Mengetahui Kerusakan Mobil dari Bau yang Tercium

05/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mengetahui Kerusakan Mobil dari Bau yang Tercium
Ada cara mengetahui kerusakan mobil dengan mencium bau yang muncul dari kendaraan tersebut. Misalnya bau gosong, bau karet terbakar, atau bahkan bau bensin. Bisa jadi ini pertanda ada komponen yang wajib diperbaiki.

Seiring pemakaian, benda apapun bisa saja mengalami kerusakan, termasuk pula mobil. Namun terkadang, kerusakan ini terjadi tiba-tiba saat kita sedang diperjalanan. Tentunya ketika mobil mogok di jalan menjadi situasi yang amat menjengkelkan.

Padahal sebenarnya, dari jauh-jauh hari bisa saja Anda mendeteksi bakal adanya kerusakan pada komponen di mobil tersebut. Namun terkadang Anda mengacuhkan jika ada sesuatu tanda yang tidak lazim dari kendaraan yang ditunggangi itu.

Nah kali ini tim Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana mengetahui kerusakan mobil dengan cara mencium bau-bau yang muncul dari kendaraan tersebut. Karena ternyata, ada beberapa bau yang identik dengan masalah di salah satu komponen mobil. Apa saja ya?

1. Bau Apek

Gambar menunjukkan karpet lantai mobil

Bau apek biasanya karena karpet lembab akibat plafon bocor

Bau seperti ini sering tercium di kabin mobil. Apabila interior mengeluarkan bau apek, maka biasanya ada yang tidak beres pada sisitem AC kendaraan tersebut. Misalnya evaporator mengendap kotoran dan jamur sehingga saat AC dihidupkan, bau apek akan muncul. Namun bukan tidak mungkin juga bau apek tercium lantaran karpet lantai atau plafon mobil lembab. Sering kali hal ini terjadi akibat plafon mobil bocor karena terkikis karat.

>>> Tips Menghilangkan Bau Bensin Di Kabin Mobil

2. Bau Gosong

Gamba menunjukkan sistem rem mobil

Ketika rem diinjak terus menerus dalam waktu lama dan agresif, akan muncul bau gosong

Bau gosong sering kali tercium saat pengemudi melewati jalanan menurun. Bau itu muncul lantaran bantalan rem panas akibat pengereman yang agresif dan berlangsung lama. Namun dilansir dari laman resmi Toyota Indonesia, pada beberapa kasus bau gosong juga timbul karena ada tikus atau hewan kecil yang menyelinap ke ruang mesin. Saat mesin panas, hewan tersebut terbakar sehingga menibulkan bau gosong.

>>> Temukan berbagai promo mobil baru yang menarik disini

3. Bau Karet Terbakar

Gambar menunjukkan pelat kopling mobil

Pelat kopling yang aus akan menimbulkan bau karet terbakar

Mengetahui kerusakan mobil juga bisa dengan mencium apakah ada bau karet terbakar. Seringnya bau ini ditimbulkan akibat pelat kopling yang aus atau terlalu panas. Bisa pula bau karet muncul dari tali kipas yang putus.

>>> Waspada, Lima Kebiasan Buruk Ini Jadi Penyebab Kopling Aus

4. Bau Bensin

Gambar menunjukkan bensin menetes di kolong mobil

Cek juga apakah ada bensin yang menetes di kolong mobil

Ketika mobil diam, bisa saja bau bensin akan keluar. Namun manakala bau tidak hilang saat mobil dihidupkan, maka kondisi ini bisa jadi cara mengetahui kerusakan mobil. Karena kemungkinan ada kebocoran pada bagian sistem knalpot, tangki bensin, atau bahkan blok mesin. Coba periksa juga bagian kolong mobil, apakah bau bensin muncul karena bahan bakar yang menetes di kolong mobil.

>>> Mobil Anda Boros Bensin? Kenali Penyebabnya

5. Bau Kabel Terbakar

Gambar menunjukkan kabel mobil terbakar

Jika kabel terbakar akibat arus pendek makan akan sangat berbahaya

Kalau bau yang satu ini patut Anda tindak lanjuti dengan segera. Karena bau yang juga menyerupai seperti aroma makanan terpanggang itu, sering kali pertanda terjadinya arus pendek pada komponen kelistrikan di mobil. Jika didiamkan, kondisi tersebut dapat memicu kebakaran.

Itulah cara untuk mengetahui kerusakan mobil dari bau yang tercium yanjg Cintamobil.com hendak sampaikan kepada sobat-sobat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat-sobat saat merawat mobil kesayangan Anda

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Perhatikan Empat Tanda Kampas Rem Harus Diganti

24/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa tanda kampas rem harus diganti yang wajib Anda perhatikan. Karena jika diabaikan, maka bahaya kecelakaan akibat mobil mengalami rem blong bisa saja terjadi.

Lihat juga

Waspada, Lima Kebiasan Buruk Ini Jadi Penyebab Kopling Aus

14/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Meski transmisi manual terhitung minim masalah, namun ada beberapa kebiasaan mengemudi yang jadi penyebab kopling aus. Apa saja? Simak artikel dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil

Baterai berperan penting dalam mengalirkan sistem kelistrikan pada kendaraan. Dalam beberapa masalah kelistrikan pada mobil, baterai menjadi salah satu penyebabnya dan biasanya kita menggunakan kabel jumper. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada masalah pada baterai mobil?

Lihat juga

Kenali Faktor-faktor Penyebab Mobil Terbakar

01/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mungkin Anda pernah melihat kejadian mobil kebakar di jalanan. Lalu apa sebenarnya penyebab kondisi ini bisa terjadi? Penasaran? Simak infonya di bawah ini.

Lihat juga

Profil Suzuki Every Plus 2003, “Prototipe” Suzuki APV

11/06/2018

Editor rate:

Suzuki Every Plus masuk sekitar pada tahun 2003 dan hanya dijual sampai tahun 2004. Meski sejatinya masih satu keluarga dengan Carry, Suzuki Every 2003 berbeda dengan versi pickup dengan beberapa perubahan di bagian kaki dan transmisi. Berikut ini adalah profil Suzuki Every Plus 2003.

Lihat juga