Meski Tidak Mudik, Begini Cara Merawat Mobil Selama Lebaran

16/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Walaupun tidak mudik merawat mobil selama lebaran tetap harus dilakukan. Lakukan cara sederhana berikut ini agar mesin kendaraan Anda selalu dalam keadaan prima

Mudik merupakan tradisi yang cukup ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sayangnya, tahun ini masyarakat harus sabar dulu mengingat pemerintah Indonesia secara resmi memberlakukan pembatasan mudik lebaran ke luar kota. Nah, berikut ini adalah berbagai panduan perawatan mobil secara sederhana yang bisa Anda lakukan selama libur lebaran. 

1. Rutin Membersihkan Eksterior dan Interior Mobil di Rumah

mencuci mobil sendiri di rumah

Mencuci mobil sendiri di rumah adalah salah satu cara merawat mobil yang paling sederhana

Tradisi merawat mobil seperti mencuci, membersihkan interior hingga cek tekanan angin pada ban sebaiknya tetap dilakukan menjelang lebaran. Senang sekali rasanya ketika melihat mobil yang bersih dan rapi walaupun hanya terparkir di garasi rumah. Biasanya beberapa tempat cuci mobil tutup menjelang lebaran, namun Anda tetap bisa melakukannya secara mandiri di rumah.

>>> Inilah Tempat Cuci Mobil Terbesar di Dunia

2. Periksa Oli dan Cairan di Ruang Mesin, Isi Jika Berkurang

Fungsi oli sama halnya dengan darah pada tubuh manusia, yaitu untuk menjaga stamina dan performa mobil. Perhatikan kapan terakhir kali Anda mengganti oli mesin. Jika ternyata waktu pemakaian atau jarak tempuh telah melewati batas yang ditentukan, segera ganti oli. Mengganti oli bisa dilakukan sendiri di rumah. Selagi membuka kap mesin, jangan ketinggalan untuk memeriksa kondisi air radiator, air aki, minyak rem, dan cairan wiper mobil. Jika salah satunya ada yang kurang segera tambahkan atau ganti dengan yang baru jika memang sudah waktunya ganti. 

memeriksa oli sebagai bagian perawatan mobil

Memeriksa oli adalah salah satu caara merawat mobil 

>>> Pentingnya Menggunakan Oli Mobil yang Sesuai dengan Tipe Mesin

3. Cek Kolong Mobil Apakah Ada Rembesan Oli di Bawah Mesin

Salah satu problem kendaraan yang cukup lama terparkir dan tidak digunakan adalah adanya rembesan cairan di bawah mesin. Entah oli atau cairan lainnya sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan ini. Pasalnya jika sering dibiarkan hal ini bisa mengganggu performa mesin kendaraan bahkan menjadi penyebab keropos pada mesin. Oleh karena itu, melihat kolong mobil adalah salah satu cara merawat mobil yang tepat. Jangan lewatkan untuk mengecek jika ada karet yang getas atau pecah pada bagian mekanis yang berhubungan dengan setir atau suspensi.

memeriks kolong mobil untuk mencari tahu rembesan oli

Mencuci mobil sendiri di rumah adalah salah satu cara merawat mobil yang paling sederhana

Itu dia beberapa cara merawat mobil yang perlu Anda perhatikan. Kedisiplinan dalam merawat mobil selama Lebaran adalah kunci agar mobil tetap aman, sehat, dan terawat. Melakukan perawatan rutin atau servis berkala ke bengkel resmi maupun secara mandiri di rumah sangat dianjurkan kepada seluruh pemilik kendaraan. Jadi, meskipun terdapat larangan mudik pada Lebaran di tahun ini, jangan berkecil hati. Tetap lakukan perawatan mobil jelang libur Lebaran. Hal ini agar mobil Anda selalu dalam keadaan prima meskipun tidak digunakan untuk mudik.

>>> THR Udah Turun! Yuk Sisihkan untuk Perawatan Kendaraan

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top