Mengisi Tekanan Udara Ban dengan Nitrogen, Apa Pengaruhnya Pada Efisiensi Bahan Bakar?

Share this post:
Mengisi Tekanan Udara Ban dengan Nitrogen, Apa Pengaruhnya Pada Efisiensi Bahan Bakar?
Saat ini, banyak yang mengisi tekanan udara ban dengan nitrogen guna mempertahankan tekanan udara lebih lama. Tetapi apakah hal tersebut berpengaruh pada efisiensi bahan bakar?

Pada awalnya, mengisi tekanan udara ban dengan nitrogen memang memberikan beberapa keuntungan dibandingkan oksigen biasa. Diantaranya yaitu meningkatkan umur ban karena suhu yang lebih dingin dibandingkan dengan oksigen. Namun ternyata pengisian udara ban dengan nitrogen juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi bahan bakar.

petugas berbaju putih yang mengisi ban dengan nitrogen

Menggunakan nitrogen pada ban akan memperlama tekanan ban menurun

Perlu diketahui, nitrogen memiliki struktur kimia yang membuatnya sedikit lebih lambat bocor dibandingkan oksigen. Jadi, Anda akan kehilangan tekanan udara lebih lambat. Dengan tekanan udara yang pas selama perjalanan, Anda bisa memaksimalkan bahan bakar dan membuat efisiensi lebih besar dibandingkan oksigen.

>>> Menggunakan Nitrogen untuk Ban, Apa Untungnya?

Dengan mengisi ban dengan nitrogen, Anda tidak perlu mengisi ulang ban sesering mungkin. Anda juga diuntungkan dengan berkurangnya akumulasi air atau masalah korosi roda dibandingkan mengisi ban dengan oksigen biasa. Tetapi apakah ban yang dipompa dengan nitrogen benar-benar menghemat bahan bakar? Ya, Anda bisa berpikir seperti itu.

komponen kimia nitrogen dan oksigen berwarna hijau

Nitrogen memiliki komponen kimia yang lebih padat

Cukup memiliki tekanan yang tepat di ban Anda – tekanan yang konsisten, seperti yang diberikan nitrogen – akan meningkatkan jarak tempuh bahan bakar Anda. Meskipun siklus pengisian tentu saja membuat Anda membayar lebih dibandingkan dengan pengisian oksigen yang bisa ditemukan di mana saja.

>>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini

Tetapi yang perlu ditegaskan kali ini bukanlah penggunaan nitrogen yang bisa menambah efisiensi kendaraan, namun tekanan ban yang pas membuat kendaraan bisa bekerja dengan efisien tanpa menggunakan bahan bakar secara berlebihan.

Sebenarnya, menggunakan ban yang berisikan oksigen biasa juga cukup membuat kendaraan mendapatkan efisiensi bahan bakar selama perjalanan. Namun tentu saja, sifat oksigen yang mudah terlepas serta tekanan ban kurang stabil dibandingkan dengan pengisian nitrogen membuat Anda harus memperhatikan tekanan ban lebih sering.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

tangan yang sedang mengukur tekanan udara

Dengan nitrogen, Anda tidak perlu memperhatikan tekanan ban sesering oksigen

Jadi, semua tergantung pilihan Anda. Menggunakan tekanan udara ban dengan nitrogen yang memberikan kenyamanan dalam tekanan udara ban namun harus membayar lebih untuk sekali pengisian atau menggunakan pengisian oksigen biasa yang bisa ditemukan di mana saja tetapi Anda harus melakukan pengecekan berkala yang lebih sering untuk memastikan tekanan yang pas dan menghemat bahan bakar.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Penelitian: Dibandingkan Saat Uji Coba, Mobil Habiskan Banyak Bahan Bakar di Jalan

Ketika sebuah perusahaan mengklaim uji coba bahan bakar dilakukan untuk mendapatkan efisiensi kendaraan, sebuah penelitian dari Australia menyebutkan pengujian bahan bakar tidak selamanya sesuai dengan kondisi berkendara di dunia nyata.

Lihat juga

Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban

Ketika sedang terburu-buru di pagi yang dingin, ternyata ban mobil kempes karena tekanan udara berkurang. Tentu mengesalkan bukan? Tapi, bagaimana suhu mempengaruhi tekanan udara ban?

Lihat juga

Musim Hujan Mulai Datang, Kelembaban Bisa Akibatkan Bau Pada Mobil

Terkadang bau pada mobil bisa hilang dengan penyegar udara. Tapi tentu saja lebih cepat jika Anda membasmi penyebab bau tersebut. Masalahnya, bau di dalam mobil bisa datang dari mana saja.

Lihat juga

Berapa Banyak Bahan Bakar yang Bisa Disimpan dengan Sistem Start Stop?

11/09/2018

Pengemudian

Disebut sebagai pembuangan dan memperburuk kinerja mesin, ternyata sistem start stop pada mobil memiliki peran penting untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi buangan mobil. Bagaimana caranya?

Lihat juga

Memeriksa Ban dan Pelek Sebelum Perjalanan Jauh: Keharusan untuk Keamanan

Memeriksa ban dan pelek merupakan sebuah keharusan. Terlebih ketika akan melakukan perjalanan jauh, ban dan pelek berperan aktif untuk keamanan berkendara Anda.

Lihat juga