Merawat dan Menjaga Kebersihan Mobil dari Rumah

24/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Selama masa PPKM Darurat yang berlangsung hingga 25 Juli 2021 bisa jadi momen yang pas untuk Anda merawat dan menjaga kebersihan mobil dari rumah.

Di tengah pandemi saat ini, mobil menjadi sarana yang sangat krusial apabila dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kondisi dan kebersihan mobil kita dan mengetahui titik penting dari kendaraan kita yang paling sering disentuh serta rawan untuk terjadinya transmisi virus maupun bakteri. 

Tak ingin hal buruk menimpa kita dan keluarga tercinta. Berikut di bawah ini beberapa tips dari Mercedes-Benz Indonesia yang dapat lakukan merawat dan menjaga kebersihan mobil dari rumah.

1. Waspada Area yang Sering Disentuh

Perhatikan beberapa area di dalam kendaraan yang sering tersentuh baik bagi pengemudi maupun penumpang, karena area tersebut sangat rentan terkena bakteri maupun virus. Perhatikan area-area yang perlu diprioritaskan kebersihannya seperti konsol tengah dan layar media.

Gambar menunjukan Roda kemudi

Bersihkan area yang sering disentuh oleh pengemudi dan penumpang

Tak sampai situ saja, gagang pintu eksterior, gagang pintu interior, semua tempat duduk termasuk sabuk pengaman dan sandaran kepala, roda kemudi beserta tombol-tombolnya juga perlu dibersihkan. Perlu diingat berada di tengah pandemi saat ini rutinlah membersihkan kendaraan Anda dan berikan perhatian lebih pada area-area yang telah disebutkan di atas.

>>> Langkah Sederhana Merawat Mobil di Garasi saat PPKM Darurat

2. Jaga Performa Mobil

Banyak kegiatan yang bisa membuat kita produktif saat di rumah saja seperti mengecek kondisi kendaraan. Dalam situasi pandemi yang berpotensi mengurangi frekuensi bepergian Anda, pastikan mobil tetap terjaga performanya. Para ahli mengatakan bahwa dengan membiarkan mobil Anda terlalu lama, berpotensi menyebabkan masalah perawatan pada kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan pada kendaraan di masa di rumah saja saat ini.

Yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil dari rumah dengan menyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengisi ulang baterai. Lalu Anda juga bisa mencuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihan mobil.

>>> Mercedes-Benz Vito Milik Omesh Disulap Jadi Mobil Darurat

Gambar menunjukan Star stop angine

Nyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit

Selain itu, cucilah kendaraan ketika dalam keadaan badan mobil sudah sejuk dan berada di tempat teduh, juga hindari penggunaan deterjen pencuci piring, yang dapat menyebabkan cat memudar dan teroksidasi. 

Kemudian disarankan untuk memindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya seminggu sekali untuk mencegah terjadinya flat spot pada ban mobil Anda. Terakhir, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela Anda serta bersihkan interior mobil Anda dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalamnya secara berkala.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top