Mengenali Lebih Dekat Konfigurasi Mesin Mobil, Anda Lebih Suka yang Mana?

31/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mengenali Lebih Dekat Konfigurasi Mesin Mobil, Anda Lebih Suka yang Mana?
Industri otomotif mengalami perkembangan yang sangat cepat. Begitu juga dengan konfigurasi mesin mobil. Lalu konfigurasi mesin mobil apa saja yang paling populer?

Secara garis besar, terdapat beberapa konfigurasi mesin yang umum digunakan pada mobil saat ini, ada inline, V, W dan boxer. Jantung pacu dengan konfigurasi-konfigurasi itulah yang banyak dikenal dan cukup populer. Berikut simak lebih lanjut penjelasan dari konfigurasi mesin tersebut.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Pertama mesin inline merupakan konfigurasi mesin mobil paling populer hingga saat ini. Sejarah pertama kali mesin berpiston banyak dibuat, menerapkan pola ini. Konfigurasi inline atau segaris, biasanya dikombinasikan sesuai banyaknya piston.

Mulai dari 3 piston, 4 piston dan kemudian lazim berakhir dengan 6 piston (inline-6 atau 6 silinder segaris). Di atas itu, hampir tak pernah memakai konfigurasi ini karena desainnya kurang ekonomis. Lebih dari 6 piston umumnya menerapkan konfigurasi V (Semisal V6, V8, V12).

>>> Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

Kedua mesin V, banyaknya kebutuhan akan mesin besar (jumlah piston labih dari enam), menyebabkan figurasi inline bergeser menjadi V. Alasannya sederhana, yakni memaksimalkan engine bay agar bisa membuat mesin berkapasitas besar. 

Lamborghini Aventador S menggunakan mesin V12

Lamborghini Aventador S menggunakan mesin V-12 

Produsen mobil asal Amerika diklaim paling berpengalaman dalam membuat mesin V. Melihat sejarah industri otomotif mereka, kebutuhan akan mobil dan mesin besar menyebabkan orang-orang Amerika familiar dengan bentuk mesin seperti ini.

>>> 3 Cara Menghindari Mesin Mobil Panas Saat Macet di Jalan

Ketiga mesin W, konfigurasi mesin mobil ini pertama kali dibuat untuk mobil Supercar bernama Vector (1990-1993.) karya dari Gerald Wiegert dan David Kostka. mesin W merupakan pengembangan konfigurasi V. Mengandalkan pola berhuruf W (mesin V ditambah 1 lajur), dimensi mesin bisa lebih ringkas lagi. seperti terdapat pada Vector yang mengusung mesin 12 silinder dengan pembagian piston 4-4-4.

Supercar Vector menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin  konfigurasi W

 Tampilan dari Supercar Vector menggunakan mesin konfigurasi W12

Terakhir mesin boxer, jenis konfigurasi mesin mobil yang paling banyak dipakai sejak era 1933 hingga pertengahan 80. Persisnya untuk Volkswagen Beetle atau kodok. Bentuknya tidak seperti konfigurasi mesin pada umumnya.

>>> Artikel tips dan trik perawatan mobil lainnya bisa Anda simak di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mesin V12 Ferrari Bakal Lebih Hemat Bahan Bakar

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Mesin V12 Ferrari terbaru sudah dipatenkan. Ada beberapa teknologi baru yang diterapkan oleh pabrikan ini. Antara lain perihal sistem pembakaran di ruang mesin yang katanya bisa membuat mesin lebih efisien bahan bakar.

Lihat juga

Yuk Kenali Gejala Mesin Ngelitik Dan Konsekuensi Buruknya Bagi Mesin

29/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mesin Ngelitik kerap dihiraukan oleh pemilik mobil, padahal memiliki konsekuensi buruk bagi performa, konsumsi bahan bakar hingga daya tahan mesin

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Bedah Teknologi Mesin Dynamic Force Engine Toyota Yaris 2020

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Toyota Yaris 2020 baru saja dibuka selubungnya di pertengahan bulan Oktober 2019 lalu. Teknologi menjadi salah satu nilai jual Toyota Yaris 2020, salah satunya Dynamic Force Engine di mobil ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan dynamic force engine? Mari kita bahas...

Lihat juga

Land Rover Defender Siapkan Varian Performa Dengan Mesin V8 BMW

28/10/2019

Mobil baru

5 menit

Memanfaatkan kerja sama dengan BMW, Land Rover sedang menyiapkan varian kencang SUV Defender menggunakan mesin V8 twin-turbo 4,4 liter yang juga digunakan BMW M5.

Lihat juga

Dengan Budget Setara Mobil LCGC, Anda Bisa Memiliki Sebuah Mesin F1!

28/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Jika Anda berencana membangun sebuah mobil balap dengan dana tak terbatas, atau Anda ingin memiliki salah satu komponen mobil F1, kami menemukan sebuah mesin Formula 1 V10 yang dijual di dunia maya.

Lihat juga