Meski Mudah Merawatnya, Ini 3 Masalah Toyota Avanza yang Sering Diabaikan

18/09/2019
Banyak yang bilang masalah Toyota Avanza itu hampir tidak ada. Padahal sama seperti mobil lainnya, jika kendaraan tersebut tidak dirawat dengan semestinya, maka akan muncul beberapa masalah yang bakal merepotkan pemiliknya.

Toyota Avanza terkenal sebagai mobil yang mudah dalam perawatannya. Hampir tidak ada hal yang perlu diperhatikan secara khusus dari mobil yang satu ini. Bahkan banyak yang bilang, merawat Avanza cukup ganti oli dan isi bensin saja.

>>> All New Suzuki Ertiga GL AT 2019 vs New Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Namun karena kemudahan dalam pemeliharaanya itulah, banyak pemilik yang kurang perhatian dengan masalah Toyota Avanza. Padahal jika dibiarkan, hal itu akan merusak keseluruhan sistem mekanik di mobil tersebut.

Berikut ini beberapa masalah Toyota Avanza yang sering kali diabaikan para pemiliknya:

1. Bahan Bakar

Pertalite dan Pertamax

Avanza wajib pakai BBM minimal RON 90

>>> Promo mobil baru Toyota lainnya ada disini

Pada Toyota Avanza, terutama generasi terbaru, sejatinya menggunakan bahan bakar jenis RON 90 aau RON 92 demi menjaga performa mesinnya. Hal ini mengingat Avanza terbaru mesinnya sudah menggunakan teknologi Dual VVTi yang membutuhkan bahan bakar berkualitas.

Namun kebanyakan pemilik atau pengemudi Avanza masih menggunakan bahan bakar dengan RON 88. Hal tersebut tentunya membuat sistem pembakaran di ruang meisn jadi tidak sempurna. Yang kemudian tindakan ini berefek pada performa mesin jadi tidak maksimal dan konsumsi bahan bakar juga sedikit lebih boros.

2. Sistem Pendingin

radiator panas

Jangan sampai terjadi overhead diperjalanan

Banyak dari pemilik Avanza yang tidak pernah melakukan pengecekan sebelum mobil dikendarai. Padahal pengecekan mobil itu penting, termasuk mengecek sistem pendinginan mesin. Misalnya mengecek kualitas dan kuantitas air radiator, sistem kipas pendingin, dan sebagainya.

>>> Pilihan Toyota Avanza bekas berkualitas ada disini

Jika hal tersebut dibiarkan, maka masalah Toyota Avanza yang akan dialami adalah mesin overheat diperjalanan. Biasanya karena air radiator habis, selang radiator bocor, atau motor fan radiator rusak.

3. Filter Udara

filter udara mesin mobil

Selalu rutin bersihkan filter udara

Avanza seringnya dipakai sebagai mobil harian. Aktifitas yang padat membuat mobil ini juga mudah sekali mencapai jarak tempuh yang tinggi. Nah seiring berjalannya waktu, dengan kondisi cuaca dan polusi di Indonesia yang cukup tinggi, maka hal ini juga akan mempengaruhi filter udara di mesin mobil.

Terkadang masalah Toyota Avanza timbul dari bagain filter udara. Itu akrena filter hampir tidak pernah dibersihkan oleh pemiliknya. Padahal tugas komponen ini menyaring udara dari luar sebelum masuk ke ruang pembakaran. Jika filter kotor, maka besarnya udara yang masuk ke ruang pembakaran pun jadi berkurang sehingga mempengaruhi performa mesin mobil itu sendiri.

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain