Mengenal Suara Memekik dan Suara Gerinda yang Terjadi Pada Rem Mobil

Mengenal Suara Memekik dan Suara Gerinda yang Terjadi Pada Rem Mobil
Tidak selalu mobil yang kita kendarai berjalan dengan lancar. Terkadang, ada beberapa masalah yang kita temui, entah karena perawatan yang kurang atau masalah usia. Tak jarang, mobil juga mengeluarkan suara aneh dari rem mobil. Apa yang terjadi?

Mungkin hampir setiap pemilik mobil yang sudah memakai mobilnya lebih dari setahun bisa mendengar adanya suara aneh dari rem mobil mereka. Suara gerinding atau bahkan suara memekik yang dirasakan ketika mengemudi. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Gambar yang menunjukan rem berwarna kuning pada roda depan mobil yang berwarna putih

Rem sangat berpengaruh terhadap sistem keselamatan mobil

Cara yang paling sederhana dalam mengatasi ketakutan terhadap suara pada rem yaitu memahami bahwa suara yang keluar dari bantalan rem adalah normal. Suara ini untuk memperingatkan Anda bahwa dalam waktu dekat Anda harus mengganti bantalan rem Anda.

Mengenal cara kerja bantalan rem

Ketika sebuah mobil bergerak naik turun atau melaju di jalanan, mobil menghasilkan gerakan kinetik. Jika mobil ingin berhenti, kita perlu menghentikan energy kinetik tersebut. Disitulah rem bekerja dengan menggunakan gesekan pada bagian roda sehingga bisa memperlambat laju kendaraan.

Gambar yang menunjukan bagian bantalan rem dan rem pada bagian roda mobil

Bantalan rem memiliki peran penting dalam menghentikan gerak mobil

Sebenarnya, ada dua tingkat gesekan yang terlibat dalam sebuah proses pengereman kendaraan Anda. Yang pertama yaitu berhubungan dengan disk rem dan bantalan rem. Dengan menekan pedal pada mobil Anda, rem dibantu dengan tekanan hidrolik meremas disk sehingga memperlambat gerakannya.

Disk yang terhubung dengan roda kemudian mengirimkan reaksi yang sama pada roda itu sendiri. Gesekan pada roda dengan aspal adalah gesekan tingkat kedua. Pada saat kecepatan kendaraan berkurang, gaya gesekan akan lebih banyak dihasilkan antara roda dan aspal.

>>> Baca juga Memprediksi masalah mobil berdasarkan suara mobil

Penyebab bunyi pada bantalan rem

Suara umumnya terjadi pada saat bantalan disk ditekan oleh disk rem. Karena mereka trus-menerus digunakan untuk memperlambat kendaraan, bantalan rem yang biasanya terbuat dari campuran logam dan keramik akan mulai terkikis. Suhu dan kelembapan juga mempunyai peran penting terhadap suara yang terjadi pada bantalan rem.

Dalam proses kerjanya, setiap bantalan rem dilengkapi dengan indikator wear metal, yaitu sepotong logam yang disematkan pada bahan bantalan rem yang akan terlihat permukaannya ketika bantalan rem sudah dipakai cukup lama dan terkikis.

Gambar yang menunjukan perbedaan bantalan rem yang baru dengan yang sudah usang

Contoh perbedaan bantalan rem yang baru dengan yang usang

Setelah mencapai tingkat tertentu, bahan pada indikator keausan pada cakram rem akan bergesekan dan menghasilkan suara. Ini adalah tanda yang dipasang pada bantalan rem untuk memberi tahu saat untuk mengganti bantalan rem Anda.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

Suara dengan lengkingan yang tinggi akan mendorong Anda untuk melakukan pengecekan ke bengkel untuk memeriksa kendaraan Anda. Suara yang dihasilkan tentu saja akan semakin meningkat ketika bantalan rem Anda meminta untuk diganti. Tapi, suara gerinda pada rem bisa mengindikasikan hal lain. Jadi, sebaiknya Anda memperhatikan suara-suara tidak biasa yang keluar dari mobil Anda.

Berikut suara pada rem dan hal yang menyebabkan suara tersebut

Suara gerinda pada mobil yang terjadi di pagi hari atau beberapa waktu dimana mobil belum bergerak bisa dikatakan sebagai suara yang normal dikeluarkan oleh mobil. Pada malam hari, bantalan rem menjadi dingin dan kadang tertutup uap yang terkondensasi. Sampai bantalan rem menghangat dan uap air menguap, mobil akan membuat suara gerinda.

Tapi, jika suara aneh dari rem mobil berupa suara gerinda yang terjadi setelah Anda berkendara, suara ini bisa menjadi tanda pertama dari bantalan yang mulai mengikis rem cakram itu sendiri. Hal ini terjadi karena keausan bantalan rem yang begitu parah sehingga logam dasar segera langsung menempel pada disk rem.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top