Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!

17/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!
Kembali ke rutinitas biasa setelah bersilaturahmi bersama keluarga, perhatikan juga kondisi kendaraan setelah dibawa dalam perjalanan jauh. Untuk merawat mobil paska mudik, Daihatsu menganjurkan pemilik mobil untuk mengecek beberapa komponen berikut.

Libur panjang Lebaran telah setelah. Setelah Anda merefresh diri dengan liburan dan mengunjungi keluarga, kendaraan juga membutuhkan ‘refreshing’ pula. Untuk merawat mobil paska mudik tetap berada dalam kondisi prima setelah dibawa bepergian dan berkeliling kampung halaman, cek beberapa komponen berikut, Diantaranya,

1. Oli

pengemudi yang sedang melakukan pengecekan kekentalan oli 
Cek kekentalan oli untuk menghindari kerusakan pada mesin

Cairan terpenting untuk menjaga kondisi mobil tetap maksimal sepanjang perjalanan. Bepergian jarak jauh dengan waktu kerja yang lebih lama dari biasanya akan membuat suhu mesin meningkat. Tingginya suhu mesin bisa membuat kekentalan dan volume oli berkurang. Cek kondisi oli serta perhatikan jika ada kebocoran terjadi pada mobil Anda.

2. Kaki-Kaki

shockabsorber mobil berwarna perak yang ada pada ban 
Periksa kaki-kaki kendaraan, mulai dari shockabsorber dan lower-arm

Tidak semua pemudik melewati jalan tol. Terlebih ketika Anda melewati jalanan yang tidak rata dengan lubang yang berserakan sepanjang perjalanan, kaki-kaki merupakan salah satu komponen yang bekerja paling keras. Karena itu, jangan lupa memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, hingga tekanan angin dan tingkat keausan ban.

>>> Pascalebaran, Berikut Tips Pengecekan Mobil Ringan Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

3. Rem

rem mobil berwarna perak pada kaki-kaki mobil 
Lihat ketebalan kampas rem yang sering Anda gunakan selama di jalan

Mudik dikala Lebaran menghasilkan kemacetan serta kepadatan kendaraan di jalan. Tak jarang, kondisi tops-and-go bisa Anda temukan selama di perjalanan. Sektor pengereman juga membutuhkan perhatian Anda. Periksa kembali ketebalan kampas rem. Segera ganti apabila sudah mencapai batas maksimal. Perhatikan juga minyak rem apabila sudah berkurang dari takaran yang seharusnya.

>>> Temukan mobil bekas idaman Anda di sini

4. Filter Bahan Bakar

tangan pengemudi yang sedang memegang filter bahan bakar 
Cek kembali filter bahan bakar setelah bepergian jarak jauh

Ada saat dimana pengendara lebih memilih mengisi bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik karena kurangnya ketersediaan bahan bakar. Dengan oktan yang tidak sesuai, filter bahan bakar akan memiliki banyak pekerjaan tambahan. Cek kondisi bahan bakar atau ganti, untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

>>> Temukan tips perawatan mobil di sini

5. Interior serta filter AC

remah-remah yang terlihat pada bagian karpet mobil
Bersihkan remah-remah yang ‘tersimpan’ dalam kabin Anda

Selama perjalanan, sebagian pengemudi dan penumpang makan di jalan. Remah-remah makanan yang tersisa maupun minuman yang tumpah di dalam kabin akan menyebarkan bau tidak enak di kemudian hari. Bersihkan interior setelah selesai berkendara. Dan jangan lupa bersihkan saringan udara AC untuk membuat kabin tetap segar selama berkendara.

Daihatsu juga menyarankan Anda melakukan perawatan ke bengkel untuk merawat mobil paska mudik. Sebagaimana dijelaskan Bambang Supriyadi selaku Product Improvement Department Head PT ADM, “Sahabat dapat mempercayakan kendaraan Sahabat ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal Daihatsu.”

>>> Temukan berbagai tips otomotif lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Barang Bawaan Ketika Mudik Terlalu Berat atau Bisa Ditambah? Begini Cara Menghitungnya

06/06/2019

Pengemudian

3 menit

Mudik bersama mobil pribadi memang memiliki keuntungan tersendiri, yaitu bisa leluasa menggunakan tempat untuk barang bawaan. Namun jangan sampai barang bawaan ketika mudik yang melebihi kapasitas kendaraan menghalangi Anda selama perjalanan.

Lihat juga

Mudik Ke Madura? Mampir Dulu Ke 5 Pilihan Wisata Berikut Ini

06/06/2019

Pengemudian

5 menit

Madura adalah sebuah tempat yang mana lebih dikenal akan kuliner satenya, dikenal hampir di seluruh kota Indonesia. Tak heran, banyak para perantau juga melakukan mudik ke Madura di momen Lebaran 2019 ini. Tentu selain melakukan silaturahmi bersama keluarga dan rekan-rekan, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba banyak destinasi wisata Madura.

Lihat juga

Mudik Lebaran 2019 Ke Malang? Ini Destinasi Wisata Malang Dari Para Pecinta Travel

06/06/2019

Pengemudian

5 menit

Perjalanan mudik Lebaran 2019 ini memang cukup mengesankan. Selain bersilaturahmi menjadi kegiatan utama, toh tak ada salahnya bagi Anda untuk menikmati sisa waktu dengan mengunjungi tempat wisata. Sama halnya bagi Anda yang sedang mudik ke kota Malang maupun kota Batu, Cintamobil.com hendak memberikan 5 destinasi wisata Malang yang sering dikunjungi oleh para pecinta Travel.

Lihat juga

Mudik Jangan Lupa Istirahat, Inilah Daftar Lengkap Rest Area Tol Trans-Jawa Lebaran 2019

01/06/2019

Pengemudian

3 menit

Perlu Cintamobil.com ingatkan bahwa perjalanan mudik Lebaran 2019, sebaiknya tidak ditempuh sekali jalan saja. Ada baiknya, Anda dan keluarga beristirahat di Rest Area sehingga tubuh menjadi lebih segar dan pikiran lebih Fresh. Maka dari itu, Cintamobil.com hendak melampirkan informasi terkait daftar lengkap Rest Area di Tol Trans-Jawa.

Lihat juga

Pentingnya Menjaga Kecepatan Mobil Saat Mudik Di Tol Trans Jawa

04/06/2019

Pengemudian

3 menit

Perjalanan mudik dengan jalan tol Trans Jawa memang praktis dan menghemat waktu. Namun di balik mulusnya jalan tol Trans Jawa menyimpan risiko yang fatal ketika lalai menjaga kecepatan mobil Anda.

Lihat juga
 
back to top