrogen, atau warna warni biar bernilai seni. Sementara pentil yang tidak bertutup terlihat seperti telanjang tak berpakaian. Terlihat seperti kurang diperhatikan pemiliknya.

>>> Modifikasi Toyota Starlet GT EP82, Pentingkan Fungsi Dibanding Estetika

So, meski hanya komponen kecil tutup pentil ban memiliki fungsi sangat besar dalam menunjang keselamatan berkendara. Tidak hanya tutup pentil, komponen kecil yang lain pun memiliki fungsi dan peranannya tersendiri. Kira-kira apa saja?

Foto Tutup pentil ban warna merah

Ada unsur estetika pada tutup pentil ban

>>> Tips & trik menarik lainnya Anda bisa temukan disini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top