Mengetahui Posisi Ban Serep Mobil, Beda Tipe Beda Pula Letaknya

29/03/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mengetahui Posisi Ban Serep Mobil, Beda Tipe Beda Pula Letaknya
Posisi ban serep mobil berbeda-beda antara tipe mobil yang satu dengan yang lainnya. Misalnya city car atau sedan, ban serep ada di bagasi, sementara MPV ada di kolong. Kemudian SUV biasanya ban serep ada di balik pintu belakang. Yang manakah mobil Anda?

Ban serep atau ban cadangan sama pentingnya dengan keempat ban lain. Jika satu dari empat ban yang dipakai kempis atau pecah di tengah perjalanan, maka fungsi ban serep inilah yang bakal menggantikan.

Tapi tahukah Anda dimana posisi ban serep mobil Anda sendiri? Apakah di bagian luar pintu belakang? Di balik bagasi belakang? Atau malah di kolong bagian belakang? Atau bahkan Anda tidak pernah mengecek dimana letak ban cadangan di mobil Anda?

Setiap mobil memiliki ban serep yang ditempatkan pada posisi yang berbeda. Ada yang di balik bagasi belakang, ada yang di kolong mobil bagian belakang dekat ujung knalpot, dan ada yang menempel dengan pintu belakang. Kali ini tim Cintamobil.com akan membahas dimana letak posisi ban serep mobil yang banyak beredar di Indonesia.

>>> Tips Menggunakan Ban Cadangan Saat Kondisi Darurat

1. Bagasi

Ban serep di bagasi

Ban serep lebih bersih dan mudah diangkat

Ada sebagian produsen mobil yang menyiapkan ruang khusus di balik bagasi belakang kendaraan sebagai ruang penyimpanan ban cadangan atau ban serep. Biasanya ruang penyimpanan ban serep ini tertutup plat kayu yang dilapis bahan yang sama dengan bahan yang dipakai sebagai karpet dasar di mobil tersebut.

Keuntungan posisi ban serep mobil dibagian bagasi adalah kondisi ban akan tetap bersih. Selain itu ban juga cenderung lebih aman dari incaran maling. Jika dibutuhkan ban dibagian bagasi pun relatif mudah untuk dibongkar pasang.

>>> Kenapa Ban Cadangan Memiliki Ukuran yang Lebih Kecil dari Ban Utama?

Namun karena posisinya tersembunyi, banyak pemilik mobil yang mengabaikan kondisi ban serep di bagasi ini. Selain itu, pada beberapa mobil, ban cadangan yang ditempatkan di bagasi memiliki ukuran yang lebih kecil dari keempat ban lainnya. Hal tersebut guna meminimalisir ruang ban cadangan agar bagasi tetap fleksibel digunakan menyimpan banyak barang bawaan.

Tipe mobil yang menggunakan bagasi sebagai posisi untuk menyimpan ban serep adalah city car, hatchback, dan sedan. Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Toyota Yaris, Honda Jazz, Toyota Vios, Honda City, adalah beberapa contoh yang posisi ban serepnya ada di bagasi.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan berbagai daftar menarik hanya di sini

2. Kolong

Ban serep di kolong

Ban lebih mudah kotor dan sulit untuk dikeluarkan

Ada juga sebagian posisi ban serep mobil di kolong bagian belakang. Tepatnya dekat dengan ujung knalpot. Biasanya ban serep ini berada pada posisi menggantung dengan penahan berupa beberapa batang besi/baja. Untuk melepas ban ini diperlukan kunci untuk memutar baut sampai dudukan besi penahan ban tersebut terlepas.

Agak merepotkan memang jika memiliki mobil yang ban serepnya ada di kolong. Apalagi setelah terlepas, Anda juga akan direpotkan untuk memasang kembali ban pengganti di tempat yang sama. Selain itu, karena posisinya di kolong mobil, ban cadangan jadi cepat kotor terkena debu atau cipratan air.

Meski demikian, dengan posisi ban seperti ini, tidak akan merusak ruang bagasi sekaligus ruang kabin mobil. Biasanya, mobil-mobil jenis MPV, SUV 7 seater, dan pikap kabin ganda yang mengadopsi penempatan ban cadangan seperti ini. Antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Kijang, Toyota Innova, Mitsubishi Pajero Sport, atau Toyota Hilux.

>>> Cara Mudah Ganti Ban Serep Double Cabin Toyota

3. Pintu Belakang

Ban serep di pintu belakang

Ban konde pada mobil SUV

Ada juga posisi ban serep mobil yang menempel pada pintu belakang mobil tersebut. Posisi ini biasa orang menyebutnya dengan istilah "konde". Ban diletakkan pada pengait yang menempel dengan pintu belakang mobil, dan diberi kunci.

Karena posisinya yang terekspose, maka ban cadangan di belakang ini mudah sekali kotor atau jadi incaran maling. Oleh sebab itu banyak pemilik mobil dengan posisi ban serep seperti ini menutupnya dengan cover ban cadangan yang dijual bebas di toko-toko aftermarket. Selain itu ban cadangan ini juga ditambah kunci ganda demi menjamin keamanannya.

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini

Keuntungan dari mobil dengan ban cadangan seperti ini Anda bisa dengan mudah mengeluarkannya jika dibutuhkan. Tinggal buka cover ban lalu kendurkan baut pengunci, dan turunkan ban dari pengait. Maka ban cadangan sudah siap digunakan. Ban serep tipe ini biasanya dipakai pada mobil-mobil jenis SUV. Seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios atau Jeep Wrangler.

4. Tanpa Ban Serep

Tanpa ban serep

Disediakan tire repair kit

Nah kalau Anda tidak menemukan ban cadangan di bagasi, kolong, atau pintu belakang, bisa jadi mobil Anda mengadopsi sistem tanpa ban cadangan. Karena memang beberapa produsen mobil ada yang menerapkan hal ini.

Biasanya produsen tersebut hanya menyertakan tire repair kit yang tersimpan di balik bagasi belakang. Alat inilah yang bisa Anda pakai jika ban mengalami masalaah di jalan. Pemilik mobil tinggal memasukkan cairan penambal, lalu pompa kembali ban yang kempis dengan kompresor portabel pada repair kit tersebut.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Hyundai Sonata 2014: Meredup Tanpa Perlawanan

Ban run flat tire

Ban RFT tahan digunakan meski tanpa tekanan angin

Biasanya produsen mobil-mobil Eropa yang menggunakan mekanisme ini. Seperti BMW atau Mercedes-Benz. Selain tire repair kit, ada juga yang menggunakan jenis ban Run Flat Tire (RFT). Dengan ban ini, mobil tetap bisa melaju pada kecepatan tertentu sejauh beberapa puluh kilometer meskipun ban tidak memiliki tekanan angin sama sekali. Gunanya tentu saja untuk memberikan waktu pada pemilik mobil agar menemukan toko ban terdekat untuk mengganti ban yang rusak tersebut.

Untuk mengetahui apakah ban mobil Anda menggunakan ban jenis RFT atau tidak, biasanya pada dinding ban terdapat kode bertuliskan "Run Flat" atau "RFT" jika itu ban RFT. Jadi yang manakah posisi ban serep mobil Anda?

Bagi Anda yang ingin mencari ban Run Flat Tire, dapatkan melalui link di bawah ini:

>>> Temukan tips & trik tentang mobil lainnya cuma di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top