Merawat Sistem Kelistrikan Mobil: Detail dan Hati-Hati

01/08/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Merawat Sistem Kelistrikan Mobil: Detail dan Hati-Hati
Mobil memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Bukan hanya mesin, merawat sistem kelistrikan mobil merupakan cara jitu untuk menjaga pengendaraan tetap maksimal.

Dibandingkan perawatan mesin, pengecekan komponen kelistrikan seringkali terlupa setelah melakukan perjalanan jauh. Tindakan preventif untuk perawatan dan pencegahan kerusakan memang sangat diperlukan, karena komponen elektrikal dan pengapian sangat rentan terkena arus pendek atau terbakar. Untuk merawat sistem kelistrikan mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu;

1. Perhatikan Kondisi Kabel dan Soket

Perhatikan kondisi kabel-kabel beserta soketnya. Pertama, mulailah dari kabel busi, kabel distributor dan lainnya. Lapisan kabel yang terkelupas atau sobek sangat berpotensi menghasilkan hubungan arus pendek (korsleting) hingga membuat mobil tiba-tiba terbakar. Sementara kondisi soket yang kotor atau longgar akan mengganggu kerja pengapian.

Gambar yang menunjukan soket dan kabel pada kendaraan

Perhatikan selalu kondisi kabel dan soket pada kendaraan Anda

Bersihkan soket distributor jika terlihat kotor dengan cairan penetran agar tidak ada penumpukan karat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengencangkan soket distributornya untuk mencegah potensi loncatan bunga api yang bisa menyulut api.

>>> Baca Juga:

2. Hindari kebocoran cairan

Gambar yang menunjukan cairan pelumas dan oli mobil yang mengalami kebocoran

Kebocoran cairan pelumas atau oli bisa langsung mempengaruhi sistem kelistrikan

Jaga komponen pengapian agar terhindar dari rembesan pelumas dan cairan lain karena akan menimbulkan korosif dan korsleting. Terlebih, periksa kondisi komponen pengapian selalu terhindar dari air apabila berkendara di musim hujan. Bahkan, usahakan untuk tidak menerobos genangan air yang bisa membuat air masuk ke ruang mesin dan akan membasahi komponen pengapian seperti kabel dan soket.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Rawat baterai/aki secara teratur

Secara berkala, periksa dan bersihkan baterai serta kabel baterai. Korosi akan menumpuk di bagian kabel baterai Anda. Sebaiknya, periksa baterai dan kabel sebulan sekali untuk memastikan tidak ada penumpukan korosi. Berikut cara membersihkan tiang dan kabel baterai:

  1. Lepaskan kabel baterai dari tiang baterai.
  2. Bersihkan tiang dan ujung kabel menggunakan cairan dan sikat kawat.
  3. Bilas kabel baterai dan bersihkan dari air. Pastikan kabel bebas dari air ketika akan dipasang kembali.
  4. Hubungkan kembali kabel baterai dengan sisi positif terlebih dahulu.

Gambar yang menunjukan seorang pengemudi yang sedang memegang baterai mobil

Untuk menghindari korosi dan penurunan kemampuan baterai, lakukan perawatan berkala

Selain itu, jika baterai mobil Anda mendekati usia 4 hingga 5 tahun, baiknya diperiksa untuk mengetahui apakah baterai harus diganti. Masa umur baterai biasanya hanya bertahan 4-5 tahun, bahkan bisa lebih pendek apabila perawatan baterai tidak sempurna.

4. Perhatikan modifikasi kelistrikan

Karena semua kabel dan sistem kelistrikan kendaraan saling terhubung satu sama lain, kesalahan pada satu titik akan berdampak besar pada seluruh sistem. Tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukan modifikasi yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, seperti penambahan stereo atau lampu. Tapi pastikan untuk melakukan pengerjaan dengan teliti.

Gambar yang menunjukan mobil dengan lampu LED yang berwarna warni

Meskipun menambah semarak mobil, jangan modifikasi kelistrikan mobil sembarangan

Selain itu, jangan asal pasang aksesori pengapian yang bisa berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan mesin dan kendaraan. Jika ingin melakukan perubahan, jangan ragu untuk mendatangi bengkel modifikasi terpercaya di dekat Anda.

Yang terpenting dari merawat sistem kelistrikan mobil adalah perawatan berkala dan memperhatikan kerusakan sekecil apapun sebelum bertambah besar yang akhirnya bisa merugikan Anda. Karena sistem kelistrikan erat kaitannya dengan korsleting hingga kebakaran, perawatan diharapkan lebih hati-hati dan detail untuk seluruh komponen kelistrikan.

Pembaca juga mencari: menerapkan cara perawatan sistem kelistrikan, perawatan sistem kelistrikan, jelaskan fungsi perawatan rangkaian sistem kelistrikan, perawatan berkala sistem kelistrikan, perawatan berkala sistem kelistrikan kendaraan ringan

>>> Dapatkan berbagai informasi tips perawatan mobil hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sangat Bahaya Jika Belum Paham Arti Simbol Pada Dashboard Mobil

22/01/2019

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkah Anda mengamati indikator pada dashboard mobil? Apakah lampu indikator yang tertera banyak menyala? Jika iya, maka dipastikan ada beberapa kesalahan pada komponen mobil Anda baik dalam hal pengereman, kurangnya aki atau hal lainnya. Untuk memastikan lebih jauh komponen apa yang tidak berfungsi baik, maka menjadi hal penting bagi Anda untuk mengetahui arti simbol pada dashboard mobil.

Lihat juga

Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil

Baterai berperan penting dalam mengalirkan sistem kelistrikan pada kendaraan. Dalam beberapa masalah kelistrikan pada mobil, baterai menjadi salah satu penyebabnya dan biasanya kita menggunakan kabel jumper. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada masalah pada baterai mobil?

Lihat juga

Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Mempermak mobil memang boleh-boleh saja. Tetapi modifikasi sistem kelistrikan tetap membutuhkan perhatian lebih mengingat banyaknya insiden yang terjadi akibat kesalahan sistem kelistrikan.

Lihat juga
 
back to top