Mengisi BBM di Pagi Hari Lebih Efektif, Mitos atau Fakta?

Share this post:
Mengisi BBM di Pagi Hari Lebih Efektif, Mitos atau Fakta?
Beberapa anggapan menyebutkan bahwa mengisi bbm di pagi hari akan memberikan bahan bakar yang lebih banyak dengan harga yang sama. Tapi, apakah praktek ini bisa menjadi solusi yang efisien dalam memberikan bahan bakar yang lebih banyak?

Menurut terori fisika, cairan atau lebih tepatnya bensin, akan mengalami pemadatan ketika berada di suhu yang lebih dingin. Berdasarkan pengetahuan tersebut, banyak pengemudi yang mengisi bbm di pagi hari, mengharapkan bahan bakar akan lebih banyak dikeluarkan oleh pom bensin.

Densitas yang Terjadi sangat Kecil

Memang benar bahwa bensin akan menjadi lebih padat ketika dingin, yang berarti biasanya menjadi paling padat di pagi hari ketika udara cenderung lebih dingin di luar. Dengan demikian, ada alasan kuat dibalik teori tersebut yang membuat masuk akal untuk mengisi bahan bakar mobil di pagi hari. Namun sayangnya, kenyatannya tidak semudah itu.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang mengisi bbm di pom bensin

Mengisi bbm di pagi hari mungkin tidak seefektif perkiraan umum

Pertama, dengan asumsi bahawa bbm yang dihasilkan akan lebih banyak ketika padat, tapi anggapan ini sama sekali tidak terbukti. Bensin yang dijual di Indonesia, bahkan di bagian negara lain, dijual berdasarkan volume. Jadi, meskipun dengan pengukuran yang berbeda, prinsip yang sama tetap berlaku.

>>> Baca juga Kemampuan mobil ketika indikator berada di garis E

Kepadatan bensin berubah berdasarkan suhu. Bensin memang lebih padat dibandingkan ketika berada di suhu yang hangat, sehingga cara lain untuk melihatnya adalah bahwa galon dingin berisi lebih banyak bensin daripada galon bensin hangat. Tapi, sebenarnya, perubahan densitas bensin yang terjadi sebenarnya sangat kecil.

Meskipun premis yang diberikan oleh kebanyakan pengemudi tersebut sesuai, tapi perubahan densitas yang terjadi sangat kecil. Sehingga tidak praktis untuk mengubah jadwal hanya untuk mendapatkan bahan bakar yang lebih banyak di pagi hari.

Gambar yang menunjukan ilustrasi bensin yang sedang dituangkan dari tangki pom bensin di spbu

Densitas yang terjadi pada bensin sangat kecil

Mengisi BBM di Pagi Hari Tidak Efektif

Selain itu, pom bensin kebanyakan menyimpan bahan bakar mereka di bawah tanah di dalam tangki yang sangat terisolasi. Menurut sebuah studi dari Consumer Reports, sejumlah kecil gas yang berada di atas tanah (tangki pengisian bahan bakar) mungkin akan menjadi hangat jika diletakkan terlalu lama. Tapi, bahkan jika diisi terlalu lama, perubahan densitasnya terlalu kecil sehingga tidak mempengaruhi nilai galon secara signifikan.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Penyelidikan Consumers Report yang disebutkan di atas juga menemukan bahwa bensin yang naik dari suhu 15 hingga 23 Celcius hanya akan meningkatkan volume sebesar 1 persen. Ketika harga gas cukup rendah, hal ini bahkan tidak akan mempengaruhi harga per gallon.

Gambar yang menunjukan kondisi spbu di malam atau subuh hari

Mengisi bbm di pagi hari hanya akan membuang-buang tenaga

Jadi menyetir ke luar rumah untuk mengisi bbm di pagi hari mungkin akan membakar lebih banyak bahan bakar daripada kemungkinan mendapatkan bahan bakar yang lebih banyak di pom bensin. Meskipun bensin menjadi paling pada di pagi hari (atau kapanpun suhu udara menjadi dingin), ada beberapa faktor lain yang mencegah pengisian di pagi hari menjadi efektif dan menghemat biaya.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top