Mengenali Lebih Dekat Konfigurasi Mesin Mobil, Anda Lebih Suka yang Mana?

31/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mengenali Lebih Dekat Konfigurasi Mesin Mobil, Anda Lebih Suka yang Mana?
Industri otomotif mengalami perkembangan yang sangat cepat. Begitu juga dengan konfigurasi mesin mobil. Lalu konfigurasi mesin mobil apa saja yang paling populer?

Secara garis besar, terdapat beberapa konfigurasi mesin yang umum digunakan pada mobil saat ini, ada inline, V, W dan boxer. Jantung pacu dengan konfigurasi-konfigurasi itulah yang banyak dikenal dan cukup populer. Berikut simak lebih lanjut penjelasan dari konfigurasi mesin tersebut.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Pertama mesin inline merupakan konfigurasi mesin mobil paling populer hingga saat ini. Sejarah pertama kali mesin berpiston banyak dibuat, menerapkan pola ini. Konfigurasi inline atau segaris, biasanya dikombinasikan sesuai banyaknya piston.

Mulai dari 3 piston, 4 piston dan kemudian lazim berakhir dengan 6 piston (inline-6 atau 6 silinder segaris). Di atas itu, hampir tak pernah memakai konfigurasi ini karena desainnya kurang ekonomis. Lebih dari 6 piston umumnya menerapkan konfigurasi V (Semisal V6, V8, V12).

>>> Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

Kedua mesin V, banyaknya kebutuhan akan mesin besar (jumlah piston labih dari enam), menyebabkan figurasi inline bergeser menjadi V. Alasannya sederhana, yakni memaksimalkan engine bay agar bisa membuat mesin berkapasitas besar. 

Lamborghini Aventador S menggunakan mesin V12

Lamborghini Aventador S menggunakan mesin V-12 

Produsen mobil asal Amerika diklaim paling berpengalaman dalam membuat mesin V. Melihat sejarah industri otomotif mereka, kebutuhan akan mobil dan mesin besar menyebabkan orang-orang Amerika familiar dengan bentuk mesin seperti ini.

>>> 3 Cara Menghindari Mesin Mobil Panas Saat Macet di Jalan

Ketiga mesin W, konfigurasi mesin mobil ini pertama kali dibuat untuk mobil Supercar bernama Vector (1990-1993.) karya dari Gerald Wiegert dan David Kostka. mesin W merupakan pengembangan konfigurasi V. Mengandalkan pola berhuruf W (mesin V ditambah 1 lajur), dimensi mesin bisa lebih ringkas lagi. seperti terdapat pada Vector yang mengusung mesin 12 silinder dengan pembagian piston 4-4-4.

Supercar Vector menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin  konfigurasi W

 Tampilan dari Supercar Vector menggunakan mesin konfigurasi W12

Terakhir mesin boxer, jenis konfigurasi mesin mobil yang paling banyak dipakai sejak era 1933 hingga pertengahan 80. Persisnya untuk Volkswagen Beetle atau kodok. Bentuknya tidak seperti konfigurasi mesin pada umumnya.

>>> Artikel tips dan trik perawatan mobil lainnya bisa Anda simak di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top