Acuan Dasar Mesin Empat Langkah = Gerakan Naik Turun Piston

17/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mesin empat langkah adalah salah satu mesin pembakaran dalam yang memiliki piston yang melakukan empat langkah yang berlainan saat memutar crankshaft.

Mesin empat langkah adalah salah satu mesin pembakaran dalam dengan piston yang melakukan empat langkah berbeda saat memutar crankshaft. Setiap langkah mengacu pada pergerakan piston sepanjang ruang silinder dengan arah naik atau turun.

gambar mesin

Rangkaian kerja mesin empat langkah yang kerap disebut "suck-squeeze-bang-blow" 

Pada mesin bensin empat langkah, pergerakan piston terbagi sebagai berikut. Nah, ke-empat siklus kerja mesin bensin empat langkah dan pergerakan piston ini yang kemudian menciptakan  frasa unik yang sangat familiar bagi para petrolhead, "Suck, Squeeze, Bang, Blow".

>>> Menurut Toyota, Mesin Pembakaran Dalam Belum Mati

Suck (Intake) - Langkah Isap

Juga disebut langkah induksi atau langkah hisap. Pada tahap ini, langkah piston dimulai sejak dari titik mati atas (TMA) atau  top dead center (TDC) dan berakhir pada titik mati bawah (TMB) atau  bottom dead center (BDC). Ketika langkah induksi atau langkah hisap berlangsung, maka katup masuk (intake valve) terbuka penuh dan piston bergerak ke bawah serta menciptakan tekanan vakum sehingga dapat memasukkan seluruh campuran bahan bakar udara ke dalam ruang silinder.

gambar mesin

Langkah isap merupakan proses pengisapan campuran udara dan bahan bakar serta piston ada di TMB

Pada mesin dengan sistem injeksi langsung (bensin) dan mesin diesel, hanya udara yang masuk ke dalam ruang silinder (bensin dan solar diinjeksikan pada langkah pembakaran). Gerakan  piston ke bawah akan berhenti saat mencapai TMB dan kemudian diikuti dengan penutupan katup masuk.  

Squeeze (Compression) - Langkah Kompresi

Langkah kompresi berlangsung ketika piston mencapai TMB dan berakhir ketika piston berada di posisi TMA. Pada langkah kompresi, semua katup (masuk dan  buang) tertutup sepenuhnya dan campuran bahan bakar udara kemudian dikompresikan atau dimampatkan oleh piston yang bergerak naik ke atas.

gambar mesin mati

Langkah squeeze disebut juga langkah kompresi untuk memampatkan campuran bahan bakar dan udara.

Dalam tahap ini, campuran bahan bakar udara sudah siap untuk dinyalakan oleh percikan bunga api busi.  

Bang (Combustion) - Langkah Tenaga

Nama lainnya adalah  power stroke atau  ignition stroke. Dalam tahap ini, crankshaft sudah berputar 360o penuh. Ketika  piston mencapai TMA (akhir langkah kompresi) campuran bensin udara yang telah dikompresikan oleh piston (akan) dinyalakan oleh busi (mesin bensin). Sedangkan pada mesin dengan sistem  injeksi langsung maka bensin akan diinjeksikan disertai jeda untuk penyalaan oleh busi.

gambar mesin

Siklus "bang" mengacu pada langkah tenaga (power stroke)

Pada mesin diesel, bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam udara bertekanan tinggi dan bersuhu panas sehingga terjadi auto-ignition. Proses pembakaran yang terjadi akan mendorong piston ke bawah dan mencapai TMB. Gerakan piston ke bawah (akan) memutar crankshaft dan menghasilkan output mesin (tenaga torsi).

Blow (Exhaust) - Langkah Buang

Alias langkah buang. Sepanjang tahap ini, seluruh katup buang (exhaust valve) terbuka secara penuh dan piston akan bergerak naik dari posisi TMB menuju TMA. Gerakan piston ke arah atas sekaligus bertujuan untuk mengeluarkan seluruh gas sisa hasil pembakaran dari dalam ruang bakar dan ruang silinder menuju perangkat knalpot untuk selanjutnya dilepaskan ke udara bebas.

gambar mesin

Mesin empat langkah mengikuti siklus seperti di atas

Sebelum mengotori lingkungan, gas buang melalui perangkat pembersih seperti catalytic converter untuk menjamin seminimal mungkin polutan berbahaya. 

>>> Waspada Bensin Mobil Basi, Bisa Bikin Mesin Rusak!

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top