Mengenal Tingkat Kekentalan Oli Mesin

12/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mengenal Tingkat Kekentalan Oli Mesin
Beragam pilihan oli mesin ditandai dengan kode tingkat kekentalan yang berbeda-beda satu sama lain. Mari kenali tingkat kekentalan oli mesin tersebut agar tidak terjadi salah pilih!

Kekentalan oli mesin menunjukkan seberapa mudah oli itu mengalir ke seluruh bagian mesin. Dalam hal ini produsen memberikan pilihan oli dengan tingkat kekentalan yang berbeda-beda.

Anda pasti sering melihat ada kode berupa dua angka di bawah nama merek oli. Biasanya pertama diakhiri dengan huruf W. Sedangkan nilai angkanya berbeda satu dengan yang lain. Kode angka itulah yang menunjukkan tingkat kekentalan oli. Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukannya.

Kode Tingkat Kekentalan Oli Mesin

Kekentalan produk oli diidentifikasi dengan sebutan SAE (Society of Automotive Engineer). Istilah ini semakin populer dan dikenal masyarakat. Meski demikian tulisan SAE terkadang tidak dicantumkan dalam kemasan, dan hanya ada kodenya saja. Sebagian orang juga terkadang salah membaca huruf W sebagai singkatan dari Weight atau berat.

Padahal yang benar bukan demikian. Huruf W adalah singkatan dari Winter yang berarti musim dingin. Istilah ini digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari saat kondisi dingin, misalnya saat pertama kali menghidupkan mesin di pagi hari.

>>> Gear Oil Suzuki ECSTAR Jamin Pelumasan Optimal

Gambar menunjukkan Kode kekentalan oli mesin

Kode kekentalan oli mesin berbeda-beda

Jika tertulis angka 0W berarti oli baik mengalir pada suhu 0 derajat atau benar-benar dingin. Begitupun angka yang lain seperti 5W, 10W, 15W baik mengalir dari suhu angka tersebut. Semakin kecil angkanya semakin encer oli. Artinya semakin baik dan semakin mudah mengalir ke seluruh bagian mesin serta langsung bekerja dari sejak mesin dinyalakan. Untuk angka kedua ditentukan oleh bagaimana oli mengalir pada suhu operasi mesin normal. Beberapa kode kekentalan oli mesin diantaranya 0W-20, 5W-30, 5W-40, 10W-30, 10W-40, 15W-40, dan 20W-50.

Mana yang terbaik, SAE kecil atau besar?

Simpelnya tingkat kekentalan oli mesin alias SAE ini terbagi 3, yaitu encer, sedang, dan kental. Kekentalan oli yang rendah atau oli encer mengalir lebih mudah untuk melindungi bagian-bagian mesin pada suhu dingin. Kekentalan oli yang tinggi atau oli kental biasanya lebih baik dalam mempertahankan kekuatan pelumas untuk melindungi mesin pada suhu tinggi.

Tidak ada yang pure sebagai yang terbaik. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan, juga disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing. Mobil-mobil lawas keluaran sebelum tahun 2000 umumnya lebih baik menggunakan oli kental. Misalnya Suzuki Karimun Estilo, Katana, Escudo, dan Baleno sedan yang direkomendasikan oli Ecstar F7000 10W-40. Sedangkan mobil-mobil sekarang lebih fleksibel. Seperti mobil berjenis LCGC direkomendasikan oli SAE 0W-20 atau 5W-30 merek apapun.

>>> Rekomendasi Oli Mobil Ayla Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Mesin

Foto menunjukkan Oli Pertamina Fastron Eco Green untuk LCGC

Memilih oli mesin disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan

Secara kesimpulan ada dua poin yang penting Anda tahu agar tidak terjadi salah memilih oli mesin untuk kendaraan Anda, yaitu kekentalan oli mesin dan persyaratan spesifikasi penggunaan. Untuk lebih detailnya Anda bisa menanyakan kepada dealer resmi mobil atau berkonsultasi dengan pihak distributor/agen/toko resmi merek oli, mana yang paling pas buat mobil Anda.

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Kenali Penyebab Oli Mesin Rembes dan Cara Mengatasinya

19/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mungkin Anda pernah menjumpai oli mesin rembes pada bagian tertentu. Selain mengganggu kebersihan ruang mesin, kondisi ini pun pertanda ada kerusakan pada mesin mobil tersebut.

Lihat juga

Ketahui 4 Fungsi Oli Mesin Pada Mobil

22/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Semua orang tahu kalau oli mesin sangat penting, namun masih banyak yang belum mengetahui apa saja fungsi oli mesin pada mobil selain sebagai pelumas.

Lihat juga

Saatnya Ganti Oli? Ini Oli Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Kesalahan dalam memilih oli sangat mungkin berdampak buruk pada mobil Anda. Karena itu, Cintamobil.com berikut tips memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza Anda.

Lihat juga

Ganti Oli Secara Rutin Hindarkan Mesin Dari 3 Hal Buruk

12/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Alasan mengapa ganti oli sesuai rekomendasi pabrik itu penting, dengan melakukan ganti oli secara rutin, mesin terhindar dari 3 hal buruk dan sangat merugikan.

Lihat juga

Rekomendasi Oli Mobil Ayla Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Mesin

09/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Buat Anda para pemilik sebaiknya ganti oli mobil Ayla Anda agar performa kendaraan selalu terjaga. Berikut rekomendasi oli mobil Ayla terbaik yang bisa dipilih.

Lihat juga
 
back to top