Menyalakan Mesin Mobil Penting Untuk Kesehatan Aki

25/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Menyalakan Mesin Mobil Penting Untuk Kesehatan Aki
Pentingnya menyalakan mesin mobil karena hal tersebut menjadi salah satu cara paling mudah dan mujarab menjaga kesehatan aki. Lantas berapa durasi yang dibutuhkan dalam setiap pemanasan?

Aki memiliki fungsi sangat vital terhadap kinerja mobil karena dia yang akan menyimpan dan mendistribusikan listrik keseluruh bagian mobil yang membutuhkan mulai dari starter, perlampuan hingga berbagai komponen elektrik yang lain. Karenanya kondisi kesehatan aki harus benar-benar diperhatikan, tidak boleh tekor alias kehabisan daya. Bagaimana caranya?

Foto menunjukkan pemeriksaan aki mobil oleh bengkel resmi

Aki mobil harus dalam kondisi yang terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Menurut Anjar Rosjadi selaku Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor, salah satu cara paling mudah menjaga kesehatan aki agar tidak tekor adalah dengan menghidupkan mesin mobil. Cara ini sudah otomatis dilakukan jikalau mobil selalu digunakan tiap hari. Namun bagi pemilik yang jarang menggunakannya mau tidak mau harus meluangkan waktu untuk memanaskan mesin mobil. Selain menjaga kondisi aki, memanaskan mesin mobil bermanfaat mengetahui sejauh mana kelistrikan mobil berfungsi sepenuhnya.

>>> Lagi cari mobil baru maupun bekas? Temukan di Cintamobil.com!

Berapa waktu yang dibutuhkan, tidak ada patokan yang baku. Bisa sepuluh menit, lima belas menit, dua puluh menit atau lebih. "Paling tidak 15 menit," tutur Anjar belum lama ini. Pendapat yang sama disampaikan Saiful Ardi, Sales Advisor Wuling AJM Srondol Semarang, Jawa Tengah, "Yah, sekitar 15 menit lah," katanya beberapa waktu yang lalu kepada Cintamobil.com.

Cara berikutnya menjaga kesehatan aki adalah menghindari menyalakan sistem hiburan audio dan video saat mesin mati serta memastikan semua lampu-lampu dalam posisi off saat meninggalkan mobil. "Perhatikan juga untuk hindari mendengarkan atau menyalakan audio saat kondisi mesin mati. Lalu pastikan semua lampu-lampu sudah dalam posisi off saat meninggalkan mobil," sambung Anjar.

>>> 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ketika Mengganti Sistem Audio

Foto menunjukkan seorang pengemudi sedang Menghidupkan mesin mobil

Salah satu indikasi aki mobil bermasalah yaitu sulit menghidupkan mesin mobil

Selain cara-cara di atas penting bagi pemilik mobil untuk selalu memeriksa kondisi cairan aki, terminal aki serta memahami berbagai perubahan yang menjadi indikasi aki dalam kondisi bermasalah. Misalnya pencahayaan lampu mulai meredup dan tidak terang seperti biasanya, atau suara klakson yang terdengar aneh hingga sulitnya menghidupkan mesin mobil baik melalui kunci kontak maupun tombol power.

"Memeriksa kondisi aki bisa dengan cara cek terminalnya, kalau aki basah lihat juga kondisi cairannya. Kalau terminal kendor dikencangkan, kalau cairannya kurang silahkan ditambah," ujar Anjar. "Indikasi mudahnya sih itu, karena kinerja aki tidak maksimal untuk menyuplai kelistrikan. Tapi memang lebih baiknya dan pasti, lakukan pengecekan langsung ke bengkel," tambahnya.

Intinya, pemilik jangan sampai mengabaikan kondisi kesehatan aki jika tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

>>> Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil

Foto mobil dengan modifikasi audio cukup ekstrim, membutuhkan daya listrik yang besar

Tanpa sumber listrik tambahan, menambahkan sistem audio maupun lampu mobil bisa memperpendek umur aki

>>> Kumpulan tips & trik bermobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top