Menghadapi Cuaca Hujan, Gunakan Karpet Mobil Yang Tepat

18/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Karpet mobil yang tepat akan membantu Anda memelihara kebersihan interior. Tak hanya itu, keselamatan berkendara juga menjadi alasan dalam memilih karpet.

Dalam menghadapi cuaca hujan yang tak menentu seperti saat ini, memilih karpet mobil tidak bisa sembarangan. Selain untuk menjaga kebersihan interior, pemilihan karpet yang tepat juga menghindari risiko berkendara yang tidak diinginkan.

Gambar karpet mobil fabric

Karpet mobil berbahan fabric bawaan mobil, kurang efektif menghadapi cuaca hujan

Mobil Anda memang sudah dilengkapi dengan karpet berbahan fabric, namun bahan tersebut kurang sesuai saat menghadapi musim hujan. Apalagi jika Anda cukup sering keluar-masuk mobil dalam mobilitas sehari-hari.

>>> Kisah Tentang Desain Pedal, yang Jadi Alat Untuk Menjalankan Mobil

Pilih Karpet Berbahan Karet Atau PVC

Karpet mobil berbahan karet atau PVC tidak menyerap air, sehingga air dari sepatu atau celana Anda yang basah tidak menempel di karpet. Daya cengkram kedua jenis karpet tersebut juga lebih baik, sehingga kaki Anda tidak mudah selip saat sedang mengemudi.

Gambar karpet mobil karet

Karpet berbahan karet banyak tersedia di toko aksesoris mobil

Tak hanya itu, karpet yang terbuat dari karet atau PVC juga mudah dibersihkan. Jika terkena air atau lumpur, Anda cukup menggunakan sikat atau lap chamois dan microfiber. Jika masih terlihat kotor, bisa dicuci menggunakan sabun cuci piring atau shampoo mobil.

>>> Toyota Raize 1.2 Resmi Diluncurkan, Lebih Murah Rp 17 Juta Dari Versi Turbo

Khusus untuk karpet berbahan PVC, teksturnya yang fleksibel dengan tekstur seperti mie membuat karpet jenis ini lebih empuk untuk diinjak. Hal tersebut berkontribusi terhadap kenyamanan saat berkendara.

Gambar karpet mobil PVC

Karpet berbahan PVC bis dikenali dari teksturnya yang seperti mie

Perhatikan Permukaan Bawah Karpet

Tak hanya bahan pembuatan, satu hal yang perlu ditekankan saat memilih karpet mobil adalah penampang atau permukaan bawah yang menempel pada lantai kabin. Usahakan memilih karpet dengan permukaan bawah yang bertekstur atau bergerigi. Ada beberapa karpet dengan bahan yang tepat, namun permukaan bawahnya mulus atau tanpa corak.

Gambar permukaan bawah karpet

Pilih karpet dengan permukaan bawah yang bertekstur atau bergerigi

Hal tersebut membuat karpet itu sendiri menjadi licin dan mudah tergeser. Karpet yang bergeser saat berkendara dapat membahayakan karena dapat membuat kaki pengemudi tergelincir atau bahkan menghalangi injakan pedal.

>>> AC Mobil Terasa Kurang Dingin? Coba Periksa Kondisi Filter Kabin

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top