Hemat Waktu dan Biaya, Ini Keunggulan Pakai Mesin Cuci Mobil Listrik

12/05/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Penggunaan mesin cuci mobil listrik tentu saja menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Sebelum membeli, simak tips memilih mesin cuci mobil & daftar harganya.

Selama pandemi, masyarakat menerapkan aturan social distancing dan banyak melakukan aktivitas di rumah. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mencuci kendaraan sendiri, seperti motor atau mobil, menggunakan mesin cuci listrik bertekanan tinggi. Penggunaan mesin cuci mobil listrik tentu saja menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Sebelum membeli, Anda bisa simak tips memilih mesin cuci mobil atau motor berikut beserta daftar harganya. 

Tips Memilih Mesin Cuci Mobil Tekanan Tinggi

Mencuci menggunakan mesin cuci listrik atau portable memudahkan Anda untuk merontokkan kotoran yang sulit dijangkau pada bodi motor atau mobil. Selain itu, juga lebih menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu pergi ke tempat pencucian dan menunggu antrian. Sebelum membeli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, perhatikan daya listrik yang digunakan. Ketika memilih mesin cuci mobil tekanan tinggi berdaya listrik, pastikan daya listriknya tidak melebihi daya listrik di rumah. 

orang sedang mencuci mobil

Agar lebih hemat, cuci mobil juga bisa dilakukan di rumah

Kedua, perhatikan tekanannya. Besar kekuatan dari tekanan ini dihitung dalam satuan Psi. Mesin pencuci mobil listrik memang bagus untuk merontokkan sisa-sisa kotoran pada bagian bodi. Namun, tekanan pada mesin bisa saja berbahaya buat bodi kendaraan sendiri. Anda perlu memastikan rasio pencampuran udara dengan air. Bagi mesin pencuci yang bagus yaitu dengan perbandingan 70:30, 70 untuk udara dan 30 untuk air untuk menghindari baret. 

Ketiga, lihat fitur yang ditawarkan. Sebelum membelinya, Anda harus tau fitur-fitur apa yang ditawarkan oleh mesin cuci listrik. Beberapa merk menawarkan keunggulan berbeda-beda, seperti adanya fitur berhenti otomatis ketika pegangan di switch tidak ditekan, seperti dari merek Lakoni Daytona 100. Fitur semacam ini akan berguna untuk menghemat listrik. 

Keempat, pilihlah mesin yang perawatannya mudah. Hal ini akan menguntungkan Anda sehingga mesin bisa awet. Terakhir, carilah mesin cuci mobil yang sparepartnya mudah ditemukan. Akan lebih aman untuk memilih merek mesin cuci mobil yang populer. 

>>> Cara Cuci Mobil yang Benar Supaya Tak Cepat Keropos

Daftar Harga Alat Cuci Mobil Rumahan 

mesin pencuci mobil listrik

Harga mesin cuci mobil beragam tergantung tipe & fitur

da beberapa merek alat cuci mobil yang bisa Anda pilih, beberapa di antaranya dari Nilfisk, Karcher, H&L, Lakoni, Krisbow, hingga Multipro. Harganya pun bisa berbeda-beda tergantung tipenya. Berikut daftar harga mesin cuci mobil listrik: 

  • Harga Mesin Cuci Mobil Krisbow, berkisar mulai dari Rp 1 - Rp 3 jutaan tergantung besar tekanan dan daya listriknya. 
  • Harga Mesin Cuci Mobil Karcher, berkisar mulai dari Rp 500 ribu - Rp 2 jutaan tergantung dari tipe dan fitur yang ditawarkan. 
  • Harga Mesin Cuci Mobil Nilfisk, berkisar mulai dari Rp 1,9 - Rp 2,5 jutaan. 
  • Harga Mesin Cuci Mobil Matrix HPW70, berkisar Rp 550 ribuan - Rp 1,1 jutaan. 
  • Harga Mesin Cuci Mobil H&L BIS 70 Jet Cleaner, berkisar antara Rp 600 ribuan - Rp 1,8 jutaan. 

>>> Teliti Saat Memilih Tempat Cucian Mobil Otomatis

Cara Menggunakan Mesin Cuci Mobil dan Mesin Cuci Motor Listrik

Mencuci menggunakan mesin cuci mobil listrik atau motor ada tekniknya biar hasilnya lebih maksimal. Pertama-tama, Anda perlu sediakan ruang besar dan luas dan parkirlah mobil di ruang terbuka. Tujuannya agar terjauh dari benda lain yang tidak ingin basah atau rusak jika terkena air. Saat mencuci, gunakan mesin yang tekanannya (psi) sesuai dengan aliran air (gpm). Besar ukuran yang direkomendasikan yaitu tekanan 1.200-1.900 PSI dan 1,4-1,6 untuk GPM.

Tiap mesin punya ukuran nozzle yang berbeda-beda. Akan lebih baik untuk memilih yang ukurannya besar sehingga air dapat merata dan mudah didistribusikan pada permukaan mobil. Pilih juga ujung pencuci yang lebih luas agar bisa mencakup lebih banyak area dengan sedikit tekanan. 

Sebelum membilas, semprotkan air dari mesin cuci ke tanah untuk periksa tekanan airnya. Kemudian semprot lumpur atau kotoran lain yang menempel di permukaan. Gunakan alat dengan jarak 4-5 kaki dari mobil dan mulai secara perlahan sambil bergerak mendekat. 

menggunakan mesin cuci mobil

Menggunakan mesin cuci mobil sendiri juga terbilang mudah

Biasanya, banyak mesin cuci tekanan yang memiliki kompartemen khusus untuk mengoleskan deterjen. Anda dapat mengisi tangki deterjen dengan deterjen yang telah dicairkan ke mesin. Lalu, mulai semprot mobil atau motor dari atas ke bawah. 

Terakhir, bersihkan sisa deterjen dengan memegang washer pada sudut 45 derajat dan bilas dari atas ke bawah. Setelah bersih, keringkan menggunakan handuk atau lap pada bodi mobil dan motor. 

>>> Cintamobil TV: Ini Cara Cuci Mobil Tanpa Air

Menentukan Besar Daya Mesin Cuci Motor Listrik Watt Kecil 

mesin cuci mobil listrik krisbow

Pastikan membeli mesin cuci yang dayanya kecil

Di pasaran, beragam dari mesin cuci mobil atau motor listrik menyediakan daya yang berbeda pula mulai dari 600 - 900 Watt. Sebelum membelinya, Anda harus perhatikan besar daya listrik di rumah. Jika dayanya 900 Watt, maka mesin cuci motor listrik watt kecil seperti 400 - 550 masih bisa menampung. Sementara, untuk rumah dengan daya listrik 1.300 ke atas, tidak perlu mempermasalahkan besar daya mesin cuci listrik. 

Daftar Harga Mesin Steam Cuci Motor Listrik

Sama seperti harga mesin cuci mobil, mesin steam cuci motor listrik juga tergantung dari merek, fitur, dan daya tekanan udara serta listriknya. Berikut merek dan daftar harga mesin steam cuci motor listrik: 

  • Karcher: bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 800 Ribu - Rp 22 Jutaan
  • Lakoni: bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 600 Ribu - Rp 4 Jutaan
  • Krisbow: bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 800 Ribu - Rp 3 Jutaan

Keberadaan mesin cuci motor dan mesin cuci mobil listrik sangat memudahkan Anda dan lebih menghemat waktu serta biaya. Beberapa merek populer yang bisa Anda pilih antara lain, dari Karcher, Lakoni, atau Krisbow. Sebelum beli, pastikan daya listrik mesin sesuai dengan daya listrik di rumah, ya. 

>>> Baca artikel tentang tips & trik lainnya seputar otomotif di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mesin cuci mobil listrik?
Harganya berbeda tergantung tipe dan fitur yang ditawarkan
Di mana saya bisa beli mesin cuci mobil listrik?
Anda bisa membelinya di e-commerce atau toko otomotif terdekat.
Apa yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci mobil listrik?
Sebelum membelinya, Anda harus perhatikan besar daya listrik di rumah Anda. Pilih juga mesin cuci mobil yang sesuai dengan kebutuhan.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top