Merawat Suspensi Udara Biar Bisa Ceper Tapi Nyaman

13/08/2019
Ketika merawat suspensi udara, sebaiknya perhatikan setiap part dan susunan dari sistem suspensi tersebut. Hal ini untuk tetap membuat suspensi bekerja dengan optimal.

Satu solusi modifikasi suspensi mobil agar menghasilkan mobil yang ceper tapi aman adalah dengan memasang suspensi udara. Sesuai namanya, suspensi jenis ini menggunakan udara bertekanan tinggi yang memompa balon udara.

>>> Modifikasi All New Suzuki Carry, Ekstrim Pakai Suspensi Udara

Balon-balon udara inilah yang menggantikan sistem suspensi mobil sebelumnya. Ketika balon terisi udara, maka jarak mobil ke aspal semakin tinggi. Sementara ketika udara pada balon keluar, maka mobil akan terlihat semakin ceper.

Ketinggian mobil yang dapat diatur inilah membuat penggunaan suspensi udara banyak dipilih oleh modifikator mobil. Namun tahukah Anda bagaimana merawat suspensi udara yang sudah terpasang di mobil?

1. Tabung

tabung suspensi udara

Sebaiknya kuras udara dalam tabung tiap sebulan sekali

>>> Promo mobil baru menarik cek disini

Dalam merawat sistem suspensi ini, sebaiknya selalu perhatikan bagian tabung udara. Pastikan tabung tidak mengalami kebocoran dan pengembunan. Sebab jika ada pengembunan dalam tangki, udara akan bercampur air dan menyebar ke seluruh bagian dari sistem tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kuras udara dalam tabung minimal sebulan sekali.

2. Kompresor

kompresor suspensi udara

Pastikan kompresor selalu bekerja optimal

Alat ini bekerja untuk mensuplai balon suspensi dengan udara dari tabung. Perhatikan dengan benar kondisi kompresor agar selalu bekerja dengan optimal. Sebaiknya lakukan perawatan berkala pada bagian ini, minimal dua bulan sekali.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas cek disini

3. Selang

sistem suspensi udara pada mobil

Jangan sampai ada kebocoran pada selang

Dalam merawat suspensi udara pastikan juga selang-selang tidak mengalami kebocoran. Cara mendeteksi adanya kebocoran pada selang cukup mudah. Ketika terdengar ada suara mendesis, boleh jadi itu tanda adanya kebocoran. Atau Anda bisa semprotkan atau usap seluruh permukaan jalur selang dengan air sabun. Jika ada gelembung air, maka dipastikan selang bocor.

Sebaiknya lakukan merawat suspensi udara ini pada bengkel yang terbiasa menangani suspensi udara. Atau Anda bisa juga lakukan ditempat dimana Anda memasang suspensi udara tersebut.

>>> Tips trik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain